Bagaimana Sih Cara Mengatasi Kesulitan Belajar dan Konsentrasi?

Bagaimana Sih Cara Mengatasi Kesulitan Belajar dan Konsentrasi?

February 2, 2017 Off By admin

Bagaimana Sih Cara Mengatasi Kesulitan Belajar dan Konsentrasi?Nama : Tasya
E-mail : nataxx0808@gmail.com
Judul : Kesulitan dalam hal belajar (Kesulitan Belajar) ,
Isi Konsultasi : Hai kakak kakak psikolog , saya ingin bertanya . Sebelumnya saya adalah pelajar SMA biasa . Saya merasa kesusahan saat belajar apalagi dalam hal berkonsentrasi dan mudah tergoda oleh sesuatu yang menarik . Ya masih bisa dibilang masih tidak dapat memegang tanggung jawab dan belom dapat konsisten dalam melakukan tugasnya . Saya sudah berusaha memotivasi diri sendiri . Saya orang yang mudah jenuh juga, kadang bosan dengan rutinitas yang sekolah begitu begitu saja . Dan terkadang aku memutuskan untuk bolos sekolah dan belajar sendiri dirumah dengan media yang sudah ada yang lebih menarik dari pada guru disekolah . Kadang saya bingung belajar dengan gaya apa ini . Apakah keputusan ku dengan membolos dan belajar sendiri dirumah itu hal yang benar? dan gimana caranya agar tidak mudah bosan ? Apa yang salah itu dari mindset ku atau \’ mungkin \’ cara guru mengajar yang salah? Makasih , maaf bahasanya kurang bagus .

Jawaban

Hai Tasya, bagaimana kabarnya? Semoga baik dan selalu sehat ya.

Kesulitan Belajar – Bisa dijelaskan, Kesulitan belajar yang bagaimana atau, cara belajar yang menarik menurut anda itu seperti apa? Apabila anda merasa tidak nyaman dan tidak cocok dengan style mengajar atau cara belajar dari lingkungan sekolah atau guru anda, hal ini wajar-wajar saja terjadi. Memang tidak semua gaya mengajar akan cocok dengan semua orang.  Nah, apakah cara belajar yang anda lakukan sendiri di rumah bisa membantu anda untuk memahami materi pelajaran dengan lebih baik? Kalau iya, tidak ada salahnya anda menggunakan metode belajar anda sendiri, namun tetap dengan menghormati gaya mengajar guru anda yang diterapkan di sekolah.

Anda dapat mengaplikasikannya, saat jeda waktu belajar/ istirahat jika memang anda belum begitu memahami apa yang sudah di jelaskan oleh bapak / ibu guru. Diskusikanlah hal tersebut dengan mereka di saat waktu senggang / istirahat berlangsung.

Cara Mengatasi Kesulitan Belajar

Untuk permasalahan kesulitan dalam hal konsentrasi dan konsisten anda dapat mencoba melatihnya dengan memusatkan perhatian pada satu titik fokus. Misalkan saja dengan memperhatikan satu titik gambar selama beberapa menit. Lakukan hal tersebut secara berulang-ulang

Selain dengan mencoba untuk memfokuskan melihat pada satu objek gambar, anda dapat pula mencoba melakukan permainan kelereng seperti yang dilakukan oleh anak laki-laki. Dengan bermain kelereng anda akan di paksa untuk memfokuskan pada satu objek kelereng lainnya untuk di kenakan.

Jika anda malu untuk melakukannya, anda dapat pula mencari olahraga yang menuntut konsentrasi tinggi dalam satu objek. Yaitu adalah olahraga memanah. Jika anda sempat dan memiliki biaya lebih, maka ikutilah klub memanah di lokasi terdekat anda.

Dan yang tak kalah penting, untuk melatih konsentrasi belajar dan konsisten adalah belajar itu sendiri. Mulai saat ini juga, paksakan diri anda untuk minimal 30 menit belajar. Entah itu membaca atau mencicil tugas yang di berikan oleh ibu guru di sekolah, itu semua baik untuk di coba dan dilakukan.

Untuk masalah anda yang suka bolos sekolah, hal ini mungkin disebabkan karena anda memang belum menemukan hal yang menarik di sekolah. Anda bisa mencoba untuk mencari hal yang menarik di sekolah, seperti teman dekat, kegiatan ekstrakulikuler, atau kegiatan lainnya yang bisa menambah motivasi anda. Ini dinamakan motivasi eksternal. Motivasi eksternal seperti ini bisa membantu anda, diasaat motivasi internal (dari dalam diri sendiri) kurang mampu untuk menjadi penyemangat anda dalam melakukan sesuatu, seperti misalnya sekolah dan belajar. Anda juga bisa membuat target atau goal anda sendiri, misalnya harus naik kelas dengan nilai yang tinggi, akan pergi berlibur kalau bisa mendapat nilai yang baik, atau bisa juga memfokuskan pada cita-cita anda. ini bisa menjadi tambahan motivasi yang cukup efektif untuk mendongkrak semangat belajar anda.

Ingat selalu harapan dan impian orang tua yang selalu di ucapkan mereka. Jangan sampai mengecewakan mereka, dan selalu meminta ridho dari kedua orang tua anda. Selamat mencoba.  Psikologi Mania