Apa Itu PTSD (Post Traumatic Stress Disorder) dan GejalanyaApa Itu PTSD ? PTSD adalah salah satu gangguan kecemasan yang sering muncul akibat adanya suatu kejadian-kejadian yang bersifat traumatis, alias menimbulkan trauma ataupun luka batin yang kuat. Beberapa bencana alam, seperti misalnya bencana tsunami di Aceh beberapa tahun silam, gempa bumi, gunung meletus, bahkan kekerasan dari orangtua dan pasangan juga dapat menjadi pemicu munculnya gejala PTSD. PTSD adalah suatu gejala yang banyak muncul dan diderita, dan tidak jarang PTSD menyebabkan individu menjadi sulit menjalankan aktivitas sehari-harinya.

Apa Itu PTSD?

Apa Itu PTSD (Post Traumatic Stress Disorder) dan Gejalanya

PTSD adalah kependekan dari Post Traumatic Stress Disorder, atau dalam bahasa Indonesia, diterjemahkan sebagai Gangguan Stress Pasca Traumatik. Saat ini di dalam DSM-IV TR (pedoman diagnosis untuk gangguan mental, psikologis dan psikiatri), PTSD masuk ke dalam spektrum gangguan kecemasan, dan menimbulkan gejala-gejala seperti stress dan depresi, hanya saja penyebabnya adalah peristiwa traumatis.

Seseorang dapat mengalami PTSD apabila kejadian atau peristiwa yang menimpa mereka memang benar-benar berpotensi menimbulkan trauma secara umum. Misalnya saja, peperangan, bencana alam, kecelakaan luar biasa, yang memang secara umum dapat menimbulkan munculnya gejala stress dan trauma berkepanjangan.

Namun demikian, apabila anda mungkin merasa stress dan trauma akibat berpisah dengan pasangan, ataupun hanya sekedar salah mengambil keputusan, dan akhirnya mengalami stress ataupun trauma, maka hal tersebut tidak dapat dikategorikan sebagai PTSD.

PTSD hanya akan terjadi ketika anda mengalami suatu stress emosional yang sangat besar dan sangat mempengaruhi kehidupan anda secara general atau malah secara keseluruhan.

Apa Itu PTSD  dan Gejala PTSD

Apa Itu PTSD (Post Traumatic Stress Disorder) dan Gejalanya

Nah, setelah anda memahami mengenai sedikit pengertian PTSD, sekarang akan dijelaskan sedikit mengenai gejala PTSD yang umum muncul pada mereka yang mengalaminya. Berikut ini adalah beberapa gejala PTSD yang bisa muncul:

  1. Pengalaman kembali peristiwa traumatis melalui mimpi, dan pikiran-pikiran yang menghantui dari peristiwa traumatis
  2. Adanya penghindaran terhadap peristiwa-peristiwa yang serupa. Misalnya korban bencana tsunami di Aceh yang mengalami PTSD, akan menghindari laut, air, ataupun menghindar ketik mendengar bunyi gemuruh dan gempa bumi.
  3. Kesadaran yang berlebihan akan suatu peristiwa.

Selain gejala utama yang sering muncul pada orang yang mengalami PTSD, ada beberapa gejala PTSD lainnya yang juga seringkali. Gejala PTSD adalah berikut ini:

  1. Munculnya stress yang berlebihan
  2. Depresi
  3. Gangguan kecemasan lainnya, seperti misalnya mengalami gejala mirip fobia
  4. Adanya masalah kognitif, seperti sulit berkonsentrasi
  5. Mudah panik

PTSD adalah gangguan kecemasan yang akan menetap apabila tidak dibereskan dengan segera. Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas individu yang mengalami gangguan ini. karena itu, penting sekali pendeteksian secara dini mengenai adanya gejala PTSD pada individu yang berada atau terlibat dalam suatu peristiwa traumatis yang berpotensi menimbulkan munculnya gejala PTSD. Seperti misalnya kecelakaan, bencana alam, peperangan, pengasingan, dan lain sebagainya. Psikologi Mania