Anxiety Disorder, Gangguan Kecemasan Yang Banyak Muncul (Bagian kedua)Setelah anda memahami dua bentuk gejala anxiety disorder alias gangguan kecemasan pada post sebelumnya, maka kali ini akan dibahas mengenai 3 bentuk gangguan kecemasan lainnya. Berikut ini adalah 3 anxiety disorder, yang merupakan gangguan yang banyak muncul di masyarakat saat ini :

  1. Obsessive Compulsive Disorder

Obsessive Compulsive Disorder atau gangguan obsesif kompulsif merupakan gangguan kecemasan berikutnya yang sering muncul, dan mungkin tidak disadari oleh banyak orang. gangguan kecemasan ini terdiri dari dua hal utama, yaitu masalah kompulsivitas dan obsesi terhadap suatu hal.

Kompulsi merupakan kondisi dimana seseorang melakukan kegiatan yang sama secara berulang-ulang kali, sedangkan obsesi, merupakan suatu pemikiran seseorang yang terlalu kuat terhadap satu hal. Gangguan kecemasan obsesif kompulsif ini menggabungkan kedua aspek kompulsi dan juga obsesi seseorang.

Beberapa contoh dari gangguan kecemasan yang mengarah kepada Obsessive Compulsive Disorder ini adalah:

  • Mencuci tangan berulang kali, karena terobsesi dengan kebersihan
  • Mandi berulang kali
  • Sebelum meninggalkan rumah, mengecek kunci pintu berulang-ulang kali, sehingga membuang waktu
  • Berulang-ulang kali melihat jam, padahal waktu baru berjalan sebentar

Anxiety disorder ini terkadang sangat merepotkan, karena sangat menghabiskan waktu. Misalnya saja dalam 1 hari, mereka yang mengalami gangguan kecemasan obsesif kompulsif ini bisa menghabiskan waktu lebih dari 10 hingga 50 kali kegiatan mencuci tangan. Dan ketika mereka belum mencuci tangan, mereka akan merasa sangat cemas, kepikiran, dan sulit berkonsentrasi akibat “ritual” cuci tangan mereka belum dilaksanakan

  1. PTSD dan ASD

PTSD dan ASD merupakan anxiety disorder atau gangguan kecemasan berikutnya yang sering muncul. Kedua gangguan kecemasan ini bisa terjadi karena adanya peristiwa traumatis yang menyebabkan kemunculan stress, depresi, ataupun kecemasan.

PTSD merupakan kependekan dari Post Traumatic Stress Disorder, sedangkan ASD adalah kependekan dari Acute Stress Disorder. Perbedaan dari keduanya hanyalah terdapat pada rentang waktu terjadinya gejala gangguan kecemasan. ASD memiliki rentang waktu yang lebih singkat, sekitar 3 bulan saja sejak peristiwa traumatis terjadi, sedangkan PTSD lebih dari 3 bulan sejak peristiwa traumatis terjadi, bahkan bisa menahun apabila tidak ditangani dengan baik.

  1. GAD (General Anxiety Disorder atau Gangguan Kecemasan Umum)

Sesuai dengan namanya, GAD merupakan suatu anxiety disorder dimana mereka yang mengalaminya merasa cemas dan takut akan hal-hal umum, seperti misalnya :

  • Takut akan masa depan
  • Cemas tidak akan diterima di sekolah pilihan
  • Takut tidak naik kelas
  • Takut akan kematian
  • Takut bertemu teman baru
  • Takut dan cemas akan nasib
  • Dan sebagainya

Intinya, gangguan anxiety disorder umum ini adalah munculnya ciri-ciri kecemasan (seperti layaknya yang muncul pada serangan atau gangguan panik) yang disebabkan oleh kondisi umum life problem yang sederhana dan tidak kompleks. Gangguan seperti ini banyak muncul ketika anda akan menghadapi situasi lingkungan yang baru, atau akan menghadapi sesuatu yang belum pernah anda alami sebelumnya.

Nah, itu adalah beberapa macam gangguan anxiety disorder yang umum dan banyak terjadi di dalam masyarakat. Jangan lupa, setiap masalah kecemasan sekecil apapun harus bisa diatasi dan ditangani dengan tepat, agar tidak menjadi masalah berkepanjangan. Sebelumnya | By: Eduardus Pambudi