Memahami Apa Itu Play Terapi, Sebuah Metode Belajar Asik Untuk AnakBagaimana cara belajar yang menarik untuk anak? Mungkin banyak yang menanyakan hal ini, karena bingung memilih metode belajar yang efektif untuk anak anda. Sebenarnya ada banyak sekali cara belajar yang menarik untuk anak, salah satunya adalah menggunakan prinsip-prinsip yang dikembangkan dari play therapy. Lalu apa itu play terapi ?

Apa itu Play Terapi?

Play therapy, singkatnya adalah sebuah metode psikoterapi yang efektif ditujukan untuk mengatasi berbagai macam permasalahan yang muncul pada anak, salah satunya adalah masalah belajar ini. Play therapy mengkombinasikan kesenangan semua anak, yaitu bermain dengan proses belajar.

Hal ini akan membantu anak-anak agar bisa belajar, namun sambil bermain. Atau kebalikannya, bermain sambil belajar. Play therapy saat ini sudah banyak dikembangkan menjadi salah satu bentuk terapi yang baku, yang mampu membantu anak-anak menghadapi masalah yang umum muncul pada diri mereka.

Bagaimana Menggunakan Metode Play Terapi Untuk Membantu Anak-anak Belajar?

Lalu, bagaimana membuat play therapy menjadi sebuah cara belajar yang menarik untuk anak? Caranya sangat mudah. Anda bisa menggunakan kreativitas anda sendiri sebagai orangtua atau pengasuh dalam menyusun berbagai macam permainan-permainan yang dapat menstimulasi fungsi kognitif, psikomotor dan afeksi anak.

Misalnya saja ketika si anak memiliki hambatan dalam belajar matematika, dan malas belajar matematika karena dianggap susah. Anda bisa menyusun sebuah permainan menarik yang membuat si anak terstimulasi untuk mau belajar matematika. Beberapa contoh yang mungkin bisa anda lakukan sendiri di rumah adalah:

  1. Membuat kuis tanya jawab dengan hadiah yang menarik
  2. Bermain hitung-hitungan dengan menggunakan alat bantu berupa poster angka-angka
  3. Menggunakan alat peraga untuk membantu anak belajar berhitung.
  4. Melempar bola ke keranjang dalam jumlah tertentu

Cara-cara sederhana seperti itu bisa menjadi salah satu cara belajar yang menarik untuk anak, karena anak akan merasa enjoy dan juga fun dalam belajar.

Contoh lainnya, misalnya anak anda mungkin sulit dalam mata pelajaran menghafal. Bagaimana caranya supaya si anak tertarik untuk belajar menghafal? Anda bisa mencoba menyusun sebuah permainan yang berhubungan dengan kosa kata dan juga ilmu-ilmu umum.

Misalnya saja membuat permainan kata berkait, ABC Lima dasar, tebak-tebakan, dan berbagai macam permainan lainnya. Itu contoh permainan secara verbal. Anda juga bisa menggunakan alat peraga tertentu supaya si anak lebih tertarik. Misalnya si anak harus mengambil benda sesuai dengan nama benda yang tertulis di kartu.

Itu adalah beberapa prinsip dari play therapy, yang bisa menjadi salah satu implementasi cara belajar yang menarik untuk anak. Ingat, anak-anak akan lebih mudah untuk menyerap pelajaran ketika mereka berada dalam situasi yang menyenangkan dan juga nyaman bagi mereka. Memberikan mereka les pelajaran secara monoton malahan bisa jadi membuat mereka merasa bosan, sehingga malah membuat mereka menjadi malas belajar. By: Eduardus Pambudi