Inilah 8 Kecerdasan Manusia Menurut Teori Multiple IntelligenceInteligensi atau yang juga sering dikenal dengan nama kecerdasan sudah menjadi salah satu hal yang banyak diperbincangkan di berbagai macam situasi, mulai dari situasi akademis, hingga kehidupan sehari-hari. Banyak yang mengatakan bahwa kecerdasan hanya milik bidang akademis saja, yang dilihat dari skor IQ dan juga prestasi akademis. Akhirnya kecerdasan manusia menjadi hal yang hanya sifatnya monoton. Padahal hal tersebut tidaklah benar.

Namun demikian, salah satu tokoh Psikologi bernama Gardner mengemukakan bahwa manusia sebenarnya memiliki 8 kecerdasan umum, atau yang tergabung di dalam multiple intelligence. Penasaran dengan ke-8 kecerdasan manusia ini? Yuk simak 8 kecerdasan manusia berdasarkan teori multiple intelligence :

Kecerdasan Manusia Menurut Teori Multiple Intelligence

  1. Musical

Kecerdasan manusia yang pertama adalah kecerdasan musikal. Sesuai dengan namanya, mereka yang memiliki kecerdasan musikal memiliki sensitivitas musik yang tinggi, mampu untuk memainkan berbagai macam alat musik dengan baik, bernyanyi, mengarang lagu, membuat musik dan nada-nada, melodi, timbre, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kemampuan bermusik.

  1. Visual – Spasial

Kecerdasan manusia berikutnya menurut Gardner adalah kecerdasan spasial. Kecerdasan spasial meliputi kemampuan seseorang untuk melihat ruang dalam perspektif 3D hanya dengan membayangkan dan memikirkannya. Mereka yang masuk ke dalam jurusan arsitektur, gambar, dan juga teknik kebanyakan membutuhkan kemampuan seperti ini.

  1. Verbal – linguistic

Verbal linguistik adalah kemampuan atau kecerdasan manusia lainnya yang berhubungan dengan kemampuan bahasa, kemampuan berbicara, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan kemampuan linguistik. Biasanya mereka mampu memahami berbagai macam bahasa, menulis puisi dan karya tulis dengan struktur bahasa yang baik. Penyair, pengarang lagu, penulis, dan sebagainya merupakan contoh penerapan dari kecerdasan verbal linguistic

  1. Logical Mathematical

Kecerdasan ini merupakan kecerdasan manusia dalam berpikir secara logis, pasti, dan teratur. Kemampuan dalam matematika dan berhitung sangat dominan pada kecerdasan ini. Penalaran secara logis, sebab akibat juga merupakan ciri-ciri umum dari orang yang memiliki kecerdasan ini.

  1. Kinesthetic

Nah, untuk kecerdasan yang ini, biasanya seseorang memiliki kemampuan kinestetik yang baik. Olahraga, sering berjalan-jalan, aktif dan juga sering bergerak adalah ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan kinestetik. Selain itu, ketika sedang mengalami stress atau cemas, menggerakkan bagian tubuh adalah salah satu strategi menghadapi stress dan rasa cemas mereka.

  1. Interpersonal

Mereka yang memiliki kecerdasan interpersonal yang baik biasanya cenderung sensitif dengan kondisi orang lain, mulai dari mood, emosi, kepribadian, sikap, dan juga berbagai trait orang lain. Dalam bahasa gaul saat ini, mereka yang memiliki kecerdasan interpersonal ini bisa disebut sebagai orang yang peka terhadap situasi.

  1. Intrapersonal

Mereka yang memiliki kecerdasan intrapersonal mampu untuk memahami diri sendiri dengan baik. Mulai dari memahami emosi sendiri, perilaku, sikap, kelebihan serta kekurangan diri sendiri.

Merek yang memiliki kecerdasan ini biasanya sering melakukan introspeksi diri, dan cenderung mudah untuk memahami diri mereka sendiri

  1. Naturalistic

Kecerdasan naturalistic berhubungan dengan kemampuan seseorang dalam berkomunikasi dengan. Mengerti cara menanam tumbuhan dengan baik, menyukai banyak binatang peliharaan, dan segala hal yang berhubungan dengan alam, dan juga peristiwa alam.

Nah, itu adalah 8 kecerdasan manusia berdasarkan teori dari Gardner mengenai multiple intelligence. Kira-kira, apabila dilihat cara kasat mata, anda memiliki kecerdasan yang mana saja ya?

By: Eduardus Pambudi