APA SIH YANG TERJADI PADA TUBUH SAAT PUASA?Menjalankan ibadah  puasa itu sangat menyenangkan. Selain pahala yang berlimpah, secara rohani kita juga semakin mendekatkan diri dengan Dia, Sang Pencipta. Apalagi dengan keuntungan yang akan didapatkan oleh tubuh jika pada sebulan, tidak ada puasa yang ditinggalkan. Sehat, bugar, pikiran menjadi jernih adalah hasil akhir dari puasa ramadhan. Tapi sebenarnya apa yang terjadi pada tubuh saat berpuasa sehingga kita akan mendapatkan hasil yang menakjubkan? Yuk mari disimak…

 Jantung Dan Aliran Darah

Saat berpuasa adalah saat-saat dimana tubuh mulai membenahi diri sendiri. Jika Anda berpuasa maka akan membantu diri Anda untuk lebih sehat. Selama tidak berpuasa umumnya tubuh manusia memakan beragam jenis asupan. Tidak jarang asupan tersebut mempunyai manfaat yang kurang baik pada tubuh seperti terlalu banyak mengandung lemak maupun kolesterol.

Ketika puasa kelebihan lemak itu akan tersapu. Tubuh secara otomatis membersihkan bahan-bahan yang tidak terlalu dipergunakan karena adanya energi lebih untuk melakukannya. Energi tersebut didapatkan dari pengalihan energi yang biasanya digunakan untuk mencerna makanan. Dengan membersihkan aliran darah maka kinerja jantung untuk mengalirkan sari-sari makanan ke organ tubuh yang lain akan berjalan dengan lebih mudah. Jantung pun akan semakin sehat.

Paru-Paru

Pada organ pernafasan ini tubuh juga melakukan pembersihan terhadap racun saat puasa. Biasanya racun-racun atau bahan tidak berguna dapat masuk ke dalam paru-paru melalui udara yang dihirup saat bernafas dari udara sekitar.

Lambung

Organ yang paling membutuhkan puasa adalah lambung. Organ ini berfungsi untuk mencerna makanan yang telah masuk. Saat puasa organ ini akan beristirahat dan ketika makanan untuk berbuka kembali melewati organ ini, Anda akan merasakan bahwa kinerja lambung berjalan lebih efisien dibandingkan saat tidak berpuasa.

Usus

Pada bagian usus, mereka berguna untuk menyerap nutrisi yang telah diolah lambung. Tubuh hanya menyerap nutrisi dalam bentuk kecil dan sisanya akan dibuang. Sebagian besar sisa makanan tersebut akan dibuang melalui proses BAB tapi kadangkala masih saja ada sisa-sisa yang tidak dapat keluar. Saat puasa inilah organ tersebut dapat bekerja untuk mengeluarkan bahan yang tidak terpakai lagi. Sehingga proses penyerapan nutrisi dan ekskresi menjadi lebih efisien

Hati

Saat berpuasa, organ ini menghasilkan lebih banyak glukosa. Senyawa kimia ini akan membantu memecah cadangan lemak yang tersimpan dari dalam tubuh. Dengan begini tubuh akan tetap mendapatkan energi dan organ di dalamnya menjadi lebih sehat karena cadangan yang berlebih bisa dipergunakan dengan maksimal.

Ginjal

Saat berpuasa, ginjal akan lebih banyak melalukan pekerjaan diuratik. Proses ini akan lebih banyak mengolah garam-garam dan cairan dalam tubuh untuk dibuang. Pengolahan garam akan menjadikan tekanan darah menjadi lebih stabil dibandingkan saat tidak berpuasa. Oleh Nur Dwi Ratnasari