Beberapa Penyebab Gangguan Mental Yang Patut Anda WaspadaiSupaya bisa hidup sehat, baik jiwa dan raga anda juga harus memahami apa saja yang bisa menjadi penyebab gangguan mental. Gangguan mental saat ini sudah banyak terjadi di sekitar kita, mulai dari yang ringan hingga berat sekalipun. Bahkan, beberapa gangguan psikologis yang ringan, apabila tidak ditangani dengan segera bisa menjadi salah satu penyebab gangguan mental juga loh. Karena itulah kesadaran masyarakat saat ini akan gangguan mental perlu ditingkatkan, salah satunya adalah dengan memahami apa saja yang bisa menjadi penyebab gangguan mental.

Apa Saja Yang Menjadi Penyebab Gangguan Mental?

Apabila dilihat dari banyak literatur dan pendapat tokoh-tokoh, ada banyak sekali hal yang bisa menjadi penyebab gangguan mental. Berikut ini adalah beberapa penyebab gangguan mental yang dirangkum dari berbagai macam literatur dan pendapat para ahli:

  1. Faktor genetik

Penyebab gangguan mental yang pertama adalah karena adanya faktor biologis dan juga faktor genetik. Faktor ini cukup sulit untuk dihindari, karena sudah menjadi sebuah bakat yang diturunkan secara biologis.

Salah satu gangguan mental yang bisa muncul karena disebabkan oleh faktor genetik ini antara lain adalah skizofrenia dan juga gangguan depresif mayor.

  1. Faktor biologis

Faktor biologis merupakan penyebab gangguan mental yang berasal dari kondisi biologis seseorang. Misalnya saja kelainan hormon, perkembangan otak yang kurang baik dan terlambat, hingga masa kehamilan dan kelahiran yang tidak ditangani dengan baik.

Bipolar adalah salah satu gangguan mental yang disebabkan oleh adanya faktor biologis, yaitu adanya kelainan/ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh seseorang.

  1. Faktor neurologis

Para ahli, terutama ahli neurologi berpendapat bahwa hal penting yang menjadi penyebab gangguan mental adalah karena adanya faktor neurologis. Kelainan syaraf, kerusakan syaraf, baik karena masalah kesehatan, kecelakaan, atau memang faktor lainnya menjadi penyebab munculnya gangguan mental pada seseorang.

Saat ini banyak penelitian yang melihat gangguan mental dan gangguan psikologis dari segi neurologis, termasuk salah satu diantaranya adalah skizofrenia dan gangguan halusinasi, delusi, dan paranoid

  1. Pola asuh

Pola asuh memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Pola asuh yang tepat akan membantu seseorang menghadapi hidupnya lebih baik. Namun demikian, kesalahan dalam pola asuh akan menyebabkan seseorang mengalami gangguan psikologis, yang bisa menjadi lebih parah dan menjadi gangguan mental.

Sebut saja gangguan kepribadian antisosial yang banyak muncul karena pengaruh pola asuh yang kurang tepat. Gangguan kepribadian antisosial, apabila tidak ditangani dengan baik akan menyebabkan seseorang menjadi psikopat, yang tidak kenal ampun dalam melawan aturan dan juga hukum yang ada tanpa mempedulikan perasaan orang lain.

  1. Depresi

Depresi merupakan sebuah pintu gerbang yang terbuka sangat lebar menuju gangguan mental. Banyak gangguan mental yang muncul yang disebabkan oleh depresi yang tidak terselesaikan.

Keinginan untuk bunuh diri, skizoid, dan gangguan mental lain bisa disebabkan oleh masalah depresi yang berlebihan. Karena itu, ketika anda mengalami stress, segera selesaikan stress anda, jangan sampai stress yang anda alami berlanjut menjadi depresi.

  1. Faktor kepribadian dan psikososial

Faktor berikutnya yang bisa menjadi penyebab gangguan mental adalah karena adanya faktor kepribadian dan juga psikososial. Seseorang dengan kecenderungan kepribadian yang mudah tertekan akan lebih rentan mengalami gangguan mental. Ibaratnya, kepribadian seseorang adalah sebuah jembatan. Ketika jembatan tersebut kurang baik, maka akan mudah rusak, begitupun sebaliknya. Faktor psikososial adalah beban yang akan melewati jembatan tersebut. Faktor psikososial bisa berupa peer group (teman dan relasi), keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan tempat tinggal, bahkan budaya pun bisa menyebabkan munculnya gangguan mental.

Nah, itu adalah 6 penyebab gangguan mental yang dirangkum dari beberapa literatur dan tokoh. Sadari tanda-tanda kemunculan gangguan mental, dan jadilah generasi bangsa yang sehat jiwa dan juga sehat mental. Psikologi Mania