7 Alasan Mengapa Seseorang suka berbohong ?

7 Alasan Mengapa Seseorang suka berbohong ?

February 12, 2017 Off By admin

7 Alasan Mengapa Seseorang suka berbohong ?Alasan Berbohong – Pernah kah kamu berkata tidak jujur ? Pernahkan kamu menutupi kebenaran ? Pernahkan kamu mengatakan suatu hal yang tidak pernah terjadi ? Atau hanya mengarang cerita agar tampak baik di mata orang ? Hampir semua orang pasti pernah melakukan semua hal – hal tersebut. Bohong menjadi suatu hal yang semua orang pernah mengalami dan melakukannya.

Banyak alasan mengapa orang melakukan kebohongan. Baik itu kebohongan untuk menutupi kebenaran, berbohong untuk melindungi harga diri, berbohong agar tidak tampak buruk di mata orang lain, dan kebohongan – kebohongan yang lainnya. Kebiasan buruk ini menjadi hal yang ‘lumrah’ bahkan biasa di lakukan hampir semua orang. Padahal ini adalah suatu hal yang buruk, untuk diri sendiri dan orang lain.

Alasan orang berbohong

Lantas, sebenarnya alasan apa yang menyebabkan seseorang menjadi kecanduan untuk berbohong ? Mengapa banyak orang melakukan bertubi – tubi kebohongan untuk menutupi dirinya ? Alasan apa setiap orang melakukan kebohongan – kebohongan ini ?

  1. Takut yang sangat tinggi

Alasan utama seseorang untuk melakukan kebohongan adalah karena adanya rasa takut. Perasaan ini cukup tinggi, sehingga membuat seseorang harus melakukan kebohongan untuk menutupi rasa takutnya. Misal, ketika anda takut di phk dari perusahaan. Ketika melakukan kesalahan, anda terpaksa berbohong atau tidak mengaku. Tujuannya adalah agar tidak di pecat.

  1. Mendapatkan hukuman

Alasan lain yang menyebabkan seseorang berbohong adalah karena takut mendapatkan hukuman. Biasanya kesalahan yang di buat ini cukup besar (bagi diri pelaku). Sehingga mereka terpaksa berbohong agar tidak mendapatkan hukuman. Misal dengan mengganti nilai 3 pada ujian matematika dengan nilai 8 agar tidak di hukum ayah saat di rumah.

  1. Agar tampak baik di mata orang lain

Biasanya orang – orang melakukan kebohongan adalah ingin tampak keren. Apalagi di depan seseorang yang membuat diri anda tertarik. Misal berbohong pada saat ujian. DI gambarkan bahwa anda adalah anak yang pandai. Namun suatu hari, anda tidak bisa belajar saat persiapan ujian. Lantas melakukan kecurangan dalam ujian yakni dengan mencontek. Tujuannya adalah agar tetap mendapatkan nilai baik. Kebohongan ini di maksudkan agar selalu tampak baik di mata orang lain.

  1. Menjaga citra diri

Biasnaya ini di lakukan pada orang – orang yang memiliki harga diri dan gengsi yang tinggi. Ia akan bertahan menjaga citra dirinya meskipun dalam keadaan terjepit sekalipun. Kebohongan demi citra diri ini biasa di lakukan oleh orang – orang yang memiliki status sosial tinggi. Misal berbohong bahwa dirinya adalah pebisnis yang sukses, padahal dirinya susah keras mencari utang piutang ke sana kemari.

  1. Untuk menarik perhatian lawan jenis

Ada kebohongan lain yang memang bertujuan pada hal – hal yang simpel. Yakni kebohongan yang di lakukan lelaki pada wanita maupun wanita pada lelaki. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian lawan jenis. Seperti lelaki yang di ajak jalan – jalan wanita. Di tengah jalan, ia mengungkapkan bahwa ia adalah pekerja keras dengan memiliki banyak usaha. Padahal aslinya ia adalah pengangguran yang sedang cari kerjaan. Agar tampak keren dan bisa menarik perhatian lawan jenis, biasanya mereka berbohong.

  1. Untuk hiburan orang lain

Lantas, masih ada alasan lain yang menyebabkan seseorang melakukan kebohongan. Yakni bertujuan untuk hiburan. Misalnya dengan mengarang – arang cerita di depan orang lain dengan ekspresi yang menggebu – gebu. Lantas orang lain yang melihat akan terhibur dengan gurauannya. Kebohongan ini juga tidak baik untuk di lakukan, meskipun memiliki tujuan yang baik.

  1. Meningkatkan Derajat Sosial Diri

Alasan lain yang kerap dilakukan oleh seseorang yang bohong adalah, dikarenakan agar mendapatkan derajat sosial tinggi di lingkungan sekitarnya. Bisa jadi apa yang dilakukan berhasil, namun terkadang saat kebohongan yang di perbuatnya terbongkar, justru dapat merusak drajat sosial diri di lingkungan sekitarnya. Oleh sebab itu hindari melakukan kebohongan ya guys.

Kebohongan pada dasarnya memang tidak pernah baik untuk di lakukan. Sama sekali tidak ada istilah ‘kebohongan putih’. Karena di mana – mana kebaikan itu tidak bisa di peroleh dengan cara yang baik. Salam. By: Izatur Rosyida