Anak Saya Tidak Naik Kelas, Sebenarnya Apa Yang Terjadi Ya?

Anak Saya Tidak Naik Kelas, Sebenarnya Apa Yang Terjadi Ya?

May 19, 2017 Off By Admin

Anak Saya Tidak Naik Kelas, Sebenarnya Apa Yang Terjadi Ya? Kenaikan kelas merupakan salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu, sekaligus paling menegangkan baik bagi orangtua maupun bagi si anak. Sayangnya, kenaikan kelas tidak dijamin 100%, karena ada banyak persyaratan nilai-nilai tertentu yang harus diraih oleh si anak. Tentu saja kita tidak akan membahas mengenai metode belajar ataupun kurikulum yang masih banyak kekurangan, namun pembahasan akan difokuskan kepada mengapa anak anda mengalami tinggal kelas, alias tidak naik kelas?

Tidak naik kelas memang merupakan kasus yang umum terjadi pada jenjang sekolah, mulai dari SD hingga SMA. Namun, bagi anak-anak, terutama yang duduk pada bangku SD, hal apa sih yang menyebabkan mereka bisa mengalami tinggal kelas? Apa iya seorang anak yang tinggal kelas memang merupakan anak yang mengalami gangguan? Yuk simak beberapa masalah yang bisa menyebabkan seorang anak mengalami tinggal kelas :

  1. Intellectual Disorder

Merupakan nama lain dari Retardasi Mental, atau bisa dibilang anak dengan IQ dibawah rata-rata. Dengan berbagai pengetesan IQ, akan sangat mudah mendeteksi apakah seorang anak mengalami masalah ini. Maka, dapat dipastikan bahwa anak yang mengalami masalah ini akan mengalami kesulitan dalam belajar di sekolah reguler, dan kemungkinan mengalami tinggal kelas akan lebih besar.

  1. ADHD

ADHD merupakan gangguan dimana si anak tidak mampu atau gagal fokus dan mengalami gejala hiperaktif. Secara garis besar, anak yang mengalami ADHD ini biasanya akan sangat sulit belajar, mudah bosan dengan mata pelajaran, bosan dengan rutinitas, dan tentu saja sangat hiperaktif dan juga mengganggu di kelas.

  1. Masalah fisik dan biologis

Tidak hanya dari sisi psikologis, namun dari segi fisik, seorang anak juga bisa mengalami masalah tinggal kelas. Seperti misalnya gangguan pada syaraf, perkembangan kognitif yang kurang optimal, gizi buruk, dan berbagai macam masalah fisik dan biologis lainnya dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan seorang anak mengalami tinggal kelas.

  1. Metode belajar yang kurang tepat

Tidak tepatnya metode belajar yang dianut juga bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan seorang anak mengalami tinggal kelas. Misalnya di rumah, tidak ada pengawasan ketika si anak mengerjakan tugas sekolah, sehingga tugasnya terbengkalai dan akhirnya tidak naik kelas. Orangtua yang terlalu memaksakan anaknya belajar juga kemungkinan bisa mengalami hal yang sama.

  1. Learning disorder

Seorang anak mengalami tinggal kelas juga bisa disebabkan oleh gangguan belajar. Misalnya belum bisa membaca, mengalami diskalkulia, disleksia, dan berbagai macam gangguan belajar lainnya. Hal ini dapat menjadi faktor kuat lainnya yang menyebabkan si anak mengalami tinggal kelas.

  1. Masalah sosial

Bullying, kekerasan di sekolah, atau masalah sosial yang terjadi pada anak-anak di lingkungan sekolah bisa jadi menjadi penyebab si anak mengalami tinggal kelas. Anak merasa takut dengan lingkungan sekolahnya, dan juga lingkungan sosialnya, sehingga menyebabkan si anak menjadi bermasalah dalam proses belajar mengajar.

Nah, itu adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan seorang anak mengalami tinggal kelas. Sebisa mungkin sebagai orangtua, anda harus bisa mendeteksi apakah faktor-faktor tersebut muncul pada anak anda, sehingga dapat meminimalisir kejadian tinggal kelas pada anak-anak. By: Eduardus Pambudi