Benarkah Sulit Konsentrasi Belajar Termasuk Kedalam Ciri Gangguan Kecerdasan ?

Nama : mawar xxx
Judul : Ciri Gangguan Kecerdasan
Isi Konsultasi : Assalamu’alaikum .., selamat sore. Panggil saja saya mawar. Saya ingin bertanya, waktu masih kecil saya adalah seorang anak yang aktif. Tetapi karna ada masalah di dalam keluarga saya, ibu saya membuat saya menjauh dari ayah saya. Tetapi ibu selalu tidak mengizinkan saya bermain diluar bersama anak-anak lainnya. Saya selalu memperhatikan anak-anak lain bermain. Hingga akhirnya saya terbiasa menjadi seorang yang pendiam. Saat ada masalah saya tidak pernah menceritakan masalah saya kepada siapa pun. Saya tidak yakin dengan ibu saya. Keluarga saya selalu mengekang apapun yang ingin saya lakukan, saya memang menjadi anak yang penurut tapi saya tidak memiliki motivasi untuk melakukan apapun. Saya bahkan tidak tertarik dengan barang-barang yang mahal. Saya memandang hidup dengan biasa saja, tapi saya suka membantu orang lain meskipun saya tidak mengenal mereka. Tapi dalam hal belajar pun saya merasa tidak bisa berkonsentrasi, ataupun memiliki kecerdasan yang kurang. Bagaimana menurut Anda, apa yang harus saya lakukan untuk memperbaiki diri saya?

Jawaban: Wa’alaikum salam, trimaksih telah mempercayakan pada kami sebelumnya. Permasalahan gangguan yang merupakan keluhan anda, sebenarnya belumlah tepat jika dikatakan sebagai gangguan kecerdasan. Karena hal tersebut belumlah di lakukan assesmen secara lebih lanjut. Sebuah gangguan dapat dikatakan sebagai gangguan kecerdasan apabila hal tersebut telah memenuhi beberapa kriteria  yang telah valid.

Salah satu hal yang paling mencolok bagi mereka yang mengalami gangguan kecerdasan biasanya dapat dilihat dari sisi IQ, ya biasanya mereka yang mengalaminya memilliki IQ di bawah 70. Apakah mba sudah mencoba untuk mengukur IQ dengan melakukan psikotest? Selanjutnya bagi mereka, Orang dengan gangguan kecerdasan juga ditandai dengan sulitnya beradaptasi dengan lingkungan sehari-hari. Sedangkan seperti penuturan yang anda sampaikan bahwa, anda pun tak segan untuk membantu orang lain meskipun tidak mengenalnya.

Hal tersebut berarti telah menandakan bahwa anda memiliki kecerdasan secara social. Anda pun berarti telah memiliki kemampuan untuk dapat berempati kepada sesama, suatu hal yang belum tentu mampu dilakukan oleh mereka dengan gangguan kecerdasan.  Kesulitan untuk berkonsentrasi dapat anda latih dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya focus pada target. Banyak sekali olahraga yang mewajibkan kita untuk focus terhadap satu titik target, misalnya saja memanah. Anda bisa mencoba aktif mengikuti olahraga panahan di sekitar anda, atau anda dapat mencoba untuk hal lain yang sejenis untuk meningkatkan konsentrasi anda.

Belajar di waktu jam-jam sepertiga malam pun sangat efektif untuk membantu konsentrasi dalam belajar. Terlebih waktu dimana setelah subuh berlangsung, karena di waktu itulah, keheningan tercipta yang kiranya mampu membantu meningkatkan konsentrasi belajar anda. Jadi tentu sampai disini telah terbuka bukan sedikit informasi bagaimana itu ciri gangguan kecerdasan

Selain itu menurut kami menjadi orang yang pendiam bukanlah menjadi suatu masalah, juga untuk hidup biasa-biasa saja tanpa memiliki minat yang berlebih terhadap barang-barang yang dikatakan mahal itu sah-sah saja. Bahkan hal tersebut baik karena memang bangsa ini sebagian dari kita justru berlomba-lomba untuk mendapatkan sesuatu yang  mahal hingga melakukan cara-cara yang tak hallal pun dilakukan demi sebuah gengsi. Semoga bermanfaat mba. ciri gangguan kecerdasan

Psikologi Mania