Apa Yang Harus Dilakukan (Atau Tidak) Ketika Menulis CV ?. РDi pasar akademik dan pekerjaan, riwayat hidup atau CV sangat penting setelah surat lamaran Anda. CV adalah perkenalan pertama Anda dengan departemen rekrutmen atau bagian personalia. CV adalah sebuah dokumen singkat  yan berisi ringkasan latar belakang pendidikan, penelitian, dan tentunya pengalaman profesional. CV Anda adalah alat untuk membantu Anda berpindah dari lamaran menuju ke sebuah wawancara.

Apa Yang Harus Dilakukan (Atau Tidak) Ketika Menulis CV?

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Menulis CV?

CV Anda akan bersaing dengan puluhan, ratusan, hingga ratus ribuan CV yang masuk dan harus diseleksi bagian personalia sebelum waktu rekrutmen berakhir. Tentunya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menulisnya, seperti:

  • Membuat CV Anda terlihat menarik secara visual. Cari tahu bagaimana orang lain membuat CV mereka. Tanyakan profesor dan rekan Anda untuk mencari contoh CV yang sesuai .
  • Mulailah CV Anda dengan informasi kontak umum yang meliputi nama, alamat, telepon, email, dan alamat website jika Anda memilikinya.
  • Sertakan bagian ini di CV Anda: informasi kontak, pendidikan, dan pengalaman. Bagian ini sangat tergantung pada kekuatan dan minat, prestasi dan penghargaan, lokasi mengajar dan penelitian, publikasi, presentasi, kegiatan profesional (seperti keanggotaan komite, pengalaman magang, pekerjaan sukarela yang relevan), keterampilan (bahasa kedua dan/ atau kemahiran komputer), dan referensi.
  • Periksa CV Anda dengan hati-hati untuk ejaan dan kesalahan ketik.
  • Gunakan format seperti peluru, beri font miring atau huruf tebal untuk poin-poin penting, dan menggunakan kertas yang putih, krem atau warna netral yang beratnya antara 70 dan 80gr.

Apa yang Tidak Harus Dilakukan Ketika Menulis CV?

  • Jangan mencoba dan melakukan semuanya sendiri pertama kalinya. Cobalah mencari bantuan dari orang lain seperti penasihat fakultas, spesialis karir atau kolega.
  • Jangan jadikan CV terlalu panjang dan membosankan. Tapi harus diingat bahwa CV harus profesional dan mencakup data penting Anda.
  • Jangan menyertakan informasi berikut yang tidak begitu diperlukan, seperti usia, identitas etnis, afiliasi politik, preferensi agama, hobi, status pernikahan, orientasi se__ks__ual, tempat Lahir, foto, tinggi, berat badan, dan kondisi kesehatan.
  • Jangan memenuhi CV Anda dengan mencantumkan informasi terlalu rinci tentang penelitian atau mengajar. Cukup berikan judul proyek penelitian dan nama yang diperlukan saja bersama dengan ringkasan singkat dari pekerjaan Anda.
  • Jangan menyertakan informasi yang lucu. CV adalah bukan tempat bercanda atau menjadi “lucu.” By: Mirza Miranti