Bagaimana Sih Cara Menyesuaikan Kerja dan Kuliah?Nama : gustin
E-mail : gustxx@yahoo.com
Judul : Bagaimana cara menyesuaikan kerja dan kuliah ?
Isi Konsultasi : Selamat siang, saya seorang pekerja sekaligus mahasiswa kelas malam. Saat ini saya masih semester satu, tapi untuk menyesuaikan antara pekerjaan dan kuliah saya belum bisa. Pendidikan yang menurut saya harus diprioritaskan dulu tetapi malah saya nomor duakan. Sempat berpikir kalau salah pilih keputusan untuk mengambil kuliah malam, tapi untuk mundur juga tidak mungkin mengingat situasi dan kondisi sekarang. Pekerjaan saya ini terikat kontrak sedangkan saya kurang menyukai lingkungan kerjanya dan merasa bosan dengan rutinitas pekerjaannya. Dan masalah lainnya, saat ini saya mudah ngedrop hanya karena masalah kecil, yang kemudian saya pikirkan sampai berkepanjangan. Dan itu mempengaruhi suasana hati serta pikiran saat kerja dan kuliah saya. Bagaimana saya harus menyesuaikan keduanya tanpa harus menjalaninya dengan setengah hati serta dari keduanya saya dapat mendapatkan hasil yang optimal ? Terima kasih.

Jawaban

Hai Gustin, bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya.

cara menyesuaikan kerja dan kuliah– Kuliah dan kerja dalam waktu yang bersamaan memang tak jarang menguras tenaga dan pikiran. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa bekerja di pagi hari dan kuliah di sore/malam hari adalah hal yang sangat berat dan seringkali sulit dihadapi. Jadi, kondisi anda saat ini adalah hal yang wajar, dan memang sudah menjadi masalah umum yang muncul pada mereka yang kerja di pagi hari dan kuliah di malam hari.

Nah, untuk saat ini, apabila anda tidak bisa melepaskan salah satu antara pekerjaan atau kuliah, maka anda bisa menyusun ulang strategi belajar anda. Pertama, anda harus membuat semacam time table atau jadwal anda sendiri, yang harus anda patuhi secara disiplin. Buatlah kegiatan anda secara terjadwal, mulai dari bangun tidur, bersiap kerja, mulai kerja, istirahat siang, pulang kerja, lalu kuliah. Buatlah sedetail mungkin. Dengan membuat time table ini, anda bisa lebih me-manage waktu anda, dan bisa melihat kira-kira kegiatan apa yang bisa anda hilangkan, atau anda tambahkan supaya kegiatan anda kerja dan kuliah bisa berjalan lancar.

Misalnya saja, anda menargetkan bahwa pekerjaan anda harus bisa selesai tepat waktu, supaya nanti ketika masuk kuliah anda tidak memikirkan pekerjaan anda. Begitu pula dengan tugas kuliah. Jadi, dengan penjadwalan time table tersebut anda bisa melihat “bisa nggak yah saya melakukan hal ini?”. pembuatan jadwal atau time table ini bisa membantu anda untuk me-manage waktu lebih baik lagi.

Nah, untuk masalah sering nge-drop dan juga pengaruh pikiran dengan suasana hati anda, maka anda bisa melakukan relaksasi untuk diri anda sendiri. Relaksasi yang paling mudah dilakukan adalah deep breathing relaxation, dimana anda bisa berhenti sejenak dari kegiatan anda dan menarik napas dalam melalui hidung, dan mengeluarkan melalui mulut secara perlahan.

Selain itu, pada waktu istirahat, gunakan waktu istirahat dengan baik. Apabila memungkinkan, anda bisa tidur siang, atau paling tidak memejamkan mata anda selama 15 – 20 menit saja sambil mendengarkan musik ataupun instrumen relaksasi, seperti suara angin, pantai, gunung, dan sebagainya sesuai dengan apa yang anda sukai. Ini akan membantu anda menjadi lebih rileks dan juga tenang. Hal ini akan mempengaruhi pikiran anda juga, sehingga anda secara bertahap bisa mengatasi masalah pikiran anda yang sering mengganggu.

Itulah beberpa hal yang bisa dilakukan dalam menyusun strategi cara menyesuaikan kerja dan kuliah Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba. Psikologi Mania