Benarkah Saya Mengidap ADHD ?Nama : Nurro
E-mail : nurro.xxx@gmail.com
Judul : apakah saya mempunyai ADHD?
Isi Konsultasi : Assalamualaikum… nama saya Nurro, saya perempuan dan beberapa hari lagi saya akan berumur 24 tahun. 🙂 sebelumnya saya akan mengucapkan terimakasih karena sudah membuka konsultasi online dan gratis, ini sangat berarti bagi saya.

langsung saja, saya mengalami gangguan seperti yang dimiliki oleh Adult ADHD. saya itu overthinker,mudah gelisah, tidak sabaran, tidak teroganisir, ruangan saya tidak pernah rapi, susah fokus, gampang sekali beralih hobi, susah menyelesaikan sebuah tugas, saya tidak suka aturan, bahkan cenderung membencinya, memiliki mood swing yang parah, pelupa akut, dan orang-orang disekitar saya selalu menganggap saya sebagai pemalas, padahal saya merasa sudah bekerja keras. dalam sebuah percakapan terkadang tiba-tiba saya ngeblank, saya mendengar apa yang dibicarakan tapi makna dari percakapan itu tidak sampai ke otak saya.saya sangat suka melamun, bahkan hal tersebut terjadi ketika saya sedang berjalan, ketika saya duduk pasti ada tubuh saya yang digerakkan, terutama kaki atau tangan. ketika saya membaca sebuah buku, terkadang saya tidak memahami sebuah paragraf, padahal saya yakin paragraf itu sama sekali tidak terlalu sulit untuk dipahami.

saya termasuk orang yang tidak bisa ditekan, dan bila saya mendapat tekanan yang melebihi yang bisa saya terima, saya bisa mengalami ngehank hebat, bahkan pernah 1 minggu saya tidak bisa diajak komunikasi secara normal dan emosi mendadak sangat sensitive. pada hari libur, saya sering lupa tentang hari. seringkali saya menonton TV, membaca, mendengarkan musik, dan internetan dalam waktu bersamaan. dari hal-hal yang saya paparkan diatas, saya mengalami banyak sekali kesulitan di lingkungan sekolah dan tempat kerja saya. (itu kenapa saya mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi pada siri saya) tapi, ketika saya masih kecil saya adalah anak yang penurut, bahkan saya pernah rangking 1 dan beberapa kali masuk 3 besar di sekolah. meskipun demikian. saya akui… saya sangat jarang sekali belajar, saya tidak suka belajar, bahkan pada saat ujianpun boleh dibilang saya tidak terlalu bekerja keras, karena metode belajar saya adalah mendengarkan point2 penting yang dibacakan oleh teman, atau saya mengambil poin penting dari buku yang saya baca kemudian saya kembangkan senidiri dengan memakai penalaran saya. dan hal lain yang saya sadari adalah… saya merupakan tipe orang yang sangat susah sekali menerima atau melakukan sesutu yang tidak saya sukai. informasi tambahan: saya pernah mengalami migrain hebat ketika saya SMP, hal ini disebabkan karena saya stress dibully oleh teman-teman saya, dan migrain tersebut sangat sering terjadi dari saya kelas 2-3 SMP. apakah ini juga berpengaruh terhadap otak saya? maaf email saya panjang lebar, saya berharap anda dapat membantu saya dari masalah yang saya hadapi ini. Trimakasih. salam: Nurro

Jawaban:

Trimakasih sebelumnya untuk mba/mas nuro perlu diketahui bahwa ADHD Attention deficit/hyperactivity disorder (ADHD) merupakan kelainan neurobehavioral yang paling sering terjadi pada anak-anak, yang juga merupakan suatu keadaan kronis yang paling sering berpengaruh pada anak-anak usia sekolah, dan merupakan gangguan mental yang sering ditemukan pada anak-anak. ADHD ditandai oleh kurangnya kemampuan memusatkan perhatian, termasuk peningkatan distraktibilitas dan kesulitan untuk mempertahankan perhatian; kesulitan mempertahankan kontrol impuls; overaktifitas motorik dan kegelisahan motorik. Penyebab pasti dari ADHD belum diketahui. Namun dikatakan bahwa area kortek frontal, seperti frontrosubcortical pathways dan bagian frontal kortek itu sendiri, merupakan area utama yang secara teori bertanggung jawab terhadap patofisiologi ADHD. Untuk menegakkan diagnosis ADHD kita dapat digunakan kriteria diagnosis menurut DSM IV.

Next