Apa Itu Kleptomania ?

Anda pernah mendengar mengenai kleptomania? Apa itu kleptomania? Kleptomania merupakan sebuah istilah yang mengacu pada gangguan psikologis dimana mereka yang mengalami kleptomania ini tidak mampu atau gagal dalam menahan impuls untuk mengambil barang tertentu. Sebelum melanjutkan lebih jauh, perlu diketahui bahwa manusia memiliki dorongan – dorongan atau impuls yang mempengaruhi perilaku. Misalnya dorongan atau impuls untuk makan yang membuat kita mencari makanan.

Namun demikian, tidak semua orang mampu untuk mengendalikan impulsnya. Ada banyak hal yang membuat seseorang tidak mampu atau sulit dalam mengendalikan impulsnya, misalnya :

  • Kurangnya pemahaman mengenai impuls yang mendominasi
  • Kurangnya rasio atau pola pikir yang rasional (superego) dalam menahan ataupun mengendalikan impuls
  • Masalah psikologis

Kleptomania, Masalah Psikologis Dalam Pengendalian Impuls

Salah satu gangguan pengendalian impuls yang cukup banyak terjadi dan banyak kasusnya adalah kleptomania. Kleptomania merupakan salah satu gangguan yang cukup unik, karena perilaku mencuri pada orang yang menjadi kleptomania ini bukan didasari faktor ekonomi. Biasanya mereka mencuri suatu barang yang tidak bernilai tinggi, dan motifnya bukan untuk menjual kembali benda yang dicuri, namun hanya disimpan ataupun dibuang begitu saja. Maka dari itu, mereka yang mengalami kleptomania sebenarnya tidak bisa diklasifikasikan sebagai pencuri ataupun seorang kriminal, karena mencuri benda adalah impuls atau dorongan dari dalam dirinya yang tidak mampu dikendalikan.

Apa Yang Menyebabkan Munculnya Kleptomania?

Setelah anda memahami dan mengetahui sedikit gambaran mengenai apa itu kleptomania, anda juga perlu mengetahui sebenarnya bagaimana sih kleptomania ini bisa muncul. berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab munculnya gangguan kleptomania :

  • Faktor psikodinamika, yaitu sebuah dinamika psikologis yang ada di dalam diri seseorang, mulai dari impuls yang tinggi, aspek libidinal, dan masalah–masalah atau gangguan psikologis lain, seperti misalnya stress, depresi, dan beberapa masalah atau gangguan psikologis lainnya. Hal ini membuat kleptomania bukan merupakan gangguan psikologis yang berdiri sendiri, namun bisa muncul karena pengaruh gangguan psikologis lainnya.
  • Faktor biologis, salah satunya adalah kelainan dan juga penyakit pada bagian otak.

Itu adalah beberapa hal yang menjadi penyebab dari munculnya gangguan kleptomania. Jadi, anda sudah memahami mengenai apa itu kleptomania, dan juga bagaimana kleptomania bisa muncul pada diri seseorang.

Mereka yang mengalami gangguan kleptomania biasanya akan merasa sangat puas apabila sudah berhasil melakukan pencurian, meskipun misalnya hanya bolpen murah sekalipun. Selain itu, biasanya mereka yang mengalami kleptomania tidak mencuri dengan alasan pelampiasan amarah, dendam, dan juga bukan merupakan pengaruh dari adanya halusinasi. Jadi, mereka yang mengalami kleptomania, murni ingin mencuri saja benda – benda yang cenderung tidak berharga untuk kesenangan sendiri. Biasanya, mereka akan merasa sangat tegang sebelum melakukan aksi kleptonya, namun tetap dilakukan oleh mereka. Selain itu, benda yang diambil adalah benda yang cenderung tidak berharga ataupun tidak dibutuhkan oleh mereka.

Hal penting lainnya dari gangguan kleptomania ini, mereka yang mengalami gangguan ini bukan merupakan orang dengan kepribadian antisosial, ataupun orang dengan riwayat kriminalitas tinggi. dan mereka juga bukan merupakan orang yang sedang berada dalam episode manik (atau mengalami gangguan bipolar), dan tidak mengalami gangguan konduksi (pada anak – anak).

Nah, itu adalah penjelasan mengenai apa itu kleptomania. Jadi anda mungkin sudah tahu apa itu kleptomania, dan juga memahami bagaimana kleptomania bisa muncul dan juga bagaimana perilaku dari orang yang mengalami kleptomania tersebut. By: Eduardus Pambudi