Banyak yang bertanya, apa sih yang menyenangkan dari kuliah psikologi? Kan isinya cuman teori-teori doang yang susah dipraktekin. Udah gitu, lulus S1 juga belum bisa praktek. Mungkin kamu pernah mendengar perkataan seperti ini. Namun demikian, ternyata kuliah psikologi itu menyenangkan loh. Meskipun akan dihadapkan pada banyak sekali teori tentang ilmu psikologi, dan juga apabila lulus juga belum berhak membuka praktek, namun kuliah psikologi adalah hal yang sangat menyenangkan. Tidak percaya? Yuk simak beberapa alasan mengapa kuliah psikologi itu menyenangkan:

  1. Belajar mengenal diri sendiri

Ini Dia Alasan Mengapa Kuliah Psikologi Itu MenyenangkanDi dalam ilmu psikologi, kita akan banyak belajar tentang teori-teori psikologi kepribadian, sosial, dan perilaku manusia. Nah, dengan mempelajari ilmu psikologi, sama saja dengan kita mempelajari diri kita sendiri. Kita jadi lebih tahu kepribadian kita seperti apa, kira-kira kita adalah orang yang rentan terhadap stress atau tidak. Dan yang lebih serunya lagi, apabila kita serius dalam mempelajari ilmu psikologi, kita bisa melakukan self healing, alias menyelesaikan masalah kita sendiri. Menarik bukan?

  1. Bisa mengaplikasikan teori psikologi ke kehidupan sehari-hari

Ini Dia Alasan Mengapa Kuliah Psikologi Itu Menyenangkan

Bagi orang yang kreatif, teori psikologi yang dipelajari di dalam kuliah psikologi pastinya akan sangat bermanfaat apabila diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja teori behavior tentang perubahan perilaku. Karena sudah memahami dasar teorinya, maka kita akan lebih mudah menerapkan teori ini, misalnya mengubah perilaku adik kita yang malas belajar.

  1. Bisa membantu orang lain

Ini Dia Alasan Mengapa Kuliah Psikologi Itu Menyenangkan

Nah, alasan yang satu ini berkaitan dengan point ke dua. Apabila kita bisa memahami kuliah psikologi dengan baik dan mampu mengaplikasikan ilmu psikologi dengan baik, maka kita akan lebih mudah membantu orang lain. Minimal, kita bisa menjadi pendengar yang baik ketika orang lain sedang mengalami masalah. Hanya dengan menjadi pendengar yang baik, maka kita sudah bisa membantu orang lain membuat perasaannya menjadi lebih tenang bukan?

  1. Bisa memahami orang lain lebih baik lagi

Ini Dia Alasan Mengapa Kuliah Psikologi Itu Menyenangkan

Kok bisa sih dia melakukan hal itu? Kok bisa sih kamu balikan lagi dengan mantan pacar kamu yang jahat itu? Nah pertanyaan seperti ini akan lebih mudah dijawab apabila kita mempelajari ilmu psikologi. Dalam psikologi terdapat banyak faktor (multi faktor) yang menyebabkan seseorang melakukan hal tertentu. Dengan mempelajari psikologi, kita akan lebih mudah memahami mengapa sih dia bisa melakukan hal tersebut? Ketika kita mampu untuk memahami orang lain lebih baik, maka kita pun bisa membantu orang lain dengan lebih baik pula.

  1. Bisa melihat dari sudut pandang yang berbeda

Ini Dia Alasan Mengapa Kuliah Psikologi Itu MenyenangkanBelajar ilmu psikologi bisa membuat kita melihat hal-hal dari sudut pandang yang berbeda. Ketika seseorang melakukan hal yang negatif misalnya, mereka yang mempelajari ilmu psikologi dengan baik akan mampu untuk melihat hal positif di dalam diri orang lain. Hal ini akan membuat kira tidak mudah men-judge orang lain. Banyaknya sudut pandang pemikiran di dalam teori psikologi juga akan mempermudah kita untuk belajar melihat situasi dari sudut pandang yang berbeda.

Nah, itu adalah 5 alasan mengapa kuliah psikologi sangat menyenangkan. Bagi anda yang senang menolong orang dan berjiwa sosial tinggi, maka psikologi adalah salah satu jurusan yang cocok untuk anda tekuni.