Apa Itu Extra Sensory Perception?Apa Itu Extra Sensory Perception? Extra Sensory Perception atau ESP adalah salah satu pemahaman mengenai ilmu para psikologi, yang memuat mengenai kelebihan manusia dalam mendeteksi segala macam hal menggunakan pengindraannya.

Apa Itu Extra Sensory Perception?

Dalam bahasa awam, extra sensory perception dikenal luas dengan istilah indera ke enam. Anda pasti sering sekali mendengar istilah ini bukan? Dan nyatanya, pemahaman mengenai indera ke enam atau extra sensory perception ini memang benar- benar ada dan juga banyak penelitian yang fokus pada hal ini.

Indera ke enam pada manusia memang bukanlah isapan jempol. Salah satu tipe orang yang memiliki kelebihan seperti ini adalah mereka yang dianugerahi kemampuan sebagai seorang indigo.

Mereka yang memiliki extra sensory perception (yang biasanya juga muncul pada masa kanak-kanak) ini merupakan sebuah anugerah.

Anak-anak yang memiliki kemampuan ini sebenarnya juga termasuk ke dalam kategori anak berkebutuhan khusus yang masuk ke dalam golongan gifted. Maka dari itu, perlakuan terhadap mereka yang memiliki kemampuan ini pun tidak dapat disamakan dengan anak-anak lainnya.

Pengalaman – pengalaman Extra Sensory Perception

Extra Sensory Perception akan memberikan pengalaman-pengalaman tertentu bagi siapa saja yang memiliki kemampuan ini. Dan dapat dipastikan, pengalaman-pengalaman tersebut tidak akan bisa dimiliki oleh orang-orang biasa. Berikut ini adalah beberapa pengalaman Extra Sensory Perception yang biasanya terjadi :

  1. Telepati

Banyak orang yang menyangsikan bahwa telepati hanyalah isapan jempol dan juga hanya ada pada film kartun dan juga film-film science fiction. Namun ternyata, secara nyata hal ini benar-benar nyata, dan bahkan ada orang yang memiliki kemampuan seperti ini di dalam dunia nyata.

Telepati, atau yang dikenal juga dengan istilah mind reading merupakan kemampuan spesial seseorang untuk merasakan pikiran dan juga perasaan orang lain, tanpa harus menyentuhnya.

  1. Clairvoyance

Clairvoyance adalah pengalaman-pengalaman yang muncul pada individu yang mengalami Extra Sensory Perception berikutnya. Bisa dibilang, clairvoyance ini adalah kondisi yang membuat seseorang menjadi sangat peka dan juga sensitif, dimana mereka mampu untuk merasakan dan juga menyadari kehadiran dari orang lain, benda, ataupun kejadian tanpa harus menggunakan panca indera mereka.

Misalnya, terjadi sesuatu pada orang yang disayang, tanpa harus melihat kejadian secara langsung, mereka akan bisa merasakannya dengan mudah. Terkadang kondisi ini juga sering muncul pada orang-orang biasa, yang disebabkan oleh ikatan batin yang sangat kuat dengan orang tertentu.

  1. Prekognisi

Prekognisi adalah kemampuan meramal, dimana seseorang mampu untuk melihat kejadian di masa depan. Sering dikenal dengan istilah peramal dan juga paranormal, mereka mampu untuk melihat dan juga memiliki pengetahuan akan kejadian di masa yang akan datang.

  1. Retrokognisi

Retrokognisi adalah pemikiran-pemikiran masa lalu yang tiba-tiba muncul. Banyak juga yang mengistilahkan kejadian ini seperti déjà vu, namun demikian, retrokognisi lebih detail dibandingkan dengan déjà vu, karena biasanya, detail-detail dari kejadian di masa lalu akan muncul dengan jelas.

Nah, itu adalah beberapa pengalaman-pengalaman yang muncul pada individu yang memiliki Extra Sensory Perception. Percaya atau tidak, manusia memang banyak yang memiliki kemampuan seperti ini. Hingga saat ini, banyak diperdebatkan, bagaimana caranya atau penyebab utama dari munculnya kemampuan seperti ini pada manusia. By: Eduardus Pambudi