Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Cengeng Secara TepatNama : Vibriani
E-mail : pupxxx@yahoo.com
Judul : Mengatasi Anak Cengeng (Cara Mengatasi Anak Yang Cengeng)
Isi Konsultasi : Halo, saya ibu muda dengan usia 29tahun. Anak saya yang pertama usia 2 tahun 7 bulan. Seperti anak se usia nya aktif, tapi yang bikin sebel itu kalo ada apa yg ga sesuai sama keinginan nya suka cengeng. Sebenarnya apa sih penyebab anak cengeng. Saya juga ga selalu menuruti keinginan nya kalau menangis. Pernah dia nangis sampai 30menit tanpa berhenti karena kayanya minta tidur. Tapi ga tidur2. Saya juga sudah jelaskan dari pelas sampai emosi kalau nangis ga akan di turuti. Tapi ya besok begitu lg begitu lg. Kalau boleh dibantu, tahapan emosi untuk anak usia 2-3 tahun itu seperti apa? Dan sebagai ortu kita harus berbuat apa? Terimakasih banyak

Jawaban

Hai Bu Vibriani, bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu yah.

Sesuai dengan apa yang anda tanyakan, anak berusia 2 tahun 7 bulan sering cengeng dan menangis. Sebenarnya apabila dilihat dari perkembangannya, secara naluriah menangis pada usia 0 hingga 3 tahun adalah hal yang wajar. Jadi, tidak perlu khawatir dengan kondisi anak ibu yang mungkin dianggap cengeng pada usia sebelum 3 tahun. Menangis merupakan salah satu bentuk komunikasi, karena saya yakin pada usia 2 tahun 7 bulan anak ibu belum menguasai kosa kata dengan sempurna bukan? Karena tidak mampu mengungkapkan rasa kecewanya, maka ia menunjukkannya dengan cara menangis. Dan hal ini wajar saja.

Yang tidak wajar adalah kecenderungan munculnya temper tantrum, atau anak yang sering mengamuk apabila tidak dituruti keinginannya. Mengamuk sampai memukul-mukul, memecahkan kaca, atau menyakiti dirinya sendiri. Apabila anak anda tidak mengalami hal seperti ini, maka jangan terlalu dikhawatirkan, karena seiring dengan perkembangannya, nanti si anak juga akan menjadi lebih paham mengapa ibunya tidak memberikan apa yang dia inginkan.

Lalu bagaimanakah sebagai orang tua mencari Cara Mengatasi Anak Yang Cengeng dengan cara yang tepat dan tidak berlebihan?

Cara Mengatasi Anak Yang Cengeng

Meskipun wajar saja pada usia sebelum 3 tahun anak-anak sering menangis, namun terkadang hal ini memang sangat menyebalkan sekali dan tidak jarang sangat mengganggu. Lalu bagaimana cara yang bisa dilakukan oleh orangtua dalam menyikapinya?

Nah, ada satu cara yang mungkin bisa berhasil. Anak-anak sangat mudah dipengaruhi oleh behaviorisme. Ini berarti anak-anak akan melakukan sesuatu apabila mendapatkan hadiah atau stimulus tertentu.

Misalnya anda bisa membuat perjanjian dengan si anak, misalnya “Nak, nanti kalau kamu nggak nangis, mamah kasih permen” atau bisa juga ganti permen dengan hal yang dia sukai. Bisa juga dengan mengatakan, “Nak, nanti kalau kamu nggak nangis, kamu mama ajak jalan-jalan.” Prinsip token economy yang sudah pernah dibahas di Psikoma juga bisa menjadi acuan anda dalam menerapkan perubahan perilaku pada anak-anak. Namun demikian, bukan berarti anda menjadi orang yang permisif, alias mengabulkan semua permintaan anak. Anda juga harus membuat batasan-batasan tertentu, dan beritahu batasan-batasan tersebut ke anak dengan lembut dan penuh kasih sayang.

Untuk para ibu-ibu yang lainnya mungkin beberapa pemaparan di atas terkait mencari Cara Mengatasi Anak Yang Cengeng bisa di gunakan sebagai bahan evaluasi diri. Selamat mencoba dan semoga berhasil. dan semoga berhasil dengan cara mengatasi anaknya mba. Psikologi Mania