Bagaimana Cara Mengembangkan Potensi Non Akademik ?

Bagaimana Cara Mengembangkan Potensi Non Akademik ?

December 25, 2016 Off By admin

Bagaimana Cara Mengembangkan Potensi Non Akademik ?Cara Mengembangkan Potensi Non Akademik – Masa remaja di mana dalam masa ini semangat yang sedang bergejolak. Masa muda merupakan dimana cita-cita atau sebuah mimpi paling tepat untuk mewujudkannya, karena energi yang dimiliki oleh remaja sedang berada pada level atas. Namun energi ini bisa bersifat posotif atau bahkan negatif, untuk itu perlu adanya pembimbingan dan pengawasan oleh orang tua, kerabat ataupun lingkungan.

Cara Mengembangkan Potensi Non Akademik

Cara Mengembangkan Potensi Non Akademik agar anda dapat mewujudkan sebuat mimpi, yakni mengetahui potensi yang ada di dirimu, ketika anda sudah mengetahuinya maka anda perlu mengembangkan potensi yang ada di dalam diri anda. Ketika kita membahas mengenai potensi tentunya tidak melulu berkaitan dengan prestasi akademik, berikut ini ragam potensi non akademik yang bisa kita kembangkan :

 

  1. Potensi Melukis

Bagaimana cara mengembangkan potensi remaja yang kedua ialah ketika potensimu ada di melukis. Memang ada beberapa orang dengan cara belajar sendiri dapat menghasilkan lukisan yang menakjupkan.tapi ada baiknya anda mengikuti kegiatan dalam sanggar melukis. Karena disana anda akan mendapatkan ilmu secara teori dan pengalaman dari orang lain.yang bisa anda pelajari sendiri dan potensi anda akan berkembang. Tidak lupa untuk mengikuti perlombaan melukis untuk menguji seberapa jauh berkembangnya potensi melukismu.

 

  1. Potensi Desain

Bagaimana cara mengembangkan potensi remaja yang ketika ketika anda memiliki potensi sebagai desain. Anda memiliki kreativitas yang baik ketika memiliki potensi ini. anda memiliki kecerdasan visual yang berkembang, anda bisa mengembangkannya lewat belajar di sekolahan yang khusus terdapat mata pelajaran desain.

 

  1. Potensi Menyanyi

Bagaimana cara mengembangkan potensi remaja yang keempat ialah menyanyi. Semua orang memiliki nada dalam berbicara bahkan bernafas sekalipun. Orang yang hobi dan bisa menyanyi adalah hal yang berbeda. Ketika ia hobi menyanyi belum tentu ia bisa bernyanyi, namun orang yang bisa bernyanyi sudah pasti hobi. Kembangkan saja potensimu dengan mengikuti les vokal, karena dunia musik tidak akan mati dan terus mencari orang-orang yang berbakat di bidang ini.

 

  1. Potensi Instrument Musik

Bagaimana cara mengembangkan potensi remaja yang kelima ialah menjadi isntrumen musik.anda bisa mengikuti les dalam kursus alat musik. Karna seperti yang sudah di jelaskan di nomor empat yakni bernyanyi juga membutuhkan nada yang real bisa di dengar. Maka kedua hal ini saling berkaitan satu sama lainnya.

 

  1. Potensi Fotografi

Bagaimana cara mengembangkan potensi remaja yang ke enam ialah bidang fotografi. Di jaman moderen ini berfoto bukan lagi untuk orang-orang yang memiliki kamera berkualitas tinggi, namun sudah ada smartphone yang memiliki kamera mulai dari terendah hingan standar. Remaja yang memiliki potensi di bidang ini bukan potensi yang memalukan. Namun potensi ini harus dikembangkan karna tidak semua orang tahu cara mengambil moment yang unik bahkan indah. Tanpa adanya fotografi yang handal maka moment bersejarah di hidupmu tidak optimal, karena kualitas gambar juga memiliki kepuasan tersendiri.

Itulah beberapa hal yang dapat kita pelajari tentang uraian mengenai Cara Mengembangkan Potensi Non Akademik.

Bukan hal yang tabu lagi, jika banyak anak yang sebenarnya memiliki potensi diluar pelajaran secara akademik. Tidak memiliki izin untuk mengembangkannya dan pada akhirnya mati begitu saja. Padahal tugas kita sebagai orang tua bukan hanya memberi fasilitas untuk akademiknya namun memberi pengarahan untuk potensi yang ada di setiap anak anda. Karena setiap anak ialah unik,keunikan ini harus dipertahankan demi hidupnya. Karena potensi yang mereka miliki ialah kenyamanan anak anda. By: Nurus Syarifatul Aini