Apa itu Enneagram? (1)Pernahkah Anda mendengar Enneagram?

Enneagram merupakan nama sebuah tes untuk mengetahui tipe kepribadian manusia yang dibagi menjadi 9 jenis. 9 tipe kepribadian manusia tersebut adalah Perfeksionis, Pemberi, Pemeran, Pecinta, Pengamat, Skeptis Sejati, Pencicip, Pelindung, dan Penengah. dan berikut ini adalah

1. Perfeksionis

Jika Anda merasa punya standar ideal yang tinggi, mudah melihat kekeliruan yang terjadi, dianggap sebagai orang yang berlebihan saat mengkritik, dapat dimungkinkan Anda memiliki tipe kepribadian perfeksionis.

Tak hanya itu, Anda merasa bangga bila bertanggung jawab ketika melakukan sesuatu, merasa sebal bila melihat seseorang tidak berusaha melakukan dengan tepat, tidak bertanggung jawab, dan tidak adil. Itu adalah ciri tipe perfeksionis.

Tipe perfeksionis cenderung mendikte orang-orang di sekitarnya untuk melakukan yang tepat dan bertanggung jawab. Akibatnya, orang tipe perfeksionis menahan kebutuhan pribadi dan kesenangan mereka. Ada kalanya tipe perfeksionis harus meluangkan waktu untuk bersenang-senang.

2. Pemberi

Jika Anda merasa begitu peka terhadap perasaan orang lain, bisa melihat apa yang dibutuhkan orang lain meski tak mengenal mereka, merasa sebal ketika tahu apa yang dibutuhkan orang lain, tapi tak dapat membantu, bahkan susah untuk menolak, Anda memiliki tipe pemberi.

Bila tidak diperhatikan, Anda akan merasa marah. Anda sangat memperjuangkan untuk menciptakan sebuah hubungan yang baik. Itu adalah ciri tipe pemberi.

Tipe pemberi cenderung meyakini bahwa dirinya harus memenuhi kebutuhan orang lain untuk mendapat cinta dan dukungan. Tipe pemberi patut meluangkan waktu untuk bertanya pada dirinya sendiri apa yang dibutuhkan dan diinginkan, kemudian menjadikannya sebagai prioritas utama.

3. Pemeran

Jika Anda selalu berhasil menyelesaikan pekerjaan dengan baik, tidak bisa berdiam diri dan harus melakukan suatu kegiatan, tidak suka pada orang yang tidak memanfaatkan waktu dengan baik, bahkan mengambil alih pekerjaan itu jika lambat dikerjakan, dapat dimungkinkan Anda tipe pemeran.

Anda suka berkompetisi. Meski demikian, Anda tetap anggota tim yang baik. Bagi Anda, pengakuan dan penghargaan adalah suatu hal yang penting. Itu ciri tipe pemeran.

Tipe pemeran seringkali menahan atau menghindari kinerja perasaan. Ada kalanya tipe pemeran mencoba memperlambat langkah dalam bekerja. Saatnya tipe pemeran mencoba berhenti beberapa saat untuk mengambil dan menghembuskan nafas secara perlahan.

4. Pecinta

Jika Anda seorang yang sangat sensitif, sering merasa kesepian dan tidak ada orang yang bisa mengerti, bersikap tampak seperti drama di mata orang lain, dapat dipastikan Anda tipe Pecinta.

Selain itu, terkadang Anda ingin mendapatkan apa yang belum dimiliki dan meremehkan apa yang sudah dimiliki. Anda juga sering bertanya-tanya mengapa orang lain bisa mendapatkan lebih dari apa yang Anda miliki. Meski demikian, Anda berperilaku halus dan sopan. Itu ciri tipe pecinta.

Tipe pecinta sering terlarut dalam hal yang dianggap ideal, namun tidak terwujud. Ini menjadikan mereka cenderung kehilangan hal-hal positif. Mulai saat ini, jika Anda termasuk tipe pecinta, cobalah menghargai hal-hal kecil seperti tugas harian, pertemuan biasa dengan orang lain, dan apapun yang indah di sekitar Anda. Anda hanya butuh menghargai hal-hal yang biasa terjadi setiap hari.

5. Pengamat

Jika Anda orang yang cukup tenang dan butuh banyak waktu untuk menyendiri, lebih suka mengamati apa yang terjadi daripada harus terlibat, tidak suka pada orang yang banyak menuntut, lebih merasa nikmat mengenang apa yang sudah dialami daripada saat menjalani, hampir tak pernah merasa bosan, senang menjalani hidup dengan sederhana, dapat dimungkinkan Anda memiliki tipe pengamat.

Tipe pengamat seringkali menghalau perasaan dan menjauh dari orang lain karena menganggap mereka mengganggu. Padahal, banyak hal yang bisa didapatkan ketika dengan orang lain. Adakalanya tipe pengamat melibatkan diri ketika beberapa orang menghampirinya.

6. Skeptis Sejati

Jika Anda punya selera humor yang baik, sering meragukan orang-orang di sekitar, bisa melihat kelemahan seseorang yang mengerjakan suatu, dapat dimungkinkan Anda tipe skeptis sejati. Di samping Anda menghindari bahaya, Anda juga menantang bahaya. Namun, bila sekali berkomitmen, Anda setia. Benarkah demikian?

Tipe skeptis sejati cenderung ragu dan khawatir jika rasa kepercayaan dirinya hilang. Tipe skeptis sejati hanya perlu menghilangkan kecenderungan itu dengan mencoba menghadapi apapun yang tampak sebagai risiko. Jangan menghindarinya, sekali waktu memang perlu menantangnya.

7. Pencicip

Apakah Anda pernah tidak percaya pada orang lain hingga mereka membuktikan bahwa diri mereka dapat dipercaya? Anda cukup tahu ketika seseorang sedang berbohong. Anda menyukai orang yang berterus terang. Di sisi lain, Anda kesulitan bertoleransi dengan kelemahan seseorang, sulit menjalankan perintah dari orang yang tidak Anda hormati, sulit menutupi perasaan ketika marah. Anda selalu siap untuk teman atau kekasih bila mereka sedang diperlakukan tidak baik. Apakah Anda seperti itu? Jika “ya”, Anda termasuk tipe pencicip.

Tipe pencicip selalu berusaha menghindari rasa takut dan sakit. Mereka juga membatasi diri dengan jalan menjauhkan diri. Sudah saatnya tipe pencicip mencoba melakukan apa-apa yang sudah disepakati untuk dilakukan karena itu adalah tanggung jawab.

8. Pelindung

Anda bisa mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dengan baik, bisa memandang sesuatu dari segala sisi, bisa diandalkan untuk membantu orang-orang dalam mengatasi perbedaan, tidak jarang pula Anda merasa kacau kemudian mengabaikan tugas penting yang harus dikerjakan. Tidak jarang pula, ketika sedang kacau, Anda lebih memilih mengerjakan tugas-tugas kecil yang tidak terlalu penting. Anda menyukai hidup nyaman bersama orang yang bisa menerima Anda. Anda susah menunjukkan amarah. Apakah Anda orang yang seperti itu? Jika “ya”, maka termasuk tipe pelindung. Tipe pelindung mempunyai energi besar dan kuat. Namun, terlalu berlebihan pun tak baik untuk orang-orang di sekitar. Tipe pelindung perlu memperlambat tindakan yang terlalu terburu-buru memenuhi keinginan dan menahan diri untuk terlalu berlebihan mengekspresikan hasrat

9. Penengah

Seorang yang tipe pengenah lebih suka menghidari konflik, mencoba untuk menyatukan orang yang sedang memiliki problem dan berusaha berdamai dengan lingkungannya. Ciri-cirinya adalah ceria, menyenangkan dan mudah menerima.  Dan demikian adalah Kepribadian Psikologi Enneagram yang terbagi menjadi 9.By: Ade Rakhma