Bagimana cara mengatasi kekakuan dalam bersosialisasi?

Bagimana cara mengatasi kekakuan dalam bersosialisasi?

October 9, 2016 Off By admin

Bagaimana Cara Mengatasi Kekakuan Dalam bersosialisasi?Nama : Nn
E-mail : zhi.inXXX@yahoo.com
Judul : Bagaimana cara mengatasi kekakuan dalam bersosialisasi
Isi Konsultasi : saya orangnya sbnarnya ingin skali bergaul dan berbaur dng orang2. Tapi kadang tipe pribadi saya sedikit kaku dan canggung serta bingung awal mau memulai komunikasi atau bersosialisasi dngn orng2 saya harus bagaimana awalnya. Intinya bgamana cara agar saya bisa menjdi pribadi yg aktif bukan pasif? Bagaimna agar saya tidak kaku dan awwkard?

Jawaban: Untuk mba Nn kekakuan dalam bersosialisasi di sebabkan oleh beragam hal. Yang pertama adalah kaku karena tidak biasa, yang kedua adalah kaku dikarenakan persoalan tertentu (pribadi, relasi, dan sosial), dan yang ketiga adalah kekakuan di karenakan oleh pengalaman traumatis masa lalu.

Setelah di petakan, tentukan penyebab anda mengalami kekakuan dalam bersosialisasi tersebut. Setelah mengetahui, maka lakukanlah langkah-langkah untuk melatih membiasakan diri anda dalam bersosialisasi tersebut.

Sebenarnya banyak sekali cara yang dapat di lakukan untuk membuat anda tidak canggung dan tidak bingung untuk memulai berkomunikasi dengan orang lain. Tergantung pada niat dan tekad yang kuat untuk merubah diri anda. Langkah-langkah seperti mencoba untuk berkomunikasi dengan teman terdeakt anda, sebelum berkomunikasi dengan orang lain yang belum anda kenal.

Setelah terbiasa pada teman terdekat anda untuk mengkomunikasikan beberapa hal yang penting hingga tidak penting, anda dapat memulai mengikuti beragam komunitas di lingkungan anda tersebut. Dengan mengikuti beberapa komunitas, harapannya anda akan mulai terbiasa untuk bertemu dengan orang-orang baru.

Jika anda telah terbiasa untuk bertemu dengan orang baru, maka masalah komunikasi atau bersosialisasi yang anda alami, hanya menunggu waktu untuk sirna dan beralih pada diri yang lebih percaya diri. Selain itu, berpikir positif sangat di perlukan dalam membangun jiwa yang lebih percaya diri.

Karena kita harus sadar, bahwa dengan berpikir positif, secara tidak langsung, energy positif di sekitar kita akan bahu-membahu untuk merasuk dalam diri kita, dan akhirnya terpancar menjadi aura positif pada diri kita. Dengan pancaran aura positif tersebut, maka orang yang melihat pun akan merasakan, bahwa anda adalah pribadi yang nyaman untuk di ajak berkomunikasi.

Lakukan beberapa hal tersebut dengan konsisten, agar permasalahan bersosialisasi yang anda hadapi tersebut dapat teratasi dengan baik. semoga berhasil mengatasinya.. Psikologi Mania