Alasan Mengapa Kamu Harus Berteman Dengan Orang Yang BaikManusia bukanlah makhluk individu akan tetapi membutuhkan orang lain untuk bertahan hidup. Contohnya jika anda sakit anda butuh dokter yang merawat selalin adanyaTuhan. Meskipun bukan soal hidup bersama dimasa depan, namun kenyataanya memilih teman sama membingungkannya dengan memilih pasangan hidup. Masih ingatkan tentang perintah gurumu dulu “jangan pili-pilih teman” kitaharus berteman dengan siapapun dari kalangan manapun.

Memang kita diajarkan untuk tidak memilih teman dari hal apapun, karena semuanya hanya membuat kita tidak memiliki banyak teman bahkan tidak memiliki teman sama sekali. Yang harus kita lakukan adalah selektif dalam memilih teman, baik buruknya yang akan berdampak pada diri kita sendiri. Berikut ulasan tentang alasan mengapa kamu harus berteman dengan orang yang baik :

  1. Karakter diri

Alasan mengapa kamu harus berteman dengan orang baik yang pertama ialah karakter yang akan terbentuk dari lingkunganmu. Teman adalah hal kedua yang mempengaruhi kepribadianmu. Ketika kamu berada dilingkungan pertemannan yang kurang baik, maka secara tidak langsung kamu akan mengikuti gaya kehidupan dia dan terbentuklah karakter yang tidak baik pada dirimu. Begitu sebaliknya ketika kamu berada dalam pertemanan yang baik, maka kepribadianmu akan terbentuk baik pula. Lingkaran pertemanan adalah faktor yang membentuk masa depanmu. Pertemanan yang positif akan memotivasi dirimu untuk hidup lebih baik dan dewasa.

  1. Potensi diri

Potensi yang ada di dalam dirimu bisa berkembang pesat bila kamu berada di antara orang-orang yang baik, yang memberikanmu energi positif. Memang setiap orang memiliki potensi yang berbeda, namun dengan memiliki teman yang baik, yang memiliki potensi lain kalian bisa saling membagi ilmu dan sama-sama menggali potensi diri kalian. Dan dapat memaksimalkan potensi kalian.

  1. Teman sebagai arahan hidupmu

Mengapa berteman dengan yang baik sebagai arahan hidupmu. Karena fungsi teman bukan hanya sekedar dapat diajak jalan. Namun teman tempat dirimu berbagi masalahmu, dia yang memberikan arah yang baik ketika emosi melandamu. Mereka yang bisa menetralisir keadan yang buruk menjadi baik. Jikakamu berteman dengan teman yang tidak baik, maka merekabukannyameredakan situasi malah membuat keadaan semakin rumit, bahkan tidak membantumu sama sekali. Begitulah peran teman yang sesungguhnya, dikalaka kamu menjadi api dan dia menjadi air begitu sebaliknya.

  1. Pandangan orang lain terhadapmu dapat dipengaruhi bagaimana temanmu

Berteman dengan pandai besi, maka kamu akan terkena percikan apinya. Berteman dengan penjual parfum , maka kamuikut terkena wanginya. Begitu juga dalan ranah pertemanan, buruk kelakuan teman, maka buruk pula pandangan orang terhadap dirimu. Namun balik lagi ke diri masing-masing, tergantung bagaimana kamu menyikapi hal tersebut. Jika kamu bisa merubah mereka ke jalan yang seharusnya, maka tidak perlu menghindari mereka.

  1. Bukan tentang perbedaan namun berteman dengan orang-orang baik membawa pengaruh yang baik juga

Ketika kamu memilih-milih teman bukan berarti kamu tidak menghargai sebuah perbedaan atau membeda-bedakan orang lain. Yang lebih penting ialah karakter, boleh saja berteman dengan siapapun, asalkan kamu bisa memilah mana yang berdampak baik atau buruk terhadap dirimu. Karena hal yang negatif hanya akan membuatmu rugi. Inilah alasan mengapa kamu harus memilih teman yang baik. By: Nurus Syarifatul ‘Aini


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia