Apa Yang Harus Dilakukan Apabila Orang Terdekat Kita Mengalami Gangguan Mental? Gangguan mental, atau metal illness merupakan salah satu masalah kesehatan mental yang saat ini cukup banyak ditemui di lingkungan sekitar kita. Beberapa gangguan psikologis berat terkadang memang seringkali menyebabkan masalah yang cukup serius, hingga mempengaruhi hampir keseluruhan aspek kehidupan penderitanya.

Lalu, ketika ada orang terdekat kita yang mengalami gangguan psikologis berat, atau bahkan mengalami gangguan pada mental, apa yang harus kita lakukan? Berikut ini adalah hal yang bisa anda lakukan apabila orang terdekat anda mengalami gangguan mental atau gangguan psikologis berat:

Langkah Dalam Menyikapi Gangguan Mental

  1. Konsultasikan ke ahlinya

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan konsultasi ke ahlinya. Ahli dalam hal ini bisa dokter, psikiater, psikolog, dan profesi lain yang memiliki pemahaman tentang masalah psikologis dan gangguan pada mental.

Hal ini wajib hukumnya, untuk memastikan gangguan pada mentalnya atau gangguan psikologis berat apa yang dialami oleh orang terdekat kita. Setelah terdeteksi gangguan mentalnya, maka selebihnya anda bisa memutuskan treatment atau perlakuan terbaik apa yang bisa diberikan kepada orang terdekat anda.

  1. Jangan dibully

Beberapa gangguan mental, seperti misalnya skizofrenia tipe paranoid membuat mereka yang mengalaminya memiliki iritabilitas yang tinggi. mereka sangat mudah tersinggung dan juga mudah marah. Belum lagi gangguan mental yang berhubungan dengan gejala depresif. Apabila mereka yang mengalami gejala depresif di bully, bisa-bisa mereka akan melakukan tindakan bunuh diri.

Jadi, hindari dan haramkan bullying kepada mereka yang menderita gangguan mental. Hidari membuat diri mereka tersakiti dan juga terpuruk, atau bahkan tersinggung. Apabila ingin mengajak bercanda, maka bercandalah dengan bahan candaan yang tidak membuat mereka tersinggung.

  1. Pantau terus perkembangannya

Sebagai orang terdekat, maka anda juga harus sanggup untuk memantau perkembangan gangguan pada mentalnya yang dialami oleh orang terdekat anda. Anda bisa membantu proses intervensi, dengan melakukan observasi, apakah keadaan semakin membaik atau malah semakin memburuk.

Anda adalah satu-satunya orang yang harus bisa diandalkan apabila terjadi situasi yang memburuk. Inilah salah satu kontribusi terbesar anda ketika anda memiliki orang terdekat yang mengalami gangguan mental.

  1. Berikan dukungan dari berbagai macam aspek

Dukungan sosial, mental, spiritual, dan dukungan lainnya adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh mereka yang mengalami gangguan mental. Sebagai orang terdekat, anda bisa memberikan dukungan atau support terbaik untuk mereka. Berikan mereka semangat, motivasi, dan juga masa depan yang cerah. Ajarkan mereka untuk lebih dekat dengan Sang Pencipta, dan tingkatkan spiritualitas mereka. Selalu ada di sisi mereka, dan selalu siap apabila mereka membutuhkan pertolongan. Inilah salah satu bentuk kontribusi anda bagi mereka yang mengalami gangguan mental.

  1. Jangan diasingkan

Inilah yang menjadi kejahatan secara mental bagi orang-orang yang mengalami gangguan mental. Saat ini banyak sekali orang dengan gangguan pada mentalnya dipasung, diasingkan, diusir, ditelantarkan, dan tidak dianggap. Hal inilah yang membuat kondisi mereka bertambah buruk. Hindari hal seperti ini. Apabila biaya menjadi alasan untuk tidak merawat mereka yang mengalami gangguan mental, maka anda bisa menitipkan mereka di panti tuna laras milik pemerintah. Jangan diasingkan dan ditelantarkan begitu saja.

Nah, itu adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan apabila anda memiliki orang terdekat yang mengalami gangguan psikologis berat atau bahkan mengalami gangguan mental. Semoga anda semakin aware dan sadar mengenai kondisi dari mereka yang mengalami gangguan pada mentalnya ini. Psikologi Mania