Apa itu Body Image? Pandangan Seseorang Mengenai Tubuhnya SendiriApa itu body image? Pernahkah anda memandang tubuh anda sendiri? Apa yang anda rasakan ketika anda memandangi dan melihat bentuk tubuh anda sendiri? Tentu saja tiap-tiap orang akan memberikan pandangan tersendiri mengenai body image. Sebenarnya apa itu body image, dan bagaimana seseorang menilai dirinya sendiri, terutama dari segi fisik? Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai apa itu body image.

Apa itu Body Image?

Body image, apabila diartikan secara harafiah adalah citra diri. Bagaimana seseorang melihat dirinya sendiri, secara fisik tentunya. Body image memang lebih mengarah kepada pandangan atau citra seseorang terhadap dirinya sendiri secara fisik.

Menurut Davison & McCabe (2005) istilah body image mempunyai pengertian yaitu persepsi dan sikap seseorang terhadap tubuhnya sendiri. Selain itu, Papalia, Olds, dan Fieldman (2001) juga menyebutkan bahwa body image merupakan gambaran dan evaluasi mengenai penampilan dirinya sendiri.

Tokoh lainnya, Rudd dan Lennon (2000) mendefinisikan body image sebagai gambaran mental yang dimiliki seseorang mengenai tubuhnya yang meliputi dua komponen. Kedua komponen body image tersebut  adalah komponen perseptual (yang meliputi ukuran, bentuk, berat, karakteristik, gerakan, dan performansi tubuh) serta komponen sikap (yang meliputi apa yang kita rasakan tentang tubuh kita dan bagaimana perasaan ini mengarahkan pada tingkah laku).

Secara umum, bisa disimpulkan bahwa body image merupakan pandangan seseorang mengenai tubuhnya sendiri, dimana seseorang akan melakukan evaluasi dan juga menilai apa yang dirasakan berkaitan dengan bentuk tubuhnya.

Bagaimana Cara Seseorang Menilai Tubuhnya Sendiri

Nah, anda sudah memahami mengenai apa itu body image. Sekarang mungkin anda akan bertanya-tanya, bagaimana cara seseorang bisa menilai tubuhnya sendiri. Bagaimana seseorang bisa menilai body imagenya?

Cash (dalam Jones, 2001) menyebutkan ada beberapa aspek pengukuran yang biasanya dilakukan oleh seseorang ketika ingin melakukan penilaian terhadap tubuhnya sendiri. Berikut ini adalah beberapa aspek yang digunakan oleh orang-orang dalam menilai tubuhnya sendiri :

  1. Evaluasi penampilan

Aspek ini akan mengukur bagaimana seseorang merasa puas atau tidak puas terhadap penampilannya secara keseluruhan. Misalnya saja cara dia berpakaian, cara berjalan, cara berbicara, dan sebagainya.

  1. Orientasi Penampilan

Aspek ini melihat bagaimana seseorang bisa memperhatikan penampilannya. Mereka yang lebih banyak meluangkan waktu untuk memperhatikan penampilannya, adalah orang yang paling sering melakukan penilaian terhadap tubuhnya sendiri.

  1. Kepuasan terhadap area tubuh

Aspek lainnya yang menjadi tolak ukur penilaian seseorang terhadap tubuhnya sendiri adalah dari segi kepuasan pada anggota tubuh. Seperti misalnya bagian wajah, rambut, bentuk tubuh, lengan yang terlalu besar atau kecil, kaki yang terlalu kurus, badan terlalu pendek, dan sebagainya.

  1. Kecemasan menjadi gemuk

Orang yang seringkali cemas akan menjadi gemuk adalah orang sering menilai tubuhnya sendiri. Mereka menilai tubuh mereka akan menjadi buruk ketika menjadi gemuk. Hal ini yang kemudian menyebabkan banyak orang dengan masalah citra diri / body image mengalami gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia.

  1. Persepsi mengenai ukuran tubuh

Gemuk dan kurus, kecil dan besar, tinggi dan pendek. Itu adalah beberapa contoh aspek yang sering dijadikan tolak ukur seseorang dalam menilai tubuhnya sendiri. Ketika seseorang mempersepsikan atau menilai tubuhnya memiliki ukuran tubuh yang jelek atau buruk, maka hal ini akan membuat mereka memiliki citra diri atau body image yang juga buruk.

Nah, itu adalah sedikit gambaran mengenai apa itu body image, dan bagaimana cara seseorang menilai tubuhnya sendiri. Dari penjelasan tersebut, kita juga bisa menilai apakah seseorang memiliki body image yang baik, atau body image yang buruk. Psikologi Mania


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia