AGAR LDR TETAP HARMONISAgar LDR Tetap Harmonis. Beberapa diantara Anda yang berada dalam kondisi LDR atau hubungan jarak jauh dengan pasangan mungkin mencari cara agar tetap menjaga keharmonisan. Jangan kuatir, penelitian psikologi klinis yang dilakukan Emma D. Dan rekan-rekannya dari Universitas Queen menunjukkan sara yang dapat menjaga hubungan tetap sehat. SARAN TERSEBUT ADALAH KOMUNIKASI.

Saat melakukan komunikasi, sampaikan apa yang dirasakan atau dibutuhkan dan diskusikan dengan pasangan cara mengatasinya. Jangan lupa memebrikan umpan balik untuk memenuhi kebutuhan pasangan.

Dalam penelitian yang melibatkan dua kelompok. Kelompok pertama melibatkan 474 perempuan dan 243 laki-laki yang melakukan LDR, sedangkan kelompok kedua melibatkan 314 perempuan dan 111 laki-laki yang tinggal di dekat pasangan mereka. Emma memberikan serangkaian pertanyaan seperti komitmen, komunikasi, dan ada atau ketiadaan fisik pada kedua kelompok.

Pada akhirnya, Emma dan rekan-rekannya tidak menemukan perbedaan dalam kualitas hubungan untuk kedua jenis pasangan. Anehnya, mereka menemukan bahwa pasangan LDR memiliki tingkat kepuasan, keintiman, dan komunikasi yang lebih baik.

LDR memang bukanlah sesuatu hal yang baru dan pada jaman dahulu pun komunikasi telah terjadi melalui surat dan panggilan telepon. Teknologi terbaru – terutama internet – memungkinkan pasangan melihat dan berkomunikasi dengan pasangan, meskipun tidak dapat bersama secara fisik . Penelitian dari 63 pasangan, yang diterbitkan dalam Journal of Communication pada tahun 2013, menemukan bahwa media digital, seperti Skype, dapat membantu pasangan mencapai hubungan jarak jauh yang sehat.

Mempertahankan hubungan jarak jauh memang menantang dan, seperti kebanyakan hubungan, perlu komitmen, kepercayaan, kesabaran, dan kejujuran. Beberapa hal lain yang mungkin bisa membantu untuk menciptakan dan mempertahankan hubungan jarak jauh selain komunikasi bisa meliputi hal-hal berikut:

  • BICARALAH DENGAN TEMAN-TEMAN LAIN DAN KELUARGA TENTANG HUBUNGAN ANDA. Hal ini dapat menjadi cara untuk mengingatkan diri sendiri dan orang lain bahwa pasangan Anda masih merupakan bagian penting dari kehidupan Anda meskipun mereka tinggal sangat jauh.
  • TANAMKAN KEPERCAYAAN DAN KETERBUKAAN. Kepercayaan sangatlah penting dalam suatu hubungan. Hal ini memberikan keyakinan bahwa pasangan tetap setia dan selalu memikirkan Anda.
  • RENCANAKAN SESUATU YANG ISTIMEWA KETIKA BERTEMU DENGAN PASANGAN. Hal ini akan menjadi sesuatu yang diingat ketika seseorang kembali harus menjauh secara fisik dari pasangannya. Cobalah tanyakan jauh-jauh hari agar Anda bisa merencanakan hari istimewa itu. Atau, jika Anda ingin menemui di tempat pasangan Anda, tanyakan jadwalnya yang longgar. Datanglah dan beri kejutan romamtis yang akan selalu diingat ketika berjauhan. By: Mierza Miranti