8 Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Menghadapi Orang Yang Mengalami Kesedihan Menurut Ilmu Psikologi

8 Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Menghadapi Orang Yang Mengalami Kesedihan Menurut Ilmu Psikologi

February 2, 2017 Off By admin

8 Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Menghadapi Orang Yang Mengalami Kesedihan Menurut Ilmu PsikologiKesedihan – Kesedihan memang merupakan salah satu hal yang umum dan banyak dialami oleh siapapun. Kesedihan hadir munculnya disebabkan oleh berbagai sebab, mulai dari kehilangan, kekecewaan, dan kemarahan yang diredam hingga harapan yang tak terwujudkan. Jika hal tersebut terjadi tentu siapapun yang mengalami akan merasakan rasa kesedihan.

Beberapa orang yang tengah mengalami hal tersebut mengalami tingkatan yang berbeda, ada yang berat, sedang, hingga ringan. Penting untuk kita dengan segera menangani kesedihan yang dirasakan dengan tepat.

Menangani Kesedihan Menurut Ilmu Psikologi

Namun terkadang, kita sendiri tidak tahu bagaimana caranya untuk menghadapi orang yang sedang mengalami kesedihan. Ilmu psikologi punya jawaban yang cukup menarik, yang bisa anda lakukan untuk menghadapi orang yang sedang bersedih. Seperti yang dikemukakan oleh Barbara Greenberg dari psychologytoday.com, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghadapi orang yang sedang bersedih:

  1. Berikan perhatian kepada mereka yang bersedih

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah anda harus memberikan perhatian kepada mereka yang sedang mengalami kesedihan. Meskipun begitu, anda juga tetap harus menjaga agar “aura” negatif dari rasa sedih tidak mempengaruhi anda. Hal ini akan memberikan pencerahan kepada mereka yang bersedih, dan tentu saja akan membuat mereka merasa senang. Berikanlah perhatian yang tulus pada mereka yang membutuhkan. Terlebih bagi orang yang anda kasihi dan sayangi. Saat mereka di landa perasaan sedih, jangan sungkan untuk memberikan perhatian kepada mereka walaupun hal tersebut tidak mereka minta. Kepekaan yang anda berikan adalah nilai plus tersendiri untuk mereka.

  1. Tersenyum

Senyum adalah salah satu senjata andalan yang mampu merubah apapun, termasuk emosi negatif dan rasa sedih. Tataplah mereka yang sedang merasa sedih, dan berikan senyuman terbaik anda. ini akan mempengaruhi mood mereka menjadi lebih baik lagi.

Selain itu, dengan tersenyum berarti anda telah melakukan ibadah yang dampaknya dhasyat bagi sesame. Bukankah jika anda mendapatkan raut wajah masam membuat anda kesal dan kesal bukan? Hal berbeda akan dirasakan saat orang lain tersenyum ramah penuh arti kepada kita.

Selama senyum yang kita berikan tidak berlebihan, maka siapapun yang memandang kita tersenyum akan merasakan kebahagiaan dan aura posisif yang kita miliki.

  1. Panggil mereka dengan nama mereka

Salah satu hal yang membuat orang lain merasa baik adalah ketika mereka diajak berbicara, dan orang yang diajak berbicara mengetahui nama mereka. Daripada menggunakan kata ganti seperti Aku atau Kamu, Saya atau Anda, menggunakan nama bisa membantu mereka yang bersedih untuk lebih “cheer up” dan merasa diperhatikan.

Memanggil nama mereka juga dapat berarti kedekatan dan keterikatan secara emosional. Keterikatan secara emosional membuat kita lebih mudah untuk menghibur mereka yang tengah bersedih hatinya.

  1. Berikan pujian

Hal lain yang bisa anda lakukan kepada orang yang sedang bersedih adalah memberikan pujian. Carilah sesuatu yang bisa menjadi pujian bagi mereka. Hal ini akan membuat mereka merasa lebih baik, dan tentu saja akan merasa lebih diperhatikan dan dihargai.

Memberikan pujian tak harus dengan cara berbohong demi melihat ia tersenyum, namun berikanlah pujian dari apa yang terlihat secara jujur. Memang memberikan pujian dari apa yang nampak bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, penting sekali kita untuk belajar memberikan pujian tersebut. Banyak membaca juga dapat menambah wawasan dan kosa kata kita untuk memuji orang lain.

  1. Selalu ramah dan baik

Jangan terlihat kasar, marah, ataupun menggerutu ketika sedang berkomunikasi dengan orang yang bersedih. Tunjukkan sisi baik dan ramah pada diri anda, dan selalu bagikan keramahan yang anda miliki untuk mereka.

  1. Bersabar dengan proses kesedihan yang terjadi

Tidak setiap orang memiliki proses munculnya kesedihan yang sama. Ada orang yang akan merasa sangat sedih di awal, lalu mulai membaik di akhir, ada pula yang sulit untuk membaik dan melewati proses kesedihan dengan baik. Untuk menghadapi mereka, cobalah untuk bersabar, dan tunggu saat atau situasi yang tepat, misalnya menunggu momen dimana seseorang sudah tidak terlalu sedih lagi, atau mungkin ketika seseorang sudah mencapai puncak kesedihannya.

Momen yang tidak tepat saat anda bermaksud menghibur ia yang sedang sedih, justru akan semakin membuat suasana menjadi kacau. Feedback yang diberkannya untuk anda pun terkadang tidaklah ramah, bahkan berpotensi anda justru dianggap sebagai pengganggu dalam kehidupannya.

  1. Ceritakan pengalaman sedih anda

Salah satu hal yang membuat orang yang bersedih merasa lebih baik adalah saling berbagi cerita dan pengalaman. Pastikan anda juga ikut merasakan kesedihan yang dirasakan, dan juga memberitahu mereka bahwa anda paham dengan kesedihan yang dirasakan mereka. ini akan membantu mereka supaya bisa lebih bersemangat dan tidak merasa sendirian.

Menceritakan pengalaman sedih anda pun juga membuat mereka merasa di berikan perhatian. Hal tersebut pun adalah bentuk empati yang secara langsung dapat memberikan motivasi mereka yang sedang merasakan kesedihan.

  1. Jangan membuat asumsi atau penilaian apapun

Mungkin ini bisa menjadi hal terpenting yang harus anda lakukan untuk menghadapi orang yang sedang bersedih. Jangan pernah memberikan asumsi apapun mengenai mereka yang sedang bersedih. Jangan menganggap mereka nyaman dengan keadaan ini, atau jangan anggap bahwa ini merupakan bagian dari kepribadian mereka. Cukup dengan hadir dan bantu saja mereka dengan tips-tips diatas. Asumsi hanya akan membuat anda memikirkan sesuatu yang membuat mereka menjadi semakin down, atau membuat anda menjadi tidak mau membantu mereka dalam menghadapi kesedihannya.

Dari 8 hal di atas, anda saat ini dapat membantu orang di sekitar anda yang tengah bersedih. Beberapa respon antara satu orang dengan orang yang lainnya mungkin berbeda. Namun jika kita melakukannya dengan niatan untuk menghibur, seiring berjalannya waktu tentu orang yang tengah dilanda kesedihan akan terobati. Kunci dari menghibur adalah ketulusan. Lakukanlah cara menghibur dengan tulus dan ikhlas.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghadapi mereka yang sedang bersedih menurut ilmu psikologi yang dilansir dari psychologytoday.com. Selamat mencoba untuk orang yang tercinta. By: Eduardus Pambudi