Beberapa Alasan Mengapa Anda Masih Berteman Dengan MantanMantan kekasih sepertinya merupakan sebuah hal yang paling banyak dihindari oleh banyak orang, mungkin termasuk anda. Namun demikian, seperti yang dilansir oleh psychologytoday.com, terdapat sebuah penelitian dari Oakland University yang dilakukan oleh Justin Mogilski dan Lisa Welling terhadap 800 orang yang masih tetap berteman dengan mantan kekasihnya

Berikut ini adalah alasan mengapa seseorang tetap masih berteman dengan sang mantan kekasih :

Alasan Berteman Dengan Mantan

  1. Mantan Kekasih Adalah Orang yang Sentimental dan berharga

Banyak orang yang menganggap bahwa mantan kekasih adalah orang yang sangat berharga, bisa dipercaya, dan terlalu baik untuk hilang dari kehidupan mereka. Mereka sudah nyaman berada di sekitar mantan kekasih mereka, dan membuat mereka memiliki alasan untuk tetap berteman dengan mantan kekasih.

  1. “Memanfaatkan” Mantan Kekasih

Bagi banyak orang, terutama yang memiliki kecenderungan oportunis, mantan kekasih bisa menjadi orang yang dapat membantu mereka di berbagai situasi. Mengerjakan tugas, meminjam uang, serta hal-hal lainnya yang bisa saja “dimanfaatkan” dari seorang mantan kekasih. Dan hal tersebut akan menjadi alasan mereka untuk tetap berteman dengan mantan kekasih.

  1. Masih menyimpan rasa dengan mantan kekasih

Hal lainnya yang menjadi alasan untuk tetap berteman dengan mantan kekasih adalah karena anda mungkin masih menyimpan rasa dengan mantan kekasih anda. Hal ini akan membuat anda benar-benar sulit pergi dari mantan kekasih Anda, dan pada akhirnya Anda memutuskan untuk tetap berteman dengan mantan kekasih anda, dikarenakan rasa yang anda miliki belum hilang sepenuhnya terhadap mantan kekasih anda.

  1. Masih memiliki tanggungan bersama

Bagi anda yang mungkin pernah merencanakan sesuatu ataupun memiliki tanggungan bersama, seperti misalnya anak, peliharaan, tabungan masa depan, properti ataupun bekerja bersama, maka hal ini dapat menjadi alasan untuk tetap berteman dengan mantan kekasih anda.

  1. Karena sudah tidak “klik” satu sama lain

Alasan untuk tetap berteman dengan mantan kekasih yang diungkapkan ternyata karena memang antara anda dan mantan kekasih anda memang sudah tidak “klik” satu sama lain. Anda dan mantan kekasih anda sudah melupakan kejadian masa lalu, sehingga tidak ada masalah lagi dengan perasaan antara anda dan mantan kekasih anda. hal ini akan membuat anda lebih nyaman menjadikannya sebagai teman saja, karena sudah tidak ada perasaan yang tertinggal. Atau anda juga memang tidak merasa sakit hati dengan mantan kekasih anda, dan merasa bahwa perpisahan ini adalah hal yang tepat.

  1. Untuk menjaga relasi dengan teman-teman

Ternyata banyak peserta penelitian yang mengungkapkan alasan untuk tetap berteman dengan mantan kekasih adalah karena ingin tetap mempertahankan relasi dengan sahabat lainnya. Hal ini terjadi ketika anda dan mantan kekasih anda memiliki sahabat yang berada dalam satu lingkungan. Anda akan tetap berteman dengan mantan kekasih anda, supaya lingkungan persahabatan tersebut tidak terasa aneh, janggal, dan terlalu banyak memunculkan drama.

Jadi, itu adalah beberapa alasan untuk tetap berteman dengan mantan kekasih yang diungkapkan oleh 800 peserta penelitian di Oakland University. Bagaimana? Apakah anda termasuk salah satu diantaranya?  By: Eduardus Pambudi