Apasih Yang Menjadi Penyebab Anak Usia Sekolah Dasar Sulit Di Atur?

Apasih Yang Menjadi Penyebab Anak Usia Sekolah Dasar Sulit Di Atur?

February 5, 2017 Off By admin

Apasih Yang Menjadi Penyebab Anak Usia Sekolah Dasar Sulit Di Atur?Nama : salma
E-mail : aaleyaxxx@gmail.com
Judul : anak yang tantrum (Permasalahan yang terjadi pada anak usia sekolah dasar)
Isi Konsultasi : selamat siang, anak saya berumur 7thn, semenjak masuk sekolah sd tingkah dan kelakuannya semakin menjadi pemberontak, pemarah, dan di sekolah suka bikin ulah,dalam pelajaran sih nilainya selalu baik,dalam pelajaran ingatannya baik, tapi kenapa dalam sehari hari misalnya tempat minum selalu lupa dibawa pulang,buku sekolah terlupa dimana letaknya, bagaimana cara mengajarkannya yah, supaya dia lebih mau mendengarkan dan mematuhinya.

Jawaban

Permasalahan anak usia sekolah dasar – Untuk mba salmah semoga tetap semangat dalam mendidik anaknya.

Sebelumnya mungkin judul yang tepat pada konsultasi ini bukan anak yang tantrum, mungkin akan lebih tepat adalah cara mengatasi anak yang sulit di atur.

Karena tantrum itu sendiri lazim di alami oleh anak usia 1 – 5 tahun. Tantrum itu sendiri dapat di artikan sebagai sebuah perilaku ataupun Sikap yang mana ditunjukan berupa rasa tak senang pada suatu objek maupun lingkungannya. Perilaku tersebut dapat berupa menangis, memukul, memaki-maki, hingga menyakiti diri sendiri.

Sebelum kita mengajarkannya agar mau menurut pada diri kita, ada baiknya kita untuk memahami anak terelbih dahulu. Memahami anak ini, dalam artian mengerti apa yang sedang menjadi kebutuhan si anak. Baik itu kebutuhan akan emosionalnya seperti kasih sayang, perhatian, cinta, dan pengertian. Hingga kebutuhan lain seperti harapan, pendapatnya, apa yang dirasakannya, dan apa yang di inginkannya saat itu.

Jika kita telah memahami hal-hal di atas maka kita dapat memenuhinya terlebih dahulu. Jika beberapa kebutuhan tersebut ada yang dirasa memberatkan anda, maka anda dapat mencari solusi penggantinya, dengan tetap berkomunikasi dengannya. Ingat komunikasi yang dilakukan jika tidak sejalan dengan apa yang di maui anak, sebagai orang tua kita tetap harus bersabar dan konsisten menggunakan tutur kata yang baik dan penuh kasih sayang. Meskipun tetap harus menampilkan ketegasan.

Lalu bagaimana jika anak masih saja belum mau menurut dan justru membangkang?

Jika terjadi seperti itu, maka anda dapat menindak dengan ketegasan seperti memperingatkannya, dan berilah hukuman yang tidak membuatnya tersakiti. Hukuman tersebut dapat berupa mencabut hal-hal yang menjadi kesenangannya, misalkan saja anda memboikot sementara permainan/ game yang  sangat disenanginya.

Permasalahan Anak Usia Sekolah Dasar

Langkah selanjutnya berkenaan dengan yang terjadi di sekolah.

Menurut analisis saya, apa yang tengah terjadi pada anak anda, seperti suka membuat ulah, pemberontak, pemarah ada baiknya terlebih dahulu memperhatikan lingkungannya. Karena anak adalah makhluk peniru ulung. Jika orang di sekitarnya secara tidak langsung saat sedang kesel, dan sebel meluapkan amarah yang kebetulan saat itu ada anak yang melihat maka hal tersebutlah yang membuat anak menganggap apa yang dilakukannya adalah hal yang biasa. Toh orang-orang melakukan hal serupa, begitulah pikirnya.

Akhirnya pada saat ia tidak setuju dengan pendapat atau masukan, dan nasehat orang lain termasuk orang tuanya membuat si anak melampiaskan persis seperti apa yang dilihat dan ditirunya. Ingat anak adalah seorang peniru ulung.

Selain karena modeling (meniru) sifat anak anda tersebut dapat pula dikarenakan, usia anak yang memasuki fase aktif untuk bergerak. Anak usia sd tersebut terlebih 7 tahun adalah masa-masa anak senang untuk bergerak dan beraktivitas. Ia membutuhkan hal-hal konkret untuk diketahui dalam kehiudpannya.

Maka jangan heran, sistem pembelajaran yang terlalu kaku membuat anak tidak betah untuk bertahan dalam suasana pembelajaran. Penting sekali sang guru yang mengajarnya di kelas untuk aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran tersebut. Mungkin jika ada guru di sekolah anak, bisa diinformasikan informasi yang telah dirilis psikoma di artikel sebelumnya mengenai Mengenal Teknik Mengajar Guru Masa Kini.

Dengan mempelajari teknik mengajar tersebut harapannya guru dapat menyesuaikan metode mengajar dari anak-anak seusianya. Tentu sangat tidak efektif bukan, di masa-masa aktif seperti anak usia 7 tahun justru di ajarkan hal-hal yang monoton, duduk, dan mendengarkan pembelajaran yang membosankan. Jika hal tersebut dilakukan maka ada beberapa kemungkinan yang terjadi pada anak yang tidak mampu menyesuaikan; aktif bergerak (mengganggu temannya, berbuat gaduh, ribut dan lain sebagainya), hingga mencari perhatian orang lain.

Selain hal di atas, sejatinya anak yang sering membuat gaduh dan onar, sebenarnya hal tersebut adalah media mereka untuk memberi taukan bahwa ia butuh perhatian dari Anda. Hanya saja, karena kemampuan bahasa yang masih sangat terbatas, akhirnya mereka menyampaikan dengan cara-cara yang tidak semestinya di lakukan.

Dan kembali lagi yang terakhir pada konsultasi ini, saran saya adalah cobalah untuk mereview sejenak, apakah pola asuh yang diterapkan pada anak sudah tepat? karena gaya pola asuh sangat berperan dalam membentuk kepribadiannya. Selalu memahami penyebab anak melakukan hal tertentu adalah kunci dari memberikan pendidikan, baik itu di lingkungan keluarga, atau lingkungan sekolah. Terlebih hal yang berkaitan dengan permasalahan anak usia sekolah dasar. Semoga anda tetap semangat untuk mendidik dan memahami anak hingga ia menjadi generasi terbaik bagi negeri ini. Psikologi Mania