Apakah Salah Jika Memiliki Kepribadian Introvert?

Apakah Salah Jika Memiliki Kepribadian Introvert?

March 23, 2017 Off By admin

Apakah Salah Jika Memiliki Kepribadian Introvert?Nama : yundaxx
E-mail : yundxxa@gmail.com
Judul : introvert
Isi Konsultasi : Assalamualaikum… Saya seorang siswi kelas 1 SMA. Umur saya 15 tahun. Saya orang yang tidak banyak bicara atau pendiam, saya juga tidak tertarik dengan lingkungan sekitar, saya lebih suka berada di rumah dari pada berkumpul bersama teman. Lagi pula saya tidak punya banyak teman. Saya pernah membaca sebuah artikel bahwa orang yang seperti itu disebut pribadi introvert. Masalahnya, orang tua saya tidak mengerti hal itu. Orang tua saya terus memarahi saya karena tidak mau bergaul bersama masyarakat. Itu membuat saya semakin pusing dan tidak percaya diri. Mereka memaksa saya untuk berubah. Tapi saya rasa itu hal yang sulit. Pertanyaan saya: 1. Apa yang harus saya katakan pada orang tua saya agar mereka mengerti saya? 2. Apakah saya harus merubah kepribadian saya? 3. Apa yang harus saya lakuakan untuk merubahnya? Sekian permasalahan saya, saya harap anda dapat membantu saya. Terima kasih. Wassalam..

 

Waalaikumsalam, Yunda . Bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan bahagia selalu ya.

Pertama-tama perlu diketahui, menjadi introvert bukanlah masalah. Introvert bukanlah gangguan, dan tidak ada kewajiban seseorang untuk merubah kepribadiannya dari ekstrovert menjadi ekstrovert. Kalau memang anda sudah memiliki kepribadian introvert, yang harus anda lakukan adalah menerima hal tersebut, dan terus memunculkan hal-hal positif yang sesuai dengan hal yang anda minati atau yang membuat anda merasa nyaman.

Karena apapun jika tidak nyaman, tentu akan menjadi hal yang tidak baik bagi diri sendiri. Selama itu baik maka tidak ada masalah.

Berikut ini adalah jawaban dari pertanyaan yang anda ajukan :

  1. Apa yang harus anda katakan kepada orangtua anda?

Pertama-tama, cobalah melihat dari posisi kedua orangtua anda terlebih dahulu. Cobalah untuk memahami sebenarnya seperti apa saja tuntutan yang diinginkan orangtua anda, dan coba untuk menyesuaikannya dengan situasi anda.

Mungkin sedikit memberikan gambaran mengenai introvert perlu dilakukan, namun jangan sampai hal ini memunculkan debat yang berkepanjangan. Apabila anda tidak mampu atau tidak bisa mengatakan hal tersebut, cobalah untuk “berprestasi” atau melakukan suatu hal yang terbaik yang bisa anda lakukan dengan kondisi anda sekarang. Ketika anda berhasil mencapai “prestasi” tersebut, maka orang lain pun nantinya akan mengerti.

  1. Apakah saya harus merubah kepribadian?

Kembali pada pernyataan di paragraf pertama di atas, kepribadian bukanlah penyakit. Tidak ada yang salah dengan introvert. Baik introvert maupun ekstrovert punya kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Yang perlu anda lakukan adalah melihat ke dalam diri anda, potensi apa saja yang anda miliki, dan optimalkan hal tersebut. Lakukan hal yang sesuai dengan apa yang insting anda katakan, dan jangan memaksakan diri untuk melakukan hal yang tidak anda sanggup. Ingat, tidak ada yang salah dengan introvert. Untuk informasi, banyak kok tokoh dunia yang memiliki kepribadian introvert. Mungkin anda bisa belajar sedikit dari mereka.

  1. Apa yang harus dilakukan untuk merubah?

Sekali lagi, jangan fokus untuk merubah kepribadian, tapi fokuslah pada potensi, keyakinan, kemampuan, dan apapun yang anda miliki, yang sesuai dengan minat anda dan juga insting anda. kembangkan dan optimalkanlah hal tersebut. Sedikit mempelajari tentang kepribadian, dan menjadikan beberapa tokoh sebagai role model mungkin bisa menjadi hal yang berguna untuk anda. jangan kuatir dengan introvert, sekali lagi, ingat. Introvert bukanlah masalah.

Penting juga untuk diingat bahwa, kepribadian introvert bukanlah penghalang seseorang dalam menjalin hubungan sosial dengan masyarakat. Stigma yang berkembang bahwa kepribadian introvert “saklek”, “pakem” adalah orang yang menyukai kesendirian. Padahal hal tersebut tidakalah semua benar. Kita masih bisa beradaptasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar loh.

Jadi jangan dikarenakan kita introvert, lantas membenarkan diri juga untuk acuh terhadap lingkungan sekitar. Manusia adalah makhluk sosial, yang suatu saat ia akan membutuhkan makhluk yang lainnya. Dengan kita sesekali berinteraksi dengan masyarakat sekitar, hal tersebut akan menguntungkan kita juga. Kita kan tidak akan tau, barangkali suatu saat kita membutuhkan bantuan dari orang lain. Tetap semangat. Psikologi Mania