Pujian merupakan motivator eksternal, yang mana dapat menjadikan semangat seseorang melakukan suatu hal, terlebih bagi seorang anak. Dengan memuji pulalah, anak di ajarkan untuk bisa mengakui kehebatan orang lain.

Namun banyak daripada orang tua yang terkadang masih saja sulit untuk melakukan hal yang sebenarnya mudah sekali untuk di lakukan. Atau banyak daripada orang tua yang masih saja berlebihan dalam memuji sang anak.

Untuk itu penting sekali mencari cara terbaik yang mana, kita mampu memotivasi sang anak, namun tidak juga berlebihan dalam memujinya. Berikut adalah tips efektif cara bijak dalam memuji anak

7 Cara Bijak Dalam Memuji Anak

Spontan

9 Tips Efektif Cara Bijak Dalam Memuji Anak

Cara bijak dalam memuji anak yang pertama adalah dengan melakukannya secara spontan. Lakukanlah pujian yang di alamatkan kepada anak dengan spontan. Pujian yang baik adalah pujian yang tidak mengada-ada atas kelebihan yang di miliki anak. Dengan memuji secara spontan, hal tersebut membuat anak belajar bagaimana menghargai hasil karya orang lain. Dari hal yang sederhana itulah kita mengajarkannya untuk mampu simpati dan empati terhadap orang lain pula.

Pujian yang sontan pun dapat memicu motivasi yang dimiliki anak untuk melakukan hal kebaikan secara berulang-ulang dan juga membuatnya akan berusaha untuk berbuat lebih baik daripada yang sekarang di lakukannya.

Spesifik

9 Tips Efektif Cara Bijak Dalam Memuji Anak

Cara bijak dalam memuji anak selanjutnya yaitu memberikan pujian tersebut secara spesifik. Lakukanlah pujian yang telah ia lakukan dengan spesifik. apa yang ia perbuat atau yang telah ia capai. Dengan memuji secara spesifik, hal ini memperjelas kemampuan anak, sehingga dengan kejelasan yang anda kuatkan membuat anak tau potensi di dalam diri yang ia miliki.

Contoh melakukan pujian secara spesifik yaitu misalnya “wah bapak suka nak dengan nilai matematikamu, bisa dapat 90 gitu, pasti belajarnya rajin ya”

Tidak Menyindir Dengan Pesan Tersembunyi

9 Tips Efektif Cara Bijak Dalam Memuji Anak

Memberikan pujian akan lebih baik jika pujian tersebut tak di maksudkan untuk menyindir orang lain. Memberikan pujian yang diiringi dengan pesan tersembunyi dalam menyindir orang lain, tentu akan membuat anak mengikuti apa yang Anda lakukan. Hal tersebut juga membuat anak mengikuti anda dalam menyindir orang lain pada nantinya.

Contoh memuji dengan cara menyindir menggunakan pesan tersembunyi yaitu “dd pinter ya rajin banget bersihin piring habis makan, beda sama abang mu itu males banget”

Fokus Pada Kepuasan Diri Sendiri

9 Tips Efektif Cara Bijak Dalam Memuji Anak

Fokuslah pujian anda pada hal-hal yang dapat membuat anak merasakan kepuasan tersendiri. Dengan merasakan kepuasan tersendiri tersebut, sang anak akan termotivasi untuk melakukan beberapa hal kebaikan yang telah di lakukannya. Namun hal ini harus hati-hati untuk di lakukan, karena pujian yang berfokus pada diri sendiri dapat menyebabkan anak sombong.

Berikut ini adalah beberapa contoh yang dapat di coba dalam memberikan pujian bijak pada anak. “ Nak bajunya rapi sekali ya ini, hebat deh jadi gampang ya nanti cari bajunya lagi di lemari”

Bukan Pujian Yang Memanipulasi

9 Tips Efektif Cara Bijak Dalam Memuji Anak

Seringkali pujian yang di alamatkan pada anak tersebut, bukanlah pujian yang memang di alamatkan untuk memuji anak. Hal tesebut seperti pemanfaatan anak untuk melakukan Sesutu, namun dengan dalih memujinya dahulu.

“ade mamah/papa sayang banget deh soalnya ade kalo di suruh rajin banget, coba deh kembaliin gelas mamah/papah ke belakang ya de”

Puji Usahanya, Bukan Hasilnya

9 Tips Efektif Cara Bijak Dalam Memuji Anak

Mengajarkan anak untuk mencintai proses adalah hal yang penting untuk dilakukan para orang tua terhadap anaknya. Karena dengan memberikan pujian atas usaha yang telah di lakukannya, walaupun ia gagal atas hasilnya, hal tersebut sama saja dengan kita memberikan pengajaran dan pendidikan atas kejujuran.

Dengan menghargai proses dengan memberikan pujian, anak akan memiliki orientasi berkreativitas yang membangun, bukan berkreativitas yang syarat akan tuntutan hasil. Karena tuntutan atas hasil hanya akan mendorong terciptanya perilaku-perilaku yang menghalalkan segala cara demi mendapatkan hasil maksimal.

Tulus

9 Tips Efektif Cara Bijak Dalam Memuji Anak

Tips Efektif cara bijak dalam memuji anak yang paling terakhir adalah dengan cara memberikan pujian yang tulus ikhlas pada anak. Hal tersebut dikarenakan, salah satu pembelajaran yang paling penting dalam sebuah pujian adalah ketulusan mengucapkan pujian tersebut. Karena hanya dengan ketulusan-lah kita maupun anak akan belajar, kejujuran di dalam sebuah pujian dan perlakuan.

Itulah beberapa hal yang dapat kita cermati tenang 7 tips efektif cara bijak dalam memuji anak, semoga apa yang telah di sampaikan melalui artikel di atas dapat bermanfaat. Tetap simak ulasan-ulasan menarik lainnya hanya di psikoma.com, media psikologi terupdate masa kini. By: Muhamad Fadhol Tamimy