Anxiety Disorder, Gangguan Psikologis Yang Banyak Muncul Di Dalam MasyarakatAnxiety disorder adalah salah satu gangguan psikologis yang umum dan banyak muncul di dalam masyarakat. Namun demikian, meskipun gangguan ini adalah gangguan psikologis yang banyak muncul di dalam masyarakat, banyak orang yang tidak menyadari munculnya hal ini. Banyak yang menganggap bahwa anxiety disorder yang mereka alami adalah gangguan jiwa dan beberapa bahkan tidak menyadari bahwa mereka mengalami anxiety disorder.

Apa Itu Anxiety Disorder?

Anxiety Disorder adalah suatu gangguan psikologis yang berhubungan dengan adanya gangguan kecemasan, dimana mereka yang mengalami gangguan ini seringkali merasa cemas dan kecemasan ini sangat mengganggu aktivitas dan kebermaknaan mereka sebagai manusia. Anxiety adalah suatu hal yang bisa muncul karena banyak hal, mulai dari pengalaman traumatis, hingga adanya masalah biologis dan juga kondisi lingkungan psikososial yang kurang baik.

Saat ini, terdapat beberapa macam bentuk dari gangguan ini mungkin beberapa diantaranya sudah pernah anda kenal, atau mungkin anda mengalami beberapa anxiety disorder ini. Nah, beberapa bentuk dari anxiety disorder adalah sebagai berikut ini:

  1. Gangguan Panik (Panic Attack)

Gangguan panik merupakan bagian atau bentuk anxiety disorder yang pertama. Gangguan panik ini merupakan gangguan kecemasan yang disertai rasa panik yang berlebihan pada seseorang.  Kebanyakan, gangguan panik atau panic attack ini bisa muncul pada dua hal, yaitu gangguan panik yang muncul bersamaan dengan fobia, dan gangguan panik yang muncul tanpa adanya fobia.

Mereka yang memiliki gangguan panik atau panic attack ini (terutama yang tidak disertai fobia) mengalami beberapa gejala, seperti :

  • Jantung yang berdebar kencang
  • Berkeringat
  • Gemetar dan tubuhnya berguncang
  • Sesak nafas, nafas tertahan dan sulit bernafas
  • Rasa seperti tercekik
  • Nyeri pada bagian rongga dada, dan muncul rasa tidak nyaman
  • Mual
  • Terasa pusing, berputar-putar dan bergoyang
  • Mati rasa
  • Dan berbagai macam gejala lainnya.

Pada mereka yang mengalami gangguan panik tanpa disertai oleh adanya fobia, biasanya gangguan panik sering muncul secara tiba-tiba tanpa adanya pemicu yang jelas. Serangan panik ini terjadi secara rekuren dan berulang, tanpa dikenali pemicu dan tanda-tanda kemunculannya. Berbeda dengan yang disertai dengan fobia, biasanya gangguan atau serangan panik akan muncul apabila dihadapkan dengan ketakutannya.

  1. Fobia

Siapa yang belum pernah mendengar gangguan kecemasan atau anxiety disorder yang satu ini? Fobia merupakan suatu bentuk anxiety disorder yang sepertinya banyak dialami oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga tua. Fobia merupakan suatu gangguan kecemasan yang muncul, ketika seseorang dihadapkan pada ketakutanny. Seseorang akan menjadi luar biasa cemas dan takut ketika dihadapkan dengan situasi, peristiwa, atau benda yang dianggap menakutkan.

Fobia terdiri dari banyak sekali bentuk, sesuai dengan situasi, peristiwa, atau benda yang ditakuti. Salah satu yang diyakini menjadi penyebab utama dari fobia adalah karena adanya trauma masa lalu, sehingga seseorang merasa takut dan cemas terhadap sesuatu.

Itulah 2 bentuk anxiety yang perlu anda ketahui. Masih ada 3 bentuk dari anxiety lainnya yang akan dibahas pada post berikutnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda mengenai apa itu anxiety.

  1. Obsessive Compulsive Disorder

  2. PTSD dan ASD

  3. GAD (Generalized Anxiety Disorder/Gangguan Kecemasan Umum). Selanjutnya