Nama : nuthifza
E-mail : nuryhifxxxx@gmail.com
Isi Konsultasi : Anak tetangga saya suruh buka celananya trus di gesek2 barang dia ke anak yg di suruh bukak celana. Orang tua si anak yg buka celana sudah tau kalau barang anaknya di gesek2,tp ortu si anak yg buka celana ngk mau memberitaukan ke orang tua si anak tersebut. kebetulan sang anak pernah melihat ortunya begituan, Gmn solusiny dok

Jawaban:

Permasalahan seorang anak yang melakukan tindakan tersebut memang menjadi hal yang urgen untuk di bina, agar kedepannya tak menjadi fatal untuk masa depannya. Berdasarkan cerita di atas, seorang anak yang menurut mba ceritakan, pernah melihat orang tuanya melakukan hubungan intim tersebut, ada kalanya dapat menimbulkan penasaran dalam diri seorang anak.  Anak pun pada akhirnya mencoba seperti apa yang di lakukan orang tuanya dengan objek anak seusianya.

Namun di sini mba belum menceritakan kisaran umur berapa, namun pun begitu perilaku sang anak tersebut sekiranya akan menjadi problem, manakala rasa coba-cobannya tersebut beranjak menjadi rasa kecanduan pelampiasan hasrat se__ks__ual. Tentu jika telah menjadi sebuah kecanduan akan muncul permasalahan pada perkembangannya. Tak hanya itu saja ,anak-anak di sekitarnya pun berpotensi menjadi korban.

Untuk itu, sebaiknya cobalah mba untuk berkomunikasi dengan orang tuanya terlebih dahulu tentang masalah tersebut. Hal penting dalam berkomunikasi pada orang tua sang anak pun juga penting untuk mengutarakan bahaya tersebut bagi perkembangan sang anak itu sendiri maupun anak-anak di sekitarnya. Hindari untuk menjudge kesalahan anak pada orang tuanya, karena hal tersebut akan membuat orang tua anak (anak yang menggesek) merasa dilecehkan anaknya. Berkomunikasilah layaknya share antar rekan sebagai sesama ibu rumah tangga.

Mba juga dapat langsung menasehati anak yang melakukan hal tersebut dengan nasehat disertai rasionalitas mengapa sang anak di larang melakukannya lagi. Karena nasehat berupa larangan yang tak di sertai rasionalitas pada seorang anak, justru membuat anak semakin penasaran dengan apa yang di lakukannya.