Apa Itu Bagian (PSDM) Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi?Pengembangan Sumber Daya Manusia – Anda pasti kerap mendengar istilah PSDM atau pengembagan sumber daya manusia ? Istilah ini banyak dipakai dalam suatu lembaga atau organisasi. Baik itu organisasi yang berorientasi profit, atau non profit. Dari oganisasi yang berkembang dalam sebuah PT, CV dalam dunia kerja, maupun organisasi yang berada di lingkungan organisasi kampus. Lalu apa sih sebenarnya PSDM ?

Maksud dari istilah pengembangan sumber daya manusia adalah sekelompok orang – orang yang berada dalam suatu sub unit yang memiliki fokus di bagian untuk mengembangkan manusia di dalam organisasi tersebut. Intinya adalah bagaimana sub unit tersebut mampu mengembangkan kapasitas orang – orang yang ada di dalam organisasi, sehingga kapastitas tersebut dapat di optimalkan menjadi lebih baik agar organisasi segera meraih tujuan bersama.

Seperti apakah PSDM itu ?

Mungkin anda masih bingung, sebenarnya seperti apakah pengembangan sumber daya manusia itu. Menurut Silalahi menyebutkan bahwa pengembangan sumber daya manusia adalah suatu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam arti seluasnya, baik itu pendidikan, pelatihan, dan pembinaan.

Handoko menambahkan bahwa pengembangan ini adalah cara yang sangat efektif guna menghadapi tantangan organisasi di masa yang akan datang. Tantangan yang dimaksud adalah kebosanan menjadi karyawan, perubahan sosial dan teknis, serta mengatur perputaran tenaga kerja. Salah satu tolak ukur dari keberhasilan departemen personalia terletak pada kemampuannya mempertahankan sumber daya manusia dan tetap bisa mengoptimalkan pekerjaanya.

Orang yang ada dalam departemen personalia atau sub unit PSDM memikul tanggung jawab yang sangat tinggi di dalam suatu organisasi. Bukan hanya sekedar mengembangkan kemampuan intelektual semata, namun ia juga masuk ke ranah sosial dan emosional seluruh anggota kelompok yang ada.

Dalam dunia kerja sendiri, orang yang bekerja dalam departemen ini kebanyakan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Merka bukan hanya dapat mengendalikan diri sendiri saja, namun juga kelompok di dalam sebuah organisasi.

Bagaimana tugas orang-orang PSDM ?

Seperti yang sudah disebutkan dalam uraian diatas, bahwa fokus utama orang – orang PSDM adalah bidang untuk mengembangkan ‘manusia-manusia’ dalam organisasi. Mereka dibekali dengan berbagai training dan development untuk mengasah ketrampilan. Selain itu kemampuan dalam berelasi atau human relation juga harus dibentuk.

Orang yang berada dalam departemen personalia dan PSDM harus mampu memantau dan juga mengontrol pekerjaan dari anggota lainnya. Tujuannya adalah untuk melihat apakah anggota lain sudah mengerjakan job dengan baik secara efektiv dan efisien. Jika masih ada yang belum terselesaikan, maka tugas PSDM adalah memberikan pelatihan dan pengetahuan terkait job yang telah diberikan.

Fokus utama pada bidang PSDM secara luas bukan hanya mencakup keorganisasian saja. Namun konsumen dan orang-orang yang ada di luar juga menjadi pertimbangan. Bagaimana agar organisasi tampak baik di depan perusahaan lain ataupun organisasi lain. Bagaimana agar produk dari organisasi dapat menarik bagi pelanggan dan konsumen. Kemampuan ini bukanlah kemampuan yang mudah di kuasai. Harus banyak latihan dan belajar.

Siapakah orang yang cocok dalam departemen PSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia) ?

Tidak semua orang bisa berada dalam posisi PSDM. Mereka harus memiliki kemampuan yang baik dalam berbagai bidang. Ketrampilan yang memadai dalam melakukan tugasnya dan tugas orang lain. Orang-orang yang ada dalam PSDM harus orang yang memiliki pengetahuan seputar organisasi dan job masing-masing di departemen lainnya. Mungkinkah anda orang yang dicari departemen PSDM ?

Biasanya orang yang berada dalam departemen ini adalah karyawan yang sudah bekerja lama. Jadi mereka tahu bagaimana seluk beluk organisasi dan mengerti job masing-masing departemen. Bisa juga merekrut orang baru yang memiliki ketrampilan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Ingat, berkomunikasi ini bukan hanya perilaku saja. Melainkan juga mencakup sikap, intelektual, dan cara menghadapi lawan bicaranya. Ia bisa mengatur dan mengendalikan orang lain, siapapun orang tersebut.

Tentu saja orang-orang seperti ini susah untuk di temui. Namun anda jangan khawatir. Karena komunikasi seperti ini bisa di pelajari. Biasanya orang-orang yang bekerja dalam departemen PSDM adalah lulusan psikologi yang mengambil konsentrasi psikologi perusahaan industri dan organisasi.

Maka berbahagialah anda para mahasiswa jurusan psikologi. Namun keuntungan tersebut jangan lantas membuat anda jumawa dan terlena, sikap dan tekad untuk selalu mengembangkan diri dan potensilah yang akan membuat anda sukses menjadi professional di bidang anda. Selamat belajar. Psikologi Mania

Untuk kerjasama pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia bersama Psikologi Mania/ Psikologi Indonesia anda dapat menghubungi kontak yang telah di sediakan atau via pesan di fanspage Psikologi Indonesia.


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia