Bagaimana Sih Cara Otak Mengingat Informasi Yang Ada?

Bagaimana Sih Cara Otak Mengingat Informasi Yang Ada?

February 26, 2017 Off By admin

Bagaimana Sih Cara Otak Mengingat Informasi Yang Ada?Cara Otak Mengingat – Ketika ditanya teman, siapa namamu ? Maka anda langsung bisa menjawab nama anda. Kemudian ditanya, di mana rumahmu ? Kita juga bisa langsung menjawab dimana lokasi kita tinggal. Siapa nama ayah dan ibumu ? Kita juga bisa langsung menjawab nama kedua orang tua kita. Setelah itu ditanya, siapa presiden Amerika pertama kali ? Mungkin anda akan terdiam, menjawab dengan waktu yang lebih lama. Bahkan tidaktahu jawabannya.

Mengapa hal ini bisa terjadi ? Padahal kita sama – sama menanyakan identitas. Nama diri dan orang lain yang cukup terkenal. Nama ayah dan ibu kita sendiri. Dua orang tersebut adalah orang yang kita kenal dan tidak asing. Nama presiden Amerika juga orang terkenal di seluruh dunia. Lantas mengapa kita tidak tahu ?

Jawabannya adalah karena kita tidak berusaha untuk mengingat siapa nama presiden Amerika tersebut. Kenapa tidak berusaha mengingat ? Simak penjelasan berikut ini :

Cara Otak Mengingat

Manusia memilki sistem dalam tubuh yang digunakan untuk mengingat. Sistem tersebut adalah sistem memori, yang letaknya berada dibagian otak manusia. Kapasitasnya bisa mencapai puluhan sampai ratusan giga bytes. Tentu saja lebih dari sekedar  flashdisk atau hard disk biasa. Karena ini adalah sistem penyimpanan paling besar yang dimiliki oleh manusia.

Lantas bagaimana cara otak mengingat ? Apakah memang ada tombol ‘search’ dalam otak kita ? Dan memang berbentuk folder folder tertentu ?

Jadi mirip dengan sistem penyimpanan yang ada sekarang. Otak juga memiliki sistem pengenalan terlebih dahulu. Namanya adalah sensory register. Bagian sensory register ini berguna untuk membantu memilah dan memilih informasi apa saja yang disimpan. Tentu saja bukan hanya kemampuan otak yang digunakan. Namun juga indera penglihatan seperti mata, indera penciuman, indra perasa, juga pendengaran.

Ketika informasi penting itu masuk, maka sensory register langsung memilahnya. Bagian yang penting itu nanti akan diteruskan ke bagian otak. Dan disimpan dalam otak yang disebut dengan short term memory. Untuk mengingat dibagian short term memory ini tidak bisa menyimpan banyak. Mungkin hanya 7 schunk saja. Atau hanya bisa bertahan sampai dengan 30 detik saja.

Jika otak merasa bahwa memori ini penting, maka akan diteruskan pada bagian yang lebih dalam lagi. Bagian yang dalam ini disebut dengan long term memory. Memori yang ada didalam sini akan bertahan dalam waktu yang lebih lama. Bahkan bisa sampai bertahun – tahun lamanya.

Inilah mengapa, ketika kita menanyai identitas diri seperti nama diri sendiri dan nama orang tua, bisa mengingatnya. Sebab identitas tersebut disimpan dalam memory jangka panjang atau long term memory.

Berbeda dengan nama presiden Amerika pertma tadi. Meskipun beliau adalah orang yang terkenal, bahkan dalam seantero dunia. Namun kita tidak berusaha untuk memasukkan informasi tersebut dalam long term memory, juga tidak ingat. Karena jika hanya disimpan dalam short term memory hanya bisa bertahan sekitar 30 detik saja.

Kenapa waktu ujian kita bisa mengingat banyak materi, kemudian lupa lagi dalam waktu beberapa hari ke depan ?

Benar. Sebenarnya tidak semua ingatan yang ada dalam long term memory juga akan diingat terus oleh manusia. Mereka juga kadang kala lupa, meskipun juga sudah dimasukkan di dalam long term memory. Hal ini disebabkan karena ingatan tersebut lama untuk tidak di recall atau di perkuat lagi.

Beberapa cara untuk mengingat ingatan adalah dengan membaca ulang informasi lagi. Atau berusaha memasukan kembali informasi yang sama. Sehingga folder yang ada di long term memory tidak terletak dalam ingatan di belakang. Semakin di depan letak folder informasi tersebut, maka semakin mudah untuk mengingat. Itulah yangn apat kita ketahui bagaimana sistem cara otak mengingat. By: Izzatur Rosyida