9 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Ibadah Puasa Lebih Bermakna

9 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Ibadah Puasa Lebih Bermakna

June 11, 2017 Off By Admin

9 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Ibadah Puasa Lebih BermaknaMenjalankan ibadah puasa, tak akan lengkap jika hanya melakukan ritual menahan haus dan lapar semata. Menjalankan ibadah puasa terlebih saat bulan ramadhan merupakan salah satu kesempatan untuk memperbaiki diri dari karena keberkahan bulan ramadhan itu sendiri. Segala hal kebaikan akan dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Berah yang ada di bulan ramadhan sembari menjalankan ibadah puasa ini tak akan bermakna tanpa sebuah usaha. Oleh sebab itu penting sekiranya untuk melakukan beberapa hal. Berikut ini akan di bahas mengenai 9 hal yang harus dilakukan agar puasa kita lebih bermakna.

 

  1. Mengontrol Pikiran

Hal pertama yang harus dilakukan dalam menjalankan ibadah puasa adalah mengontrol pikiran. Belajar mengontrol pikirn dari hal-hal yang cendrung negatif. Mengontrol pikiran negatif ini tak berbatas kepada hal yang cendrung vulgar semata, akan tetapi melewati dari dimensi itu, hal negative ini juga termasuk pada kecendrungan berpikiran pesimisme.

Jika anda sukses untuk dapat mengontrol segala bentuk pikiran yang negatif, maka ibadah puasa anda akan membuahkan hasil yang maksimal. Dan membuat kualitas dari keimanan anda berada pada level yang meningkat.

  1. Introspeksi Diri

Bulan ramadhan merupakan momen yang tepat untuk memperbaiki diri. Cobalah tanyakan kepada diri apakah kita selama ini telah menjadi sosok yang berguna dan memberikan dampak positif bagi sesame, ataukah justru kehadiran diri kita menjadi bencana bagi sesame. Tak hanya itu dengan melakukan introspeksi diri, kita juga akan lebih peka terhadap lingkungan sekitar, sehingga ibadah puasa selama 30 hari yang akan kita jalani nantinya tak hanya menjadi ritual saja, akan tetapi menembus batas penggemblengan diri menjadi seseorang yang bermanfaat.

  1. Menjaga Tingkah Laku

Jagalah setiap tingkah laku dan perbuatan kita. Jika di hari biasa kita seringkali khilaf dan abai terhadap tingkah laku kita, cobalah di bulan ramadhan ini menjadi momen perbaikan kualitas tingkah laku diri kita. Jika selama ini kita seringkali berlaku sembrono dan kasar terhadap orang lain cobalah untuk menjadi lebih tenang dalam berpikir panjang sebelum bertindak.

  1. Menjaga Lisan

Selain tingkah laku, kita pun juga sebaiknya menjaga lisan kita dari segala ucapan. Berbicaralah hal-hal yang sekiranya baik dan juga bermanfaat saja. Oleh karena berbicara kasar, bergosip, memaki, dan menyakiti orang lain hanya akan membawa kita kepada kehancuran. Entah itu kehancuran yang dirasakan secara langsung ataupun kehancurann yang dirasakan jangka panjang dan tidak langsung.

  1. Menahan Hawa Nafsu

Salah satu kunci utama dari suksesnya kita menjalankan ibadah puasa adalah terletak pada keberhasilan kita untuk menahan hawa nafsu. Apabila kita berhasil untuk menahan hawa nafsu, niscaya puasa yang kita jalankan selama sehari penuh atau hingga 30 hari nanti menjadi puasa yang berhasil.

  1. Kontrol emosi

Semua pasti pernah merasakan luapan emosi. Entah itu emosi dalam bentuk kesedihan, kekecewaan, kegembiraan, kemarahan, dan lain sebagainya. Saat menjalankan ibadah puasa, cobalah untuk mengontrol emosi yang terlalu berlebihan. Karena segala sesuatu yang berlebihan tidak baik. Selain itu dengan berlebih-lebihan rawan sekali untuk mengurangi pahala dalam menjalankan ibadah puasa.

  1. menjaga Kesehatan

Menahan haus dan lapar dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari, tentu membutuhkan stamina yang ekstra. Oleh sebab itu jika kita tidak memperhatikan pola makan kita dengan memperhatikan asupan nutrisi saat sahur dan berbuka, akan membuat kita terganggu kesehatannya. Tak hanya itu saja, jika kita terganggu kesehatannya maka dalam menjalankan ibadah puasa pun kita akan terganggu pula, hingga kita absen untuk berpuasa. Akan sangat disayangkan sekali, jika kita tidak tunai dalam menjalankan ibadah puasa, khususnya puasa Ramadhan.

  1. Perbanyakk Ibadah

Bulan suci Ramadhan merupakan kesempatan kita guna mengumpulkan sebanyak – banyaknya kebaikan dan juga pahala. Oleh sebab itu di bulan Ramadhan, pahala akan kita dapatkan dari setiap kebaikan yang dilakukan. Dan yang lebih istimewa adalah, kebaikan dan amal yang kita lakukan dilipat gandakan lebih dari hari dan bulan seperti biasanya.

  1. Peduli Sesama

Bulan suci ramadhan juga menjadi sebuah momen dari diri kita untuk menjadi manusia yang lebih bermanfaat. Dengan peduli terhadap sesame fungsi puasa dari segi sosial akan lebih terasa, karena setiap kita membantu mereka yang membutuhkan maka kita pun akan mendapatkan manfaat. Salah satunya adalah mendapatkan kebaikan dari pada orang lainnya yang terkadang tidak terduga-duga.

Anda bisa menjadi orang yang lebih pedulli kepada orang lain di bulan ramadhan. Misalnya dengan mengadakan kegiatan sosial, memberikan buka puasa gratis ataupun bersedekah di panti asuhan dan orang yang membutuhkannya.

Sembilan hal di atas sekiranya dapat kita lakukan. Dan Sembilan hal di atas sekaligus menjadi pengingat bagi penulis pribadi khususnya dan kepada kita semua pada umumnya. Karena menjalankan ibadah puasa tak hanya sekedar ritual keagamaan semata, namun lebih daripada itu, menjalankan ibadah puasa juga adalah sebagai sarana perbaikan, peningkatan kualitas diri, dan melatih diri untuk lebih peka terhadap sesama umat manusia. By: Muhamad Fadhol Tamimy