Apakah Kuliah Psikologi Di Luar Negeri Gelar Keprofesiannya Dapat Di Gunakan Di Indonesia?Nama : Shabrina
E-mail : amelxx@gmail.com
Judul : Melanjutkan Kuliah psikologi di luar negeri
Isi Konsultasi : Assalamualaikum, perkenalkan, saya mahasiswa Psikologi semester 5. Saya berencana untuk melanjutkan pendidikan lanjutan (s2) nanti. Yang ingin saya tanyakan adalah : -Apakah belajar psikologi di luar negeri dengan di Indonesia sama saja atau berbeda? -Dengan perbedaan budaya dalam mengajar, apakah jika saya melanjutkan perkuliahan ke luar negeri dapat diterapkan di Indonesia, dan juga bagaimana penyetaraan nya setelah lulus? -Apa perbedaan Master of Art, Master of Science, dan Postgraduat diploma? Saya melihat di universitas luar negeri yang ingin saya tuju, ada jurusan yang sama dengan ketiga kategori tersebut. Sekian pertanyaan dari saya, maaf jika ada pertanyaan yang kurang jelas.Wassalam.

Jawaban

Hai Shabrina, bagaimana kabarnya, semoga selalu baik dan sehat selalu ya.

Kuliah Psikologi di luar negeri memanglah menjadi impian sebagian besar para lulusan sarjana di dalam negeri bahkan untuk bidang studi apapun. Selain dikarenakan kualitas dan fasilitas yang harapannya lebih baik tentu pengalaman menjajaki negeri sebrang adalah hal yang juga menarik untuk di simak.

Banyak sekali mereka yang lulus dari universitas luar negeri menjadi orang – orang yang sukses di bidangnya masing – masing. Bahkan beberapa pejabat yang menduduki jabatan strategis di departemen tertentu banyak yang jebolan dari universitas luar negeri. Namun meskipun begitu, pendidikan di dalam negeri pun tak kalah mentereng baiknya dengan universitas yang ada di luar negeri.

Melanjutkan Kuliah Psikologi Di Luar Negeri

Mengenai kuliah s2  psikologi di luar negeri terutama S2 profesi, memang ada banyak sekali pilihan yang bisa anda pilih. Pertama perlu diketahui terlebih dahulu, bahwa standar degree, atau mungkin kita kenal dengan gelar akademik yang akan diperoleh seseorang di masing – masing negara mungkin saja akan berbeda. Untuk mengetahui spesifikasi gelar Master of Art, Master of Science dan juga Postgraduated Diploma, anda bisa menanyakan lebih spesifik ke universitas yang bersangkutan.

Kuliah S2 Psikologi Di Luar Negeri – Lalu, untuk materinya, apakah sama atau berbeda? Pastinya dari segi kurikulum akan berbeda dengan Indonesia, namun secara teoritis pastinya akan sama. Misalnya saja, untuk menjadi seorang Psychologist (Psych) atau psikolog, maka akan ada kriteria atau ketentuan tersendiri yang dibuat oleh negara tempat anda akan menuntut ilmu. Jadi, kalau anda bertanya apakah belajar psikologi di Indonesia dan luar negeri berbeda, maka Jawabannya adalah akan berbeda, terutama dari segi kurikulum dan juga major (fokus ilmu psikologi) yang akan anda ambil nantinya. Namun tentu saja untuk dasar teori, tokoh, dan aplikasi lainnya akan sama dan mengikuti perkembangan ilmu Psikologi secara global.

Contohnya seperti ini, di Indonesia kebanyakan psikologi dan ilmu terapan psikologi terfokus pada Psikologi klinis, Psikologi Industri, Psikologi pendidikan, dan Psikologi Sosial. Namun bisa saja di negara lain, terdapat fokus ilmu psikologi lainnya, seperti misalnya Konseling, Family Therapy, dan lain sebagainya.

Persyaratan Mendaftar Melanjutkan Kuliah Psikologi Di Luar Negeri

Semua institusi yang membuka jalur pendaftaran masuk atau penerimaan tentu membutuhkan beberapa dokumen dan persyaratan, termasuk jika anda ingin melanjutkan kuliah psikologi di luar negeri dan universitas tertentu;

  1. Setidaknya beberapa dari pengalaman psikologi, statistic, dan penelitian telah anda lakukan
  2. Pernyataan pribadi atau personal statement yang mana menjelaskan keahlian dan juga tujuan hingga pengalaman anda harus di lampirkan. Anda dapat membuatnya sendiri
  3. memiliki nilai rata – rata yang baik, setidaknya indeks prestasi kumulatif 3 sampai dengan 4
  4. Anda memiliki surat referensi atau rekomendasi dari institusi yang di percaya di tempat anda kuliah sebelumnya.
  5. Memiliki Nilai IELTS yang cukup dan TOFEL yang telah menjadi syarat mutlak.
  6. Melengkapi surat pernyataan magang atau bekerja
  7. Ketersediaan anda untuk di panggil wawancara.

Beasiswa Kuliah Psikologi Di Luar Negeri

Jika anda mengalami kendala dalam hal pendanaan, toh tidak usah khawatir, karena sudah banyak lembaga – lembaga yang bersedia memberikan anda beasiswa. Untuk Beasiswa di luar negeri pun beragam mulai beasiswa yang di sediakan oleh negara tempat tujuan anda berkuliah, beasiswa regional Eropa, hingga beasiswa yang popular seperti Erasmus. Namun sebagian besar beasiswa tersebut, mensyaratkan anda harus telah berkuliah di univeristas yang bersangkutan.

Beasiswa dalam negeri yang menyediakan fasilitas untuk kuliah di luar negeri pun ada, salah satu beasiswa yang di buka oleh pemerintah yaitu Beasiswa LPDP.

Agar anda memiliki gambaran mengenai bagaimana alur dan tata cara mendapatkan Beasiswa LPDP anda dapat menyimak ulasan artikel sebelumnya dari peraih Beasiswa LPDP di TIPS MELAMAR BEASISWA LPDP

Harus Diakui memang  mengapa alasan melanjutkan kuliah psikologi di luar negeri menjadi favorit. Yaitu diKarenakan jurusan psikologi di luar negeri selain dari segi fasilitas pendukung yang lengkap, beberapa universitas kenamaan seperti Harvard, oxford, UCLA dan lain sebagainya memiliki staf pengajar yang mumpuni dan beberapa hasil penelitiannya menjadi bahan rujukan keilmuan psikologi dan terapannya di dunia, termasuk di indonesia.

Satu lagi yang perlu anda ketahui untuk perkuliahan di luar negeri, terutama yang berhubungan dengan profesi sebagai seorang psikolog (Psychologist) atau banyak negara menyebutnya dengan gelar Psych (Psi untuk di Indonesia), maka anda hanya akan mendapatkan lisensi psikologi dari negara yang bersangkutan saja.

Selain itu di beberapa negara seperti eropa, dan Amerika setelah anda menyelesaikan Master Psych tidak serta merta langsung dapat membuka praktik sebagai seorang professional psikologi. Melainkan anda diwajibkan untuk melanjutkan lagi ke jenjang pendidikan doctoral dan magang professional di beberapa lembaga psikolog yang mendapatkan izin dari negara setempat.

Begitu ketatnya sistem pendidikan di luar negeri dalam memberikan lisensi keprofesian psikologi, sebanding dengan kualitas yang di hasilkannya.

Kuliah psikologi di luar negeri -Namun yang menjadi minus daripada hal tersebut, yaitu jika anda mengambil kuliah psikologi luar negeri keprofesian dan hendak membuka praktik psikologi di indonesia, hal tersebut membutuhkan proses lanjutan lagi. Karena setiap lisensi keprofesian psikolog yang menerbitkan negara atau wilayah yang bersangkutan.

Misalnya di negara Eropa. Maka lisensi anda adalah lisensi sebagai Psikolog di negara Eropa. Apabila anda ingin membuka praktik psikologi di Indonesia, maka anda harus mengikuti semacam matrikulasi atau penyetaraan sebagai psikolog di Indonesia. Karena, lisensi sebagai seorang psikolog biasanya diatur oleh organisasi psikologi di suatu negara secara mandiri. Di Indonesia, HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia) memiliki wewenang untuk menerbitkan lisensi sebagai seorang psikolog di Indonesia.

Semoga apa yang di cita – citakan dapat tercapai dengan baik. Dan ilmu yang di dapatkan akan selalu bermanfaat bagi lingkungan di sekitarnya sebagai kontribusi anak negeri. Demikian jawaban dari kami, semoga dapat membantu anda. Psikologi Mania