Belajar Mandiri dengan Tiga Cara Masa KiniBelajar mandiri. Menjadi remaja seringkali membuat Anda dikategorikan menjadi anak-anak yang menuju masa kedewasaan. Pada masa remaja, Anda akan mengalami apa yang sering dikatakan bahwa remaja adalah suatu golongan manusia yang tidak dapat disebut sebagai manusia dewasa dan juga tidak dapat disebut sebagai anak-anak. Masa remaja adalah periode transisi baik fisik maupun pola pikiran Anda. Anda tidak lagi boleh menjadi kekanak-kanakan dan Anda terus harus belajar menjadi dewasa.

Pada tahap perkembangan ini, Anda biasanya akan mengalami pencapaian kemandirian maupun identitas dan akan semakin banyak menghabiskan waktu di luar rumah. Di tahap usia remaja, Anda diharuskan untuk mulai hidup mandiri yaitu berlatih untuk melakukan apapun dengan kemampuan Anda sendiri.

Semisal, Anda harus berangkat ke sekolah sendiri tanpa didampingi oleh orang tua atau Anda harus berani untuk pergi ke suatu tempat tanpa orang tua Anda. Lalu, bagaimana jika ternyata hingga saat ini Anda masih saja merasa kurang mandiri? Nah, berikut ada beberapa tips untuk meningkatkan kemandirian Anda.

  1. Percaya Pada Diri Sendiri

Anda pasti pernah membatalkan acara dengan beberapa teman Anda dengan alasan “Aku takut” atau “Nanti aku di sana dengan siapa?” Nah, mulai sekarang jangan pernah ragu dengan diri Anda sendiri. Percayalah pada diri Anda bahwa Anda akan baik-baik saja tanpa orang tua Anda.

Anda juga tidak perlu takut dengan apapun yang akan terjadi ketika Anda jauh dengan orang tua. Anda dapat melakukan apapun untuk menentukan ke mana langkah Anda dan jika sesuutu terjadi pada Anda, percayalah bahwa Anda pasti bisa menyelesaikannya dengan baik dan bertanggungjawab. Jangan biarkan diri Anda takut dan ragu. Percayalah bahwa Anda bisa.

  1. Pahlawan untuk Diri Sendiri

Di tahap usia remaja, Anda diharuskan mampu membentengi diri Anda sendiri dan membela diri Anda sendiri. Jadikan diri Anda sebagai pahlawan untuk diri Anda sendiri. Jika suatu hari Anda takut akan suatu hal, pecahkan dan carilah solusi dari masalah tersebut sendiri.

Cobalah untuk tidak mengandalkan orang lain dan cobalah untuk mengeluarkan kemampuan diri Anda sebelum meminta bantuan orang lain.

  1. Bertanya Pada yang Mengerti

Jika suatu hari Anda mengalami kebingungan akan suatu masalah dan ternyata orang tua maupun orang-orang terdekat Anda tidak mampu membantu menyelesaikan masalah, cobalah untuk mencari siapa yang mengerti tentang apa yang sedang Anda alami.

Anda tidak perlu malu untuk bertanya atau mencari informasi lewat orang yang ahli atau mengerti dalam masalah tersebut seperti dokter, psikolog atau guru Anda. Keberanian Anda untuk bertanya dan menyampaikan masalah yang Anda miliki akan mengasah kemandirian Anda.

Menjadi dewasa tidaklah mudah karena dalam tahap usia dewasa semua masalah yang tidak atau belum Anda pikirkan akan datang menghampiri Anda. Tentu saja Anda tidak dapat terus menggantungkan diri Anda pada orang lain bukan?

Oleh karena itu, jadilah seorang anak yang mandiri dan mampu menempatkan diri dalam situasi dan kondisi apapun. Dengan apa hal tersebut bisa dilakukan? tentunya memulai belajar mandiri sedini mungkin. Hal itu dilakukan supaya kelak jika Anda telah dewasa, Anda tidak lagi kaget dan takut jika menghadapi masalah karena Anda tahu bahwa Anda bisa. By Tri Indarti