8 Tips Agar Anak Gemar MembacaTips Agar Anak Gemar Membaca. Membaca merupakan sebuah budaya yang patut untuk di giatkan. Hal tersebut selain berguna untuk menambah ilmu dan wawasan, namun dengan membaca, juga mengajarkan seseorang untuk mencari pengetahuan dengan perjuangan. Oleh sebab itu, budaya membaca kiranya harus di ajarkan semenjak usia dini.

Berikut ini merupakan 8 tips Agar anak gemar membaca.

  1. Sosialisasi Dini

8 Tips Agar Anak Gemar Membaca

Tips Agar Anak Gemar Membaca yang pertama adalah lakukan sosialisasi dini. Melakukan sosialisasi merupakan langkah awal yang tepat untuk memulai membiasakan anak untuk gemar membaca. Tak pernah terlalu dini untuk dikatakan dalam hal membaca. Bahkan di saat mereka masih usia bayi pun, anak anak yang sudah mulai di bacakan buku cerita oleh orang tuanya akan memperoleh sebuah manfaat yang sangat besar loh.

Dengan membiasakan untuk di bacakan cerita semenjak bayi, maka hal tersebut sama saja anda mengajarkan bayi untuk belajar bagaimana caranya berbicara serta melatih keterampilan dalam berkomunikasi. Hal tersebut akan lebih baik ketimbang kata-kata yang ia dapat dari pengalaman mereka

  1. Kegiatan Rutin Membaca

8 Tips Agar Anak Gemar MembacaTips Agar Anak Gemar Membaca yang kedua adalah dengan melakukan membaca secara rutin. Jadikanlah kegiatan membaca ini sebagai kegiatan rutin sang anak. Buku yang di gunakan untuk membaca ada baiknya yang menarik minat mereka seperti buku bergambar dan juga buku-buku yang memiliki cerita menarik. Biarkanlah anak untuk aktif dalam berimajinasi. Sebagai orang tua kewajibannya adalah membimbing mana saja bacaan yang layak untuk di baca oleh sang anak. Dengan metode membimbing juga dapat semakin mempererat ikatan emosional antara anak dan juga orang tuanya.

  1. Libatkan Anak Dalam Memilih Buku

8 Tips Agar Anak Gemar Membaca

Bimbinglah anak dan juga minta ia dalam memilihkan buku yang menurutnya menarik perhatian atau minat. Dari situ juga akhirnya kita akan tau, buku seperti apa yang di sukai oleh buah hati kita nantinya. Jika buku tersebut telah ia minati tentu akan mudah bukan, ketika membimbing dan membiasakannya pada budaya untuk membaca di kemudian hari.

  1. Pahami Mood Anak

8 Tips Agar Anak Gemar Membaca

Pahami pula mood anak. Dengan memahami mood anak tersebut, kita akan mengetahui beberapa waktu efektif untuk meningkatkan interest anak untuk membaca. Selain itu, dengan memahami mood anak, proses pembiasaan membaca pun akan lebih menyenangkan, sebaiknya hindari untuk memaksa anak ketika ia enggan untuk membaca. Hal tersebut akan membawa dampak trauma, terutama karena pemaksaan yang di lakukan orang tua kepada anak untuk membaca, secara perlahan sang anak dikhawatirkan akan mengasosiasikan bahwa membaca itu adalah sebuah hukuman.

  1. Ciptakan Suasana Yang Ideal

8 Tips Agar Anak Gemar Membaca

Agar kegiatan anak anda saat membaca buku berada pada keefektifan yang optimal, maka anda tak perlu untuk memberikan suasana yang ideal. Sebaiknya di saat buku yang di bacakan secara sendirian tesebut justru maalah akan mampu untuk membawa suasna tenang, jauh daripada hal hal lain yang mengganggu konsentrasi.

  1. Berilah Ia Penghargaan

8 Tips Agar Anak Gemar Membaca

Sebagian dari anak kan termotivasi oleh prestasi yang telah mereka capai; sementara itu yang lainnya termotivasi dari penghargaan atas prestasi tersebut. Buatlah sebuah bagan yang jelas dan mampu untuk di pahami oleh semua kalangan. Pasitikan untuk mengetahui bahwa ada sebuah tujuan yang jelas di beberapa part akhir,

  1. Pesan Moral

8 Tips Agar Anak Gemar Membaca

Setelah selesai membaca buku ataupun di saat sang anak hendak selesai belajar membaca, maka ceritakanlah kembali pesan moral yang ada di dalamnya.. Berikanlah sebuah penekanan pada kata kata yang sekiranya anda anggap penting yang dapat bermanfaat bagi mereka semua.

  1. Pengulangan Bacaan

8 Tips Agar Anak Gemar Membaca

Tips Agar Anak Gemar Membaca yang terakhir adalah, lakukan pengulangan bacaan. Janganlah anda merasa khawatir apabila anda ingin membaca buku yang sama di setiap saat. Anak-anak tersebut biasanya menikmati kegiatan pengulangan karena hal tersebut sangat membantu mereka guna lebih memahami isi dari cerita itu sediri. Lakukanlah pengulangan, karena sesungguhnya hal-hal yang selalu di ulang akan berbuah menjadi suatu mindset. Ketika hal tersebut telah terjadi maka sama dengan kita menciptakan budaya membaca tersebut.

Itulah beberapa hal yang dapat digunakan untuk melatih anak agar gemar membaca. tumbuh kembang seorang anak meskipun tak mutlak secara penuh dipengaruhi oleh pembiasaan membaca, namun dengan membiasakan hal tersebut minimal anda dapat mengkondisikan anak anda untuk melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat. Yakinlah bahwa dengan membaca merupakan sarana dalam kemampuan menguasai sebuah dunia. By: Natasya