Apakah Gangguan Psikologi Dapat Memancing Gangguan Psikis Yang Lain?Nama : Ridhwan
E-mail : ridhXXXX@gmail.com
Judul : Apakah Gangguan Psikologi Dapat Memancing Gangguan Psikis Yang Lain?
Isi Konsultasi : Saya ingin berkonsultasi mengenai beberapa pada awalnya,mungkin karena depresi yang pernah saya alami.Yang saya rasakan adalah seperti gangguan kecemasan seperti pada umumnya namun,dengan berjalannya waktu timbul pola fikir-pola fikir negatif dan berkepanjangan seperti overthinking.Gejala yang timbul salah satunya,saya kesylitan berkomunikasi dengan orang lain bahkan,cenderung tidak ada keberanian untuk melakukannya.Kemudian hal itu justru menimbulkan pemikiran negatif berkepanjangan dalam kepala saya.Belum lagi gejala seperti moodis yang drastis.Saya pun sering kehilangan semangat bahkan frustasi bahkan membuat saya menjadi apatis terhadap lingkungan sekitar yang menjadi masalah lagi saya merasa seakan orang-orang disekitar seperti mendiskreditkan saya.saya mohon pendapat nya.

Jawaban

Untuk mas ridhwan, tentang gangguan psikologi apakah dapat memancing gangguan psikis yang lainnya? Hal tersebut adalah benar. Tak hanya psikis saja, bahkan secara fisik pun dapat berpengaruh pula. Hal tersebut dapat kita lihat seperti saat kita sedang depresi menghadapi permasalahan berat, maka kondisi kepala terasa berat, pusing, tak sedikit yang mengalami keluhan merasakan nyeri di bagiann perut dan lain sebagainya.

Artinya segala bentuk permasalahan psikologis memiliki potensi untuk memancing gangguan psikis maupun fisik yang lainnya. Saran dari saya jika memang apa yang saat ini dirasakan telah berlangsung lama dan sampai pada taraf mengganggu keseharian dari mas ridwan, sebaiknya untuk datang pada psikolog terdekat, agar dapat dilakukan intervensi lebih lanjut.

Guna meredam hal yang dapat anda alami tersebut cobalah untuk dapat mencari teman sharing dalam beberapa masalah yang tengah di hadapi, atau kekhawatiran yang sedang anda fikirkan. Agar apa yang anda alami tidak mengendap dan tersimpann dalam diri anda sendiri. Permasalahan anda mengalami kesulitan dalam berkomunikasi? Tentu hal ini harus segera di coba.

Jika tidak dapat secara langsung tatap muka, ada media yang dapat di gunakan seperti layanan sosial media melalui jalur televon. Namun patner yang dipilih haruslah yang memang sekiranya dapat di percaya, agar menghindari hal yang tidak diinginkan.

Membaca beberapa buku maupun artikel terkait motivasi pun penting untuk dilakukan, agar harapanya anda mendapatkan sebuah insight terbaik mengenai kebermaknaan hidup. Dan sempurnakanlah apa yang sedang anda hadapi dengan beribadah, memohon pengharapan kepada Yang Maha Kuasa. Semoga anda selalu di berikan kemudahan dann kesehatan. Psikologi Mania