9 Ciri Milenial Di Indonesia Yang Harus Kamu Ketahui

9 Ciri Milenial Di Indonesia Yang Harus Kamu Ketahui

August 19, 2018 Off By Admin

Generasi milenial saat ini menjadi sebuah generasi yang sering di bicarakan di segala aspek dan lini. Tak hanya dari aspek ekonomi dan sosial saja generasi milenial ini menjadi primadona, namun di ranah politik generasi milenial menjadi seperti sosok yang harus diperebutkan perhatiannya.

Tak heran memang mengapa generasi milenial saat ini menjadi sebuah arus perhatian yang begitu kencangnya. Generasi milenial sendiri merupakan generasi yang terlahir di antara tahun 1980-2000.

Istilah generasi millenial ini sendiri di cetuskan oleh dua orang yang merupakan seorang pakar sejarah sekaligus penulis Amerika, William Straus dan Neil Howe di beberapa buku tulisannya.

Generasi millenial memiliki 9 ciri yang dapat kita ketahui melalui perilaku yang sering ditampilkannya. Bebrapa ciri tersebut diantaranya adalah

1. Menggandrungi Internet

Generasi yang lahir di saat internet mulai berkembang ini menjadikan para generasi ini familiar dengan kemajuan dunia internet saat ini. Sedangkan presentasi pengguna internet di indonesia sendiri sebagian besar di dominasi oleh generasi milenial.

Tak hanya itu saja begitu gandrungnya penggunaan internet yang di lakukan oleh generasi milenial ini diantaranya adalah penggunaan smartphone yang selalu ada ditangan. Dimana pun dan kapanpun smartphone menjadi alat mereka untuk kemana saja. Bahkan saat berkumpul atau memberikan sebuah pelatihan maka internet yang dilihat dari ponsel adalah guide terbaik yang mereka miliki.

2. Gampang berpindah minat

Karena kemudahan akses informasi yang di terima oleh generasi milenial membuat mereka kesulitan untuk bertahan lama dengan satu barang yang mereka miliki. Selain karena mudahnnya mereka untuk melihat referensi di dunia maya, faktor sosial di lingkungan sekitarnya juga kerap menjadi faktor penentu mudahnya mereka mengganti barang atau sesuatu yang ada pada mereka.

3. Penggunaan pembayaran non cash semakin tinggi

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh media penerbit konten digital Brilio.net dan juga JakPat Mobile survey memperlihatkan fakta yang mencengangkan dimana sebanyak 59% generasi milenial menyukai penggunaan pembayaran non tunai.

4. Menyukai pengalaman dibandingkan kepemilikan

Ciri keempat yang dapat kita ketahui dari generasi milenial berdasarkan perilakunya adalah terkait dengan minat yang dimilikinya. Berdasarkan beberapa wawancara yang dilakukan penulis dengan kolega yang tergolong ke dalam golongan milenial, ada kecendrungan dimana mereka lebih menyukai untuk melakukan traveling dibandingkan uangnya di tabung untuk membeli aset properti.

Hal ini seiring dan seirama pernyataan dari Ignatius untung general manager rumah123.com yang mengatakan bahwasanya generasi milenial lebih tertarik untuk melakukan jalan-jalan di bandingkan beli rumah.

5. Kurang fokus

Disebabkan karena pilihan yang begitu banyaknya hingga angan-angan impian yang mereka miliki terkadang generasi milenial memiliki fokus yang kurang. Mereka cendrung untuk cepat bosan dalam menggapai apa yang diinginkan saat mereka menemukan hambatan.

Namun lebih daripada itu, kecendrungan generasi milenial yang kurang fokus ini juga berkenaan dengan referensi yang mudah untuk di akses baik itu melalui media sosial, maupun media lainnya.

6. Lebih pintar

Generasi milenial ditandai dengan generasi pintar, dimana segala informasi yang ditanyakan akan mudah untuk di jawab. Walaupun memang hal tersebut juga di bantu dengan kemudahan akses informasi yang di milikinya.

7. Multitasking

Kemampuan generasi milenial untuk dapat melakukan lebih dari 2-3 aktivitas dalam satu waktu sangat tinggi. Disatu sisi mereka ngobrol bersama rekan-rekannya di satu sisi mereka mengecek akun media sosial sembari membalas chatting dari orang lain.

8. Traveling

Seperti yang sebelumnya telah disebutkan bahwasanya generasi milenial lebih suka untuk mengeluarkan keuangannya untuk membelanjakan pengalaman dibandingkan properti. Salah satu belanja pengalaman yang bisa didapatkan adalah lewat melakukan traveling.

9. Senang Berbagi

Ciri terakhir dari generasi milenial yang dapat kita ketahui adalah minat mereka yang sangat senang untuk berbagi berbagai hal. Entah itu kabar berita, pencapaian, barang yang baru saja dimiliki, doa dan harapan, hingga aib pun senang sekali untuk di bagi. Baik itu di bagi di media sosial maupun secara langsung.

Begitu pentingnya memahami generasi milenial yang konon kabarnya merupakan generasi yang akan membawa estafet pembangunan bangsa kedepan sudah semestinya dilakukan. Maka jangan heran apabila kalangan milenial saat ini sudah mulai muncul di baliho-baliho untuk terjun dalam kontestasi perpolitikan saat ini.

Dan pada akhirnya setiap generasi memiliki ciri yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Oleh sebab itu perlakuan yang dilakukan pun tidak bisa disamakan dengan generasi sebelumnya.
Penulis: Muhamad Fadhol Tamimy (Penulis Buku Sharing mu Personal Branding Mu)

Sharing-mu, Personal Branding-mu