i-741507_1920Cara Untuk Meningkatkan Kepuasan Kerja. Psikologi positif merupakan salah satu pengembangan dari psikologi humanistic, yang memfokuskan pada potensi – potensi yang ada di dalam diri individu dalam melakukan sesuatu. Psikologi positif percaya bahwa semua masalah bisa diselesaikan oleh potensi – potensi yang ada di dalam diri individu tersebut.

Salah satu masalah yang muncul adalah masalah kepuasan kerja. Banyak orang yang merasa tidak puas dan malas dengan pekerjaannya karena merasa bahwa :

  1. Pekerjaannya tidak cocok dan tidak sesuai
  2. Gaji terlalu kecil
  3. Bos atau atasan yang galak
  4. Rekan kerja yang saling senggol
  5. Dan banyak hal lainnya yang dikeluhkan

Padahal, semua hal yang menghambat kepuasan kerja tersebut bisa kita rubah dengan mengeluarkan potensi yang ada di dalam diri kita. nah, ketika kita mulai merasa bahwa kita sudah tidak puas dengan pekerjaan, maka ada beberapa tips menurut pandangan psikologi positif, mengenai kepuasan kerja. Berikut ini adalah tiga cara meningkatkan kepuasan kerja yang bisa anda coba :

  • Pandanglah pekerjaan anda sebagai sebuah panggilan

Begini Cara Untuk Meningkatkan Kepuasan Kerja Menurut Pandangan Psikologi PositifCara pertama yang bisa anda lakukan adalah menganggap bahwa apa yang anda kerjakan saat ini adalah sebuah panggilan. Wrzesniewki dkk mengatakan bahwa dalam menghadapi pekerjaan, ada tiga tipe orang, yaitu :

  1. Orang yang menanggap bahwa pekerjaan adalah pekerjaan semata, dan hanya focus pada kepentingan finansial semata
  2. Orang yang menganggap bahwa suatu pekerjaan adalah karir, yang harus berkembang dalam mencapai tujuan utama atau achievement
  3. Orang yang menganggap bahwa pekerjaan adalah sebuah panggilan hidup

Nah, dengan menjadi orang yang ketiga ini, anda akan selalu bersyukur dengan apa yang anda peroleh di dalam pekerjaan, karena hal itu merupakan panggilan anda. ibaratnya seperti seorang pemain sepakbola, yang bermain dengan sepenuh hati, bukan karena gajinya, namun karena mereka senang bermain sepak bola, dan menganggap bahwa sepak bola adalah panggilan hidupnya. Anda pun bisa melakukan hal tersebut dengan pekerjaan anda, apapun itu. Dengan begitu, anda akan mudah merasa bersyukur, dan menjadi orang yang puas dalam bekerja, bukan karena uang saja, namun karena anda sudah berhasil melakukan panggilan anda dengan baik.

  • Mengalirlah bersama dengan pekerjaan anda

Begini Cara Untuk Meningkatkan Kepuasan Kerja Menurut Pandangan Psikologi PositifMengalir atau flow, merupakan kondisi dimana anda harus mampu untuk mengikuti pekerjaan anda dengan tekun. Mengalirlah bersama dengan pekerjaan anda, dan ikutilah irama – irama menarik yagn ditawarkan oleh pekerjaan anda. Semakin anda sering dan berpengalaman dalam mengikuti arus dan mengalir mengikuti pekerjaan anda, maka disitulah anda akan selalu merasa puas akan pekerjaan yang anda lakukan.

Dengan mengikuti arus dan bekerja dengan mengalir, maka anda akan terhindar dari rasa mudah mengeluh dan mudah stress, karena dengan flow ini, anda bisa menerima apapun yang muncul pada pekerjaan anda.

  • Pahami dan kembangkan kelebihan anda

Begini Cara Untuk Meningkatkan Kepuasan Kerja Menurut Pandangan Psikologi PositifHal terakhir yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kepuasan kerja adalah menemukan dan memahami kelebihan dan kekuatan anda. Perlu diingat, di dalam diri kita selalu ada kelemahan dan juga kekurangan. Banyak orang yang lebih terfokus pada kekurangan mereka, dan tidak mampu menyelesaikan tugas – tugas mereka karena terlalu focus pada kelemahan mereka. namun banyak orang lupa akan kelebihan mereka. Karena itu, anda harus mencari dan menemukan kelebihan anda, dan selesaikan tugas anda atau pekerjaan anda menggunakan kelebihan anda. jangan sampai kelemahan yang anda miliki menjadi penghambat anda dalam bekerja.

Bagaimana? Menarik untuk dicoba bukan? Ketika anda mampu untuk mengembangkan tiga tips tersebut, maka kepuasan kerja bisa anda peroleh dengan mudah loh. Namun memang, untuk melakukan tips tersebut butuh waktu dan harus sabar dalam mengembangkannya. By: Eduardus Pambudi