Begini Cara Menghadapi Anak Berkebutuhan Khusus

Anak berkebutuhan khusus atau ABK merupakan kelompok anak dengan kondisi fisik dan psikologis yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya. Ada banyak sekali kondisi yang bisa dikategorikan sebagai anak berkebutuhan khusus, mulai dari anak dengan masalah belajar, telat membaca, tuna rungu, tuna wicara, tuna grahita, ADHD, dan banyak lagi masalah anak-anak berkebutuhan khusus yang harus diperhatikan oleh setiap orang, termasuk anda yang mungkin pernah atau sering bertemu dengan anak berkebutuhan khusus. Penting untuk mengetahui cara menghadapi anak berkebutuhan khusus secara benar.

Baca juga artikel sebelumnya ini dia masalah yang sering dialami oleh anak berkebutuhan khusus agar semakin mendalam pemahaman dari anak berkebutuhan khusus ini

Meskipun cenderung bermasalah dan memiliki kondisi fisik maupun psikologis yang berbeda, anak berkebutuhan khusus ini memiliki potensi di dalam dirinya, dan perlu dibina dengan baik dan juga benar supaya mampu untuk menonjolkan potensi mereka.

Cara Menghadapi Anak Berkebutuhan Khusus

 

Berikut ini adalah beberapa cara menghadapi anak berkebutuhan khusus yang bisa dilakukan, supaya membantu mereka dalam mencapai potensi terbaiknya :

  1. Perhatian, motivasi, dan bimbingan

Anak berkebutuhan khusus membutuhkan perhatian, motivasi dan juga bimbingan yang lebih intens dan juga lebih besar dibandingkan anak-anak biasa. Dengan memberikan perhatian, motivasi dan juga bimbingan yang besar, maka hal ini dapat membantu anak berkebutuhan khusus berkembang lebih baik lagi.

Butuh kesabaran ekstra bagi anda maupun orang lan dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus ini supaya bisa memberikan perhatian, motivasi, dan juga bimbingan yang maksimal.

  1. Memberikan dukungan sosial dan penerimaan di lingkungan

Penerimaan di lingkungan sosial, seperti misalnya keluarga sangat penting dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus. Tanpa adanya penerimaan dan juga dukungan sosial, dapat dipastikan anak berkebutuhan khusus tidak akan mampu mencapai potensinya dengan baik dan optimal. Oleh karena itu, lingkungan sosial yang ada di sekitar anak berkebutuhan khusus juga harus memahami mengenai apa itu anak berkebutuhan khusus.

  1. Adaptasi dengan anak

Adaptasi antara pengasuh, orangtua, atau anda sendiri juga sangat penting. Apabila adaptasi tidak berjalan dengan baik dan lancar, maka hal ini tidak akan membantu anak berkebutuhan khusus sama sekali. Ketika anda bisa beradaptasi dengan baik dengan kondisi si anak berkebutuhan khusus, maka proses selanjutnya akan lebih mudah. Anda akan lebih mudah memahami kondisi si anak, dan juga dapat membantu si anak untuk mencapai potensinya.

  1. Meningkatkan kedekatan emosional

Kedekatan emosional juga merupakan salah satu hal penting yang harus ada untuk menghadapi anak berkebutuhan khusus. Kedekatan emosional dibutuhkan, supaya si anak bisa percaya dengan kehadiran anda dan mau menjadi dekat dengan anda, atau orangtua dan pengasuhnya. Ketika kedekatan emosional sudah terjalin dengan baik, si anak akan merasa aman berada di dekat anda, dan pada akhirnya, anda bisa menghadapi anak berkebutuhan khusus dengan lebih baik.

  1. Melakukan pembiasaan berupa sanksi atau teguran

Anak berkebutuhan khusus juga perlu diajarkan mengenai apa itu kesalahan dan juga aturan- aturan yang berlaku. Ketika anak tersebut melakukan kesalahan, maka anda juga harus dapat memberitahu bahwa hal tersebut adalah salah.

Tentu saja sebisa mungkin hindari kekerasan dalam memberikan pengertian tersebut. Apabila hal ini dapat dilakukan dengan baik, maka si anak akan lebih mudah memahami mana yang salah dan mana yang benar.

  1. Mempelajari mengenai kebiasaan dan kebutuhan dari anak tersebut

Berbeda gangguan, maka berbeda pula penanganan dan kebiasaanya. Anda sebagai orang yang dekat dengan anak berkebutuhan khusus, pengasuh, ataupun sebagai orangtua harus memahami kebiasaan dan kebutuhan apa yang ada pada anak tersebut. Misalnya seorang anak yang tuna rungu dan tuna wicara, maka anda harus mampu memahami mengenai bahasa isyarat. Begitupun dengan masalah lainnya yang muncul pada anak berkebutuhan khusus. Semakin anda memahami kebiasaan mereka, maka semakin mudah pula anda dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus.

Itulah beberapa hal yang bisa anda terapkan supaya anda bisa menghadapi anak berkebutuhan khusus. Yang terpenting adalah anda harus sabar dan juga sebisa mungkin hindari kekerasan, baik fisik maupun verbal.

By: Eduardus Pambudi