Apakah Dia Tulus Kepadamu? Ini Jawabannya

Untuk mengetahui apakah seseorang benar – benar berhati baik kepada kita, tentunya ada beberapa hal atau sikap yang wajib ia miliki. Terlepas dari hubungan yang anda dan dia jalin, entah hubungan pertemanan,  persaudaraan maupun persahabatan. Tentunya kebaikan yang anda  harapkan bukanlah sandiwara maupun pamrih karena suatu hal semata, namun merupakan tindakan tulus seseorang terhadap diri anda. Untuk itu, beberapa sikap dibawah ini layak ada pada siapapun yang benar – benar tulus terhadap anda :

  1. Jadilah Dirimu Sendiri

Dia akan selalu bisa menerima apapun kekurangan hingga kelebihan yang ada pada dirimu. Hanya saja, mereka  yang tulus kepadamu justru pada saat tertentu tidak akan sungkan mengatakan hal sepele yang bisa membuatmu merasa malu dihadapan orang lain. Misalkan saja memintamu membersihkan potongan cabe yang masih terselip digigimu. Namun secara umum, mereka yang tulus kepadamu tidak akan terlalu banyak menuntutmu untuk menjadi seperti A atau Z, cukup jadilah dirimu sendiri. Dia tidak akan memaksamu menjadi seorang periang ketika hatimu sedang mendung.

  1. Komentator Terpedas yang Pernah Ada

Tentu kita pernah berselisih faham dengan orang – orang disekitar kita bukan? Mereka yang mempunyai rasa tulus tidak akan berpikir dua kali untuk mengomentari keburukanmu. Meskipun kritik yang diberikan cukup pedas, namun semua itu tentunya akan berdampak baik bagimu. Lalu jika sahabatmu rajin memberikan masukan yang membangun, kenapa dirimu justru sibuk menggerutu dalam hati? Jangan kira, mereka yang hanya memberikan masukan seadanya bahkan tanpa berpikir lebih dalam mengenai dirimu adalah sahabat yang kamu anggap baik. Mulai sekarang rubahlah persepsimu, karena sebuah kejujuran itu meski tidak selalu menyenangkan, akan tetap ada hal baik yang tentunya berdampak baik bagi kita.

  1. Dia Tidak Punya Banyak Waktu untuk Menggunjingmu

Seseorang yang baik ketika dihadapanmu tentunya bukanlah sebuah jaminan ia juga baik dibelakangmu. Untuk pembelajaran awal, marilah kita menjadi pribadi yang baik terlebih dahulu sebelum mengharapkan mempunyai hubungan baik dengan orang – orang yang tulus. Dalam kondisi apapun, saling mengingatkan merupakan suatu hal yang bijak. Namun bermuka baik dihadapan orang lain padahal dibelakang nantinya justru mengumbar aibnya merupakan hal yang tidak bisa ditolerir dalam sebuah hubungan. Karena saling menjaga aib masing – masing tentunya merupakan tindakan bijak dalam sebuah hubungan.

  1. Mereka Punya Kepeduliaan yang Tidak Di Buat – Buat

Orang – orang yang memang mempunyai sebuah ketulusan tidak akan terpatok pada pencitraan dihadapanmu. Justru sikap baik yang ia tunjukan tentunya tidak terkesan di buat – buat ketika dihadapanmu. Jadi rasa peduli yang mereka bangun justru kadang tidak kita sadari secara langsung. Misalkan membelamu ketika orang lain salah faham terhadapmu justru tidak hanya dilakukan ketika kamu ada. Namun meluruskan kesalahfahaman orang lain terhadapmu ia lakukan ketika kamu sendiri tidak mengetahuinya. Hal ini merupakan sebuah kepedulian yang ia berikan kepadamu, jika kamu sudah menemukan sosok tulus dengan sikap tersebut, sebaiknya selalu jaga hubungan baik dengannya, karena didunia ini, tentunya bukan hal yang mudah untuk menjumpai orang – orang berlaku baik secara tulus. by: Nurus Syarifatul Ngaeni