Benarkah Wanita Memiliki Tingkat Stress Lebih Tinggi Di Bandingkan Dengan Laki-Laki?Nama : Dul
E-mail : Dul_xxx3@yahoo.co.id
Judul : Tingkat Stres
Isi Konsultasi : Pak dokter,saya mau tanya Kalau dalam dunia psikologi itu,tingkat setres seorang wanita dan pria itu lebih besar mana yah, Seperti yg kita tau wanita memikirkan anak ssuami dan mengurus rumah Dan lelaki memikirkan bagimana mendapatkan uang untuk anak istri, dan demi uang segala cara akan dilakukan

Jawaban: Untuk mas dul, stress yang terjadi antara pria dan wanita sebenarnya adalah sama yaitu sama-sama memiliki potensi stress dengan kadar yang sama tinggi. Bahkan untuk urusan berbeda setiap jenis kelamin memiliki cara dan penanganannya tersendiri, sehingga secara garis besar tidak ada perbedaan menurut tinggi rendahnya stress antara pria maupun wanita.

Namun dari beberapa kasus yang pernah terjadi, meskipun terlihat wanita seolah-olah lemah dengan menangis ketika tengah menghadapi stress, namun justru dari beberapa penelitian yang telah dilakukan tingkat bunuh diri akibat stress malah lebih besar dilakukan oleh para pria ketimbang wanita.

Dari fakta tersebut maka, tidak mesti para pria lebih kuat ketimbang wanita ataupun sebaliknya ketika menghadapi stress. Yang menjadi pembeda pria dan wanita dalam menghadapi stresor adalah cara menyikapi sebuah stressor itu sendiri.

Tingkat Stres

Wanita merupakan makhluk yang memiliki kecendrungan untuk membagi segala stress yang dialami dengan mencari teman untuk berbagi maupun mengekspresikannya dengan cara menangis. Baik itu di depan orang lain maupun di belakang orang lain.

Selain itu wanita lebih suka untuk berbicara walaupun apa yang di ucapkannya berulangkali di ucapkan. Atau di sekitar kita sering kali mendengar wanita itu cerewet dan lain sebagainya, sebenarnya hal tersebut merupakan mekanisme alami seorang wanita untuk melampiaskan emosi, ataupun stress yang tengah di alami.

Namun hal tersebut akan berbeda dengan penyikapan seorang pria yang memiliki kecendrungan untuk menyimpan stress yang di alami. Daripada meluapkan stress yang ada di dalam hati, para pria lebih memilih melarikan diri dengan melakukan beragam aktivitas seperti olahraga, main game, ngopi bareng teman, sehingga potensi stress pun mengendap.

Pada akhirnya ketika stress yang diendapkan begitu lama, tersebut di benturkan kembali dengan stress baru, membuat para pria akhirnya seringkali meluapkan dengan tindakan yang destruktif seperti, main fisik, berkata kasar, mendiamkan orang lain (cuek) hingga yang lebih berat adalah bunuh diri.

Itulah kiranya beberapa gambaran tingkat stress yang di miliki antara pria dan wanita, semoga bermanfaat dan mencerahkan.

Psikologi Mania