Anda Mudah Bahagia dan Sedih? Mungkin Anda Terkena Gangguan Bipolar

Anda Mudah Bahagia dan Sedih? Mungkin Anda Terkena Gangguan Bipolar

February 20, 2017 Off By admin

Apakah anda pernah mengalami gejala terlalu senang sekali ? Lantas dengan cepat berubah menjadi merasa sangat sedih dan murung ? Hal ini terjadi dalam kurun waktu yang cepat ? Jika pernah mengalami, mungkin anda terkena gangguan bipolar! Hati – hati dengan gangguan ini.

Apakah anda mengenal artis cilik Marshanda ? Dia adalah salah satu artis yang diduga mengalami gangguan bipolar. Dimana ia mengalami perubahaan mood atau perasaan yang cukup cepat. Awalnya ia merasa sangat senang sekali. Lantas kemudian menjadi sangat sedih dan murung. Gangguan ini dalam ilmu psikologi juga di sebut dengan nama manic depresif.

Mengenal Apa Itu Bipolar

lalu, seperti apakah bentuk gangguan bipolar tersebut ? Apakah hal tersebut berbahaya jika mengenai seseorang ?

Gangguan bipolar adalah salah satu bentuk gangguan mood atau perasaan seseorang yang mana bisa mengalami perubahan suasana hati dalam rentang waktu yang cepat. Perubahan perasaan ini sangat fluktiatif, drastis, dan sangat cepat. Mungkin anda bisa melihat dengan kondisi awal dimana para penderitanya mengalami perasaan manic dan bahagia ria jenaka.

Mereka tertawa sampai terbahak – bahak atas segala sesuatu yang sangat mereka sukai. Namun di sisi lain, tiba – tiba kondisinya menjadi sangat murung. Bahkan ia sampai menangis meronta – ronta.

Seseorang yang mengalami gangguan tresebut biasanya mengalami 2 episode dalam sehari – hari. Episode pertama ia mungkin berada di dalam kondisi naik, yang mana hal tersebut di tandai dengan perasaan senang dan juga bahagia.

Biasanya kondisi ini akan membuat para penderitanya tampak seperti penuh semangat, ceria, penuh energi serta intonasi bicaranya yang relatif cepat. Lantas ia juga mengalami episode turun atau episode depresi. Subyek akan tampak sangat sedih dan juga murung. Fisiknya menjadi lelah, loyo, dan hilang minat dalam melakukan beragam aktivitas sehari – harinya.

Periode yang dilalui oleh para penderita bermacam – macam. Ada yang merasa manic dengan keadaan sangat senang. Lantas ia mengalami kondisi mood yang normal. Namun tiba-tiba ia merasakan kesedihan. Begitu pun terus sampai pada satu periode berlangsung. Ada juga yang mengalami sebuah periode sedih terlebih dahulu. Lantas ia berada dalam kondisi normal. Baru setelah itu ia merasakan hati yang sangat senang.

Namun ada juga penderita pada gangguan ini yang mengalami ke dua episodik ini secara langsung. Jadi posisinya secara bersamaan ia merasa enerjik, penuh semangat, namun di saat yang sama ia juga merasa senang dan putus asa. Hal ini susah untuk di identifikasi, karena subjek mengalami ke dua masa periode berbeda secara bersamaan. Jenis gejala dari gangguan ini di sebut dengan sebuah istilah mixed state bipolar.

Penyebab terjadi gangguan bipolar

Penyebab terjadinya gangguan dari bipolar tak begitu saja terjadi tiba-tiba. Melainkan terdapat sebuah penyebab yang membuat mengapa hal ini dapat menjadi seperti itu. Salah satunya adalah penyakit gangguan kepribadian bipolar. Gangguan bisa di sebabkan karena banyak hal.

Penyebab gangguan bipolar pertama bisa terjadi adalah karena adanya suatu perubahan kondisi di neuro transmitter. Zat ini pun juga biasa di kenal dengan sebutan zat kimiawi dalam otak. Penggunaan neuro transmittter ini biasanya di gunakan untuk mengontrol kondisi otak. Jika seseorang mengalami gangguan bipolar karena masalah neuro transmitter, hal tersebut berarti memang secara biologis atau herediter ia telah terserang gangguan bipolar. Dengan kata lain penyebab ia terganggu gangguan ini, di sebabkan oleh karena faktor dari keturunan.

Alasan lain yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan bipolar adalah karena faktor lingkungan. Maksudnya adalah saat ia tidak bisa menangani masalah stress yang ada. Lingkungan yang keras membuat seseorang tidak bisa menyelesaikan masalahnya. Bisa juga karena adanya gejala traumatis karena hal – hal yang sangat menekan perasaan. Orang yang mengalami kecanduan narkoba dan obat – obatan terlarang juga bisa mengalami gangguan ini.

Beberapa hal yang membuat anda mudah bahagia dan sedih tersebut secara bersamaan adalah karena gangguan yang satu ini. Oleh itu apabila anda telah memiliki gejalanya, maka sebaiknya anda segera untuk konsultasi dengan para professional terdekat seperti psikiater atau psikolog. By: Izzatur Rosyida

Baca juga artikel sebelumnya agar anda semakin memahami sebuah gangguan dalam psikologi WAH, TERNYATA INILAH 10 GANGGUAN KEPRIBADIAN MANUSIA MENURUT PSIKOLOGI