Apakah orang yang suka bohong tergolong dalam gangguan mental?

Apakah orang yang suka bohong tergolong dalam gangguan mental?

December 13, 2016 Off By admin

Apakah orang yang suka bohong tergolong dalam gangguan mental? Nama : Ella
E-mail : marlacici19@gmail.com
Judul : Bohong Gangguang Psikologi?
Isi Konsultasi : Apakah orang yang suka bohong tergolong dalam gangguan mental? Apakah perlu konsultasi ke psikiater atau psikolog?

Jawaban

Berbohong untuk sebagian orang adalah hal yang dianggap biasa saja, akan tetapi ada pula orang yang sulit sekali untuk berbohong. Alasan tersebut dapat di buat apa saja walau saja intinya sama yaitu berbohong.

Sebelum kita menjawab, apakah benar berbohong adalah gangguan mental kita harus tau terlebih dahulu alasan ia, mengapa berbohong.

Alasan Bohong

Ada beberapa hal mengapa orang tersebut berbohong. Seringkali orang yang melakukan kebohongan, disebabkan oleh perasaan cemas, takut dimana hal tersebut akan mengancam dirinya. Baik itu nyawa, integritas, maupun kehormatannya dihadapan orang lain. Mereka yang berbohong tersebut berharap dengan kebohongannya ia dapat terhindar dari hukuman yang akan ditrimanya, jika ia jujur mengungkapkan sejujurnya.

Kondisi seperti ini bisa dilakukan secara sadar sebagai sesuatu hal yang tidak baik, namun ia terpaksa melakukannya. Akan tetapi, ada pula kondisi berbohong disebabkan oleh kebiasaan yang seringkali dilakukannya. Dan hal inilah yang bisa dikatakan sebagai sesuatu yang komplusif. Artinya adalah kebohongan yang dilakukan secara otomatis tanpa ia memikirkan lagi akibatnya. Sekalipun dihadapkan pada sebuah kebenaran sekalipun, ia tetap menyangkal dan membenarkan kebohongan yang ia lakukan.

Hal ini disebabkan oleh si orang pembohong sudah seringkali meneruskan kebiasaan yang ia lakukan, hingga telah tertanam di alam bawah sadar secara otomatis muncul.

Kondisi lain mengapa orang berbohong adalah dikarenakan oleh perilaku. Saat orang melihat orang berbohong, terutama pada saat mereka melihat orang lain yang berbohong ternyata mampu dalam mengelabui orang lain maka dia akan penasaran untuk meniru perilaku tersebut. Seringkali pula kebohongan ini disebabkan karena pada saat mereka berohong ia mendapatkan apa yang ia inginkan. dalam artian, kebenaran yang ia lakukan tidak menghasilkan segala sesuatu yang diharapkannya.

Apakah Ber-bohong dapat dikategorikan Sebagai suatu gangguan MENTAL (mental disorder)

Jika mengacu pada pem-vonisan seseorang yang berbohong mengalami gangguan mental tentu tidak dapat dilakukan. Karena ada beberapa kriteria yang harus ada pada seseorang pengidap gangguan mental.

Namun jika kondisi ber bohong yang ia lakukan adalah kondisi yang amat mengkhawatirkan, hingga kebohongan yang dilakukan menjadi kepercayaan meskipun kebenaran telah di hadapkan pada dirinya, bisa jadi ia mengalami gangguan psikologis. Semoga membantu menjawab permasalahan yang anda miliki. Psikologi Mania