Alasan Sesorang Menjadi Pemimpin Dalam KelompoknyaAlasan Sesorang Menjadi Pemimpin. Pemimpin merupakan salah satu unsur yang di butuhkan dalam sebuah kelompok, baik itu organisasi keagamaan, pendidikan, komunitas, hingga organisasi profit. Pemimpin dalam pengertian teoritis disebutkan bahwasanya, pemimpin secara umum dapat dimaknai dengan seorang yang memiliki kemampuan dalam mengakomodir, mempengaruhi, dan memberikan perintah kepada para bawahannya. Pemimpin adalah seorang yang memiliki wibawa dan kharisma dalam setiap penampilannya, yang dirasakan oleh para anggotanya.

Ada beberapa jenis pemimpin dalam teori psikologi sosial mengenai leadership tersebut, beberapa jenisnya tersebut adalah Kharismatik, Paternalistis, Militeristik, Otokratis, Tipe Kepemimpinan Laissez Faire, populis, administratif atau eksekutif, dan yang terakhir adalah demokratis.

Selanjutnya tipe gaya kepemimpinan yang populer di terapkan di beberapa organisasi saat ini adalah tipe kepemimpinan bergaya demokratis.

Selain adanya tipe gaya kepemimpinan, terdapat pula faktor yang menyebabkan seseorang tersebut menjadi  pemimpin di dalam keolompoknya. Faktor tersebut dapat kita lihat dari pemaparan berikut ini menurut William Foote Whyte.

Faktor penentu seseorang menjadi seorang pemimpin

  1. Optional Leadership

Seseorang berhasil menjadi pemimpin di antara kelompoknya disebabkan oleh adanya faktor, banyaknya ia memiliki inisiatif yang mampu untuk menarik dan dinamis di dalam kelompoknya. Ia pun memiliki sebuah pengabdian yang tulus apa yang dikerjakannya, menunjukan sebuah prestasi kerja yang baik daripada anggota di dalam kelompoknya.

  1. Popularity

Mereka yang menjadi pemimpin juga disebabkan oleh seberapa banyaknya orang lain yang mengenal dirinya. Konsep inilah yang terdapat di dalam popularity.

  1. The Assumed Representative

Seorang menjadi pemimpin dikarenakan ia mampu untuk menyuarakan aspirasi dari kelompoknya. Ia mampu menjadi representasi harapan dan keinginan kelompok yang di pimpinnya.

  1. The Prominent Talent

Seseorang yang memiliki faktor bakat dan menonjol daripada anggota di dalam kelompok itu sendiri. Pemimpin tersebut biasanya memiliki sejumlah prestasi yang menakjubkan daripada mereka yang menjadi anggota kelompok yang dipimpinnya.

Itulah beberapa hal ataupun alasan mengapa seseorang berhasil menjadi seorang pemimpin di dalam kelompoknya. Bagi anda yang menginginkan untuk menjadi seorang pemipin maka, hal-hal di atas itulah yang seharusnya anda kembangkan. by: Muhamad Fadhol Tamimy