Anxiety Disorder, Gangguan Psikologis Yang Banyak Muncul Di Dalam MasyarakatAnxiety disorder adalah salah satu gangguan psikologis yang umum dan banyak muncul di dalam masyarakat. Namun demikian, meskipun gangguan ini adalah gangguan psikologis yang banyak muncul di dalam masyarakat, banyak orang yang tidak menyadari munculnya hal ini. Banyak yang menganggap bahwa anxiety disorder yang mereka alami adalah gangguan jiwa dan beberapa bahkan tidak menyadari bahwa mereka mengalami anxiety disorder.

Apa Itu Anxiety Disorder?

Anxiety Disorder adalah suatu gangguan psikologis yang berhubungan dengan adanya gangguan kecemasan, dimana mereka yang mengalami gangguan ini seringkali merasa cemas dan kecemasan ini sangat mengganggu aktivitas dan kebermaknaan mereka sebagai manusia. Anxiety adalah suatu hal yang bisa muncul karena banyak hal, mulai dari pengalaman traumatis, hingga adanya masalah biologis dan juga kondisi lingkungan psikososial yang kurang baik.

Saat ini, terdapat beberapa macam bentuk dari gangguan ini mungkin beberapa diantaranya sudah pernah anda kenal, atau mungkin anda mengalami beberapa anxiety disorder ini. Nah, beberapa bentuk dari anxiety disorder adalah sebagai berikut ini:

  1. Gangguan Panik (Panic Attack)

Gangguan panik merupakan bagian atau bentuk anxiety disorder yang pertama. Gangguan panik ini merupakan gangguan kecemasan yang disertai rasa panik yang berlebihan pada seseorang.  Kebanyakan, gangguan panik atau panic attack ini bisa muncul pada dua hal, yaitu gangguan panik yang muncul bersamaan dengan fobia, dan gangguan panik yang muncul tanpa adanya fobia.

Mereka yang memiliki gangguan panik atau panic attack ini (terutama yang tidak disertai fobia) mengalami beberapa gejala, seperti :

  • Jantung yang berdebar kencang
  • Berkeringat
  • Gemetar dan tubuhnya berguncang
  • Sesak nafas, nafas tertahan dan sulit bernafas
  • Rasa seperti tercekik
  • Nyeri pada bagian rongga dada, dan muncul rasa tidak nyaman
  • Mual
  • Terasa pusing, berputar-putar dan bergoyang
  • Mati rasa
  • Dan berbagai macam gejala lainnya.

Pada mereka yang mengalami gangguan panik tanpa disertai oleh adanya fobia, biasanya gangguan panik sering muncul secara tiba-tiba tanpa adanya pemicu yang jelas. Serangan panik ini terjadi secara rekuren dan berulang, tanpa dikenali pemicu dan tanda-tanda kemunculannya. Berbeda dengan yang disertai dengan fobia, biasanya gangguan atau serangan panik akan muncul apabila dihadapkan dengan ketakutannya.

  1. Fobia

Siapa yang belum pernah mendengar gangguan kecemasan atau anxiety disorder yang satu ini? Fobia merupakan suatu bentuk anxiety disorder yang sepertinya banyak dialami oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga tua. Fobia merupakan suatu gangguan kecemasan yang muncul, ketika seseorang dihadapkan pada ketakutanny. Seseorang akan menjadi luar biasa cemas dan takut ketika dihadapkan dengan situasi, peristiwa, atau benda yang dianggap menakutkan.

Fobia terdiri dari banyak sekali bentuk, sesuai dengan situasi, peristiwa, atau benda yang ditakuti. Salah satu yang diyakini menjadi penyebab utama dari fobia adalah karena adanya trauma masa lalu, sehingga seseorang merasa takut dan cemas terhadap sesuatu.

Itulah 2 bentuk anxiety yang perlu anda ketahui. Masih ada 3 bentuk dari anxiety lainnya yang akan dibahas pada post berikutnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda mengenai apa itu anxiety.

  1. Obsessive Compulsive Disorder

  2. PTSD dan ASD

  3. GAD (Generalized Anxiety Disorder/Gangguan Kecemasan Umum).

Anxiety Disorder, Gangguan Kecemasan Yang Banyak Muncul (Bagian kedua)Setelah anda memahami dua bentuk gejala anxiety disorder alias gangguan kecemasan pada post sebelumnya, maka kali ini akan dibahas mengenai 3 bentuk gangguan kecemasan lainnya. Berikut ini adalah 3 anxiety disorder, yang merupakan gangguan yang banyak muncul di masyarakat saat ini :

6. Obsessive Compulsive Disorder

Obsessive Compulsive Disorder atau gangguan obsesif kompulsif merupakan gangguan kecemasan berikutnya yang sering muncul, dan mungkin tidak disadari oleh banyak orang. gangguan kecemasan ini terdiri dari dua hal utama, yaitu masalah kompulsivitas dan obsesi terhadap suatu hal.

Kompulsi merupakan kondisi dimana seseorang melakukan kegiatan yang sama secara berulang-ulang kali, sedangkan obsesi, merupakan suatu pemikiran seseorang yang terlalu kuat terhadap satu hal. Gangguan kecemasan obsesif kompulsif ini menggabungkan kedua aspek kompulsi dan juga obsesi seseorang.

Beberapa contoh dari gangguan kecemasan yang mengarah kepada Obsessive Compulsive Disorder ini adalah:

  • Mencuci tangan berulang kali, karena terobsesi dengan kebersihan
  • Mandi berulang kali
  • Sebelum meninggalkan rumah, mengecek kunci pintu berulang-ulang kali, sehingga membuang waktu
  • Berulang-ulang kali melihat jam, padahal waktu baru berjalan sebentar

Anxiety disorder ini terkadang sangat merepotkan, karena sangat menghabiskan waktu. Misalnya saja dalam 1 hari, mereka yang mengalami gangguan kecemasan obsesif kompulsif ini bisa menghabiskan waktu lebih dari 10 hingga 50 kali kegiatan mencuci tangan. Dan ketika mereka belum mencuci tangan, mereka akan merasa sangat cemas, kepikiran, dan sulit berkonsentrasi akibat “ritual” cuci tangan mereka belum dilaksanakan

7. PTSD dan ASD

PTSD dan ASD merupakan anxiety disorder atau gangguan kecemasan berikutnya yang sering muncul. Kedua gangguan kecemasan ini bisa terjadi karena adanya peristiwa traumatis yang menyebabkan kemunculan stress, depresi, ataupun kecemasan.

PTSD merupakan kependekan dari Post Traumatic Stress Disorder, sedangkan ASD adalah kependekan dari Acute Stress Disorder. Perbedaan dari keduanya hanyalah terdapat pada rentang waktu terjadinya gejala gangguan kecemasan. ASD memiliki rentang waktu yang lebih singkat, sekitar 3 bulan saja sejak peristiwa traumatis terjadi, sedangkan PTSD lebih dari 3 bulan sejak peristiwa traumatis terjadi, bahkan bisa menahun apabila tidak ditangani dengan baik.

8. GAD (General Anxiety Disorder atau Gangguan Kecemasan Umum)

Sesuai dengan namanya, GAD merupakan suatu anxiety disorder dimana mereka yang mengalaminya merasa cemas dan takut akan hal-hal umum, seperti misalnya :

  • Takut akan masa depan
  • Cemas tidak akan diterima di sekolah pilihan
  • Takut tidak naik kelas
  • Takut akan kematian
  • Takut bertemu teman baru
  • Takut dan cemas akan nasib
  • Dan sebagainya

Intinya, gangguan anxiety disorder umum ini adalah munculnya ciri-ciri kecemasan (seperti layaknya yang muncul pada serangan atau gangguan panik) yang disebabkan oleh kondisi umum life problem yang sederhana dan tidak kompleks. Gangguan seperti ini banyak muncul ketika anda akan menghadapi situasi lingkungan yang baru, atau akan menghadapi sesuatu yang belum pernah anda alami sebelumnya.

Nah, itu adalah beberapa macam gangguan anxiety disorder yang umum dan banyak terjadi di dalam masyarakat. Jangan lupa, setiap masalah kecemasan sekecil apapun harus bisa diatasi dan ditangani dengan tepat, agar tidak menjadi masalah berkepanjangan. By: Eduardus Pambudi

Memahami beberapa gangguan dari sudut pandang psikolgi akan lebih baik saat memiliki dasar keilmuan yang mumpuni. Dalam psikologi memahami gangguan psikologi dipelajari dalam ilmu psikologi abnormal , dimana kita akan memahami beberapa macam gangguan-gangguan dalam psikologi. Buku Psikologi abnormal JILID 1 DAN JILID 2 di bawah ini bisa anda dapatkan di PSIKOMA SHOP dengan harga terjangkau, persediaan terbatas.