Akibat Terlalu Sering Menyalahkan Orang LainDalam istilah Psikologi dikenal dengan istilah Locus of Control Internal and External dimana seseorang bisa menilai sebuah sudut pandang dari segi internal dan juga eksternal. Untuk orang yang memiliki sudut pandang Internal dirinya akan menganggap jika suatu kesuksesan atau kegagalan adalah sangat tergantung dari dirinya sendiri.

Sedangkan, untuk orang dengan sudut pandang eksternal menganggap segala hal yang terjadi dengan dirinya karena kondisi luar yang sebenarnya pun tidak bisa ia kendalikan sendiri. Tentu saja dari dua kategori ini ada kurang dan lebihnya masing-masing namun akan sangat ideal jika seseorang bisa menjalankan dan memilikinya dengan seimbang.

Namun ternyata hal yang cukup tidak baik adalah saat kita menyalahkan pihak luar terhadap apa yang terjadi dengan diri kita. Terkecuali dalam hal yang tidak bisa kontrol yaitu musibah dan kecelakaan. Karena terlalu seringnya kamu menyalahkan orang lain adalah hal yang tidak baik.

Kamu akan selalu merasa jika dirimu benar dan orang lainlah yang harus bertanggung jawab untuk semua yang terjadi. Coba kenali kembali diri sendiri apakah kamu termasuk orang yang seperti ini, jika ya berarti siap-siap saja kamu mendapatkan kerugian yang ditimbulkan dari sikap tersebut.

Mau tau apa saja? Yuk simak artikel berikut ini.

  1. Tak Bertanggung Jawab

Dalam satu kondisi terjadi sesuatu diluar yang diharapkan dan kamu menyalahkan orang atau pihak luar maka itu berarti kamu tidak bisa diberikan tanggung jawab. Karena salah satu bentuk tanggung jawab adalah dengan kita mau mengakui kesalahan dan mau juga mencoba memperbaikinya. Jika begini terus-menerus maka kamu tidak akan menjadi orang yang berkembang dan hanya terpaku disitu-situ saja.

  1. Tidak Berproses Menjadi Dewasa

Jika kamu masih belum bisa bertanggung jawab dan selalu saja menyalahkan orang lain atas hal yang tidak baik terjadi kepadamu itu bukanlah sikap yang menunjukkan kedewasaan. Seharusnya kamu sudah bisa menentukan dengan bijak apa-apa yang terjadi dengan tidak selalu menunjuk orang lain yang salah. Jika terus seperti ini maka proses kedewasaanmu akan terhambat.

  1. Merusak Hubungan Orang Lain

Saat kamu menyalahkan maka tidak ada orang yang suka diperlakukan seperti itu. Terlebih yang disalahkan adalah hal yang kurang menyenangkan maka akan timbul perasaan tidak suka dari orang yang kita salahkan tersebut. Jika begitu maka hubungan kita dengan orang lain pun akan tidak baik dan siap-siap saja kamu menjadi orang yang dijauhi apalagi di lingkungan pekerjaan dimana seharunya kamu bisa berbaur dan berkerja sama untuk menyelesaikan sebuah masalah.

  1. Kemampuan Tidak Meningkat

Kamu terlalu sering menyalahkan kondisi di sekeliling maka akan secara otomatis kamu menjadi lebih pesimis dan malas untuk meningkatkan kemampuan diri. Hal itu dikarenakan kamu memiliki presepsi jika apa saja yang dilakukan akan gagal juga. Lalu, jika sudah begini maka kamu tidak akan bisa meningkatkan potensi yang ada di dalam diri kamu. By: Mierza Miranti