Apa Yang Harus Dilakukan Apabila Mengalami Panic Disorder ? Panic Disorder – Serangan panik atau panic disorder merupakan salah satu bentuk gangguan kecemasan yang cukup mengganggu. Serangan panik, sesuai dengan namanya merupakan salah satu gangguan yang memunculkan rasa panik berlebihan, yang muncul secara mendadak. Biasanya serangan panik juga seringkali disertai gangguan stress pasca traumatis, atau PTSD. Ketika serangan panik ini muncul, seseorang biasanya akan merasa pusing, kepala berputar-putar, dan mengalami berbagai macam gejala kecemasan yang pastinya sangat mengganggu.

Serangan panik ini bisa muncul karena berbagai sebab. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan apabila anda sering mengalami serangan panik / panic disorder :

  1. Usahakan tidak berpergian sendirian

Bagi orang yang mengalami atau sering mengalami gangguan panik, pergi sendirian pastilah akan berbahaya. Paling tidak, ada seorang teman yang menemani anda, supaya nanti mereka bisa membantu menenangkan anda pada saat serangan panik ini muncul dan mengganggu anda. Usahakan juga anda berjalan atau berpergian dengan teman yang mengetahui kondisi anda, minimal tahu kalau anda sering mengalami serangan panik ini.

  1. Melatih skill relaksasi

Relaksasi adalah salah satu hal yang sangat penting, dan harus dikuasai oleh siapapun yang mengalami gangguan kecemasan, tak terkecuali mengalami serangan panik. Relaksasi akan membantu anda meregulasi diri anda sendiri dan membantu mengontrol emosi dan rasa cemas yang muncul ketika anda mengalami serangan panik. Relaksasi efektif untuk mengurangi munculnya simptom, bahkan dalam beberapa kasus di beberapa penelitian mengatakan bahwa relaksasi mampu mencegah munculnya gangguan panik secara signifikan loh.

  1. Mencari tempat yang anda anggap nyaman

Ketika serangan panik melanda, maka anda bisa mencari tempat yang nyaman. Tidak perlu jauh-jauh, minimal anda bisa duduk atau berbaring sejenak. Jangan sampai serangan panik membuat anda terjatuh, atau mengalami kecelakaan fisik lainnya yang mengganggu dan berbahaya. Tetap tenang adalah kunci utama dari mereka yang sering mengalami serangan panik.

Apa yang Harus Dilakukan Apabila Melihat Orang Lain Mengalami Serangan Panik?

Lalu, apa yang harus kita lakukan apabila menemukan orang atau teman yang mengalami serangan panik? Tentu saja yang pertama adalah kita harus tetap tenang, jangan sampai menjadi ikutan panik juga. Kemudian, cobalah untuk membantu menenangkan orang tersebut, atau membawa orang tersebut ke tempat yang lebih kondusif dan menenangkan. Anda tidak perlu melakukan hal lainnya, seperti memberikan pertolongan pertama, dan sebagainya, karena serangan panik lama kelamaan akan hilang simptomnya.

Nah, itulah sedikit menenai serangan panik atau panic attack. Semoga artikel ini bisa membantu anda menjadi lebih paham mengenai serangan panik ini, dan bisa membantu anda ketika mengalami serangan panik, atau melihat orang yang mengalami serangan panik.


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia