Arti Kepribadian Menurut Para Ahli dan Bagaimana Kepribadian Bisa TerbentukAnda mungkin sering mendengar kepribadian, namun belum memahami secara pasti apa itu arti kepribadian. Pengertian kepribadian sendiri sebenarnya cukup luas dan mencakup berbagai macam aspek. Namun ada beberapa pengertian kepribadian menurut para ahli yang bisa menjadi sedikit acuan untuk memahami arti kepribadian sebenarnya.

Apa Arti Kepribadian?

Kepribadian atau personality berasal dari kata persona, yang berati topeng. Bisa dibilang bahwa arti kepribadian secara bahasa adalah topeng yang digunakan seseorang untuk menampilkan dirinya pada dunia luar. Meskipun dianggap sebagai topeng yang ditunjukkan seseorang kepada dunia luar, ilmu psikologi kepribadian meyakini bahwa kepribadian bukan hanya topeng di luar saja, namun juga lebih dari sekedar penampilan luar, yaitu mencerminkan apa yang dirasakan dan dipikirkan oleh seseorang.

Feist dan Feist, yang mengarang buku mengenai Psikologi Kognitif mengatakan bahwa arti kepribadian adalah sebuah sistem fisik dan psikologis yang meliputi berbagai macam perilaku yang terlihat, serta pikiran yang tidak terlihat. Hal ini menunjukkan bahwa kepribadian merupakan gabungan dari perilaku secara fisik, dan juga bagaimana seseorang berpikir tentang sesuatu. Jadi, ketika anda sudah mulai berpikir tentang sesuatu, itu sudah termasuk ke dalam kepribadian anda. Begitupun ketika anda melakukan suatu hal yang dapat diamati secara langsung, itu juga merupakan bagian dari kepribadian anda.

Allport mengatakan bahwa arti kepribadian adalah organisasi yang dinamis. Dimana dalam hal ini, individu adalah sebuah sistem psikofisik yang menentukan cara menyesuaikan dirinya yang khas di dalam berbagai macam lingkungan. Dapat disimpulkan bahwa Allport memandang kepribadian sebagai sebuah alat penyesuaian diri manusia di dalam berbagai situasi .

Secara umum, kepribadian memang dapat dilihat dengan berbagai macam cara. Cara termudah dalam melihat kecenderungan kepribadian seseorang adalah dengan melihat dan mengamati alias melakukan observasi. Kita dapat melihat kepribadian seseorang melalui cara dia berinteraksi, memecahkan masalah, dan sebagainya. Selain itu, kepribadian seseorang juga bisa terungkap melalui beberapa macam tes kepribadian, seperti:

Faktor Yang Mempengaruhi Pembentukan Kepribadian

Ada banyak faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian. Namun 3 faktor ini dianggap sebagai faktor-faktor utama yang dapat membentuk kepribadian seseorang.  Berikut ini adalah ketiga fakto tersebut:

  1. Faktor biologis

Merupakan faktor yang mengarah kepada hal-hal yang bersifat genetik. Faktor ini menjelaskan bahwa kepribadian individu bisa terbentuk karena masalah genetik. Misalnya orang tua dengan kecenderungan kepribadian ekstrovert, maka anaknya pun akan mengalami kecenderungan kepribadian yang ekstrovert juga.

  1. Faktor sosial

Faktor sosial merupakan faktor berikutnya yang dianggap sebagai faktor utama pembentuk kepribadian individu. Faktor sosial mencakup interaksi seseorang dengan lingkungan sosial, tempat tinggal, teman dekat, relasi sosial dengan keluarga dan orang lain, serta lingkungan pekerjaan ataupun sekolah/pendidikan

  1. Faktor budaya

Faktor utama lainnya yang bisa membentuk kepribadian seseorang adalah fakto budaya. Faktor budaya ini berhubungan dengan adat istiadat, dan kepercayaan serta nilai dan juga norma yang berlaku di dalam masyarakat.

Itu adalah beberapa arti kepribadian menurut para ahli dan juga bagaimana kepribadian individu bisa terbentuk. Semoga dapat menambah wawasan anda mengenai apa itu kepribadian. Psikologi Mania