Apa Penyebab Schizophrenia?Tak seorang pun mampu menentukan satu Penyebab Schizophrenia. Para ahli percaya beberapa faktor umumnya terlibat sebagai penyebab timbulnya skizofrenia. Di bawah ini adalah daftar faktor-faktor yang diduga menjadi Penyebab Schizophrenia :

  1. Gen Keluarga Anda

Penyebab Schizophrenia  yang pertama adalah faktor Gen keluarga. Jika tidak ada riwayat skizofrenia dalam keluarga Anda, maka resiko Anda untuk menderita skizofrenia hanya kurang dari 1%. Namun, risiko menderita skizofrenia akan naik 10% jika salah satu orangtua Anda adalah penderita.

Sebuah penelitian di Swedia menemukan bahwa skizofrenia dan gangguan bipolar memiliki penyebab genetik yang sama.  Peneliti utama, Profesor Patrick Sullivan, dari Universitas Kedokteran North Carolina mengatakan  bahwa penelitian tersebut memberikan gambaran jelas untuk memahami lebih lanjut tentang skizofrenia. Tujuannya adallah mencari cara menonaktifkan penyakit mental ini.

  1. Ketidak-seimbangan kimia di otak

Para ahli percaya bahwa ketidakseimbangan dopamin sangat berpengaruh sebagai penyebab timbulnya skizofrenia. Mereka juga percaya bahwa ketidakseimbangan ini kemungkinan besar disebabkan oleh gen yang membuat Anda rentan terhadap penyakit. Beberapa peneliti mengatakan lain kadar serotoninjuga mungkin menjadi penyebabnya.

Perubahan fungsi otak yang terkunci, seperti persepsi, emosi dan perilaku, membuat para ahli menyimpulkan bahwa otak adalah situs biologis skizofrenia. Skizofrenia dapat disebabkan oleh sinyal yang rusak di otak, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Molecular Psychiatry.

  1. Hubungan yang tidak harmonis keluarga

Meskipun tidak ada bukti untuk membuktikan atau bahkan menunjukkan bahwa hubungan keluarga dapat menyebabkan skizofrenia, beberapa pasien dengan penyakit percaya bahwa ketegangan keluarga dapat memicu kekambuhan.

  1. Lingkungan Sekitar

Meskipun belum ada bukti yang pasti, banyak yang menduga bahwa trauma perinatal (sekitar 5 bulan sebelum dan sampai satu bulan setelah lahir)  dan infeksi virus dapat berkontribusi terhadap perkembangan penyakit.

Skizofrenia sering ditemukan muncul didahului oleh stres. Sebelum gejala akut yang jelas, orang dengan skizofrenia dapat menjadi pemarah, pencemas, dan tidak fokus. Hal ini dapat memicu masalah hubungan, perceraian dan pengangguran. Faktor-faktor ini sering disalahkan atas timbulnya penyakit, meskiyang terjadi adalah sebaliknya, yaitu penyakitlah yang menyebabkannya. Oleh karena itu, sangat sulit untuk mengetahui apakah skizofrenia disebabkan tekanan tertentu atau terjadi sebagai akibat dari tekanan tersbeut.

  1. Obat-Obatan Tertentu

Apa Penyebab Schizophrenia?

Ganja dan LSD diketahui dapat menyebabkan skizofrenia kambuh. Menurut Pemerintah Negara Bagian Victoria di Australia, untuk orang-orang yang memiliki skizofrenia, penggunaan ganja dapat memicu kekambuhan penyakit yang bisa menjadi kondisi yang melumpuhkan dan berlangsung selama sisa hidup mereka. Selain itu, beberapa obat yang diresepkan juga dapat menyebabkannya. Baca Juga  | Psikologi Mania